Home Auto News Pintu Belakang Honda Brio Terbaru Berubah, Ini Alasannya

Pintu Belakang Honda Brio Terbaru Berubah, Ini Alasannya

0 105

Honda Brio, Honda Prospect Motor belum lama ini meluncurkan All New Brio di Indonesia. Mobil kota ini mendapat sejumlah penyegaran. Salah satunya adalah desainnya.

Kini All New Honda Brio mempunyai tampilan depan ala Honda Mobilio. Sedangkan bagian belakang juga turut berubah, tidak seperti model sebelumnya yang memakai panel kaca. Ini merupakan hasil pengembangan dan riset Honda Asia Pasific.

Pintu bagasi Honda Brio terbaru ini memakai model tailgate. Sama seperti mobil pada umumnya. Artinya pintu belakang mobil terbaru Honda ini memakai kombinasi kaca dan plat metal.

Large Project Leader all new Honda Brio Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd Tsutomu Harano mengatakan bahwa perubahan pada pintu belakang All New Brio dilakukan untuk meminimalisir dampak tumbukan dari belakang.

Sebab pintu bagasi yang masih berupa panel kaca bisa meningkatkan risiko cidera saat terjadi tabrakan.

Akan tetapi walau demikian Harano tetap memastikan bahwa pintu belakang bagasi Honda Brio generasi pertama aman bagi penumpang belakang. Ubahan pada Honda Brio terbaru dilakukan sebagai realisasi atas permintaan dan kebutuhan saat melakukan survei Brio terbaru di Indonesia.

Baca juga: Persamaan Honda Brio 2018 dengan Model Lama

“Memang untuk pintu panel kaca (pada Brio lama) sudah dites untuk batas yang aman. Tapi ada pendapat dari kami kalau takut jika ada tabrakan dari belakang bila pakai panel kaca seperti itu, tapi itu hanya pendapat kami saja dan belum terjadi,” ujar Harano, melansir dari laman kumparanOTO.

Ubahan pada pintu belakang All New Brio tidak hanya berdampak pada keamanan saja, namun juga volume bagasi. Kini kapasitas bagasinya lebih luas 84 liter dari sebelumnya.

artinya total ruang penyimpanan pada bagian belakang All New Brio menjadi 258 liter. Di samping itu bukaan pintu juga terasa lebih lebar. Dengan begitu akses menyimpan barang di bagasi menjadi lebih mudah.

Dalam pengetesan di Bali, berbagai jenis tas bisa masuk dalam bagasi Honda Brio terbaru. Bahkan koper berukuran bagasi pesawat dan baby stroller juga bisa dimasukkan.

Baca juga: Honda Brio RS vs Honda Brio Satya E

“Ya bagasi juga menjadi lebih luas, tujuan kami agar Brio semakin disukai dan cocok dengan karakter orang Indonesia,” kata Harano.

Selain kapasitas bagasi, desain pintu baru All New Honda Brio juga memberikan dampak positif terhadap aerodinamika. Bila diperhatikan, model lampu belakang menjadi lebih keluar dibanding bagian bawah pilar C.

Harano mengatakan bahwa bagian belakang termasuk model lampu belakang sengaja didesain untuk memaksimalkan aerodinamika. Dengan demikian efisiensi bahan bakar dapat dipertahankan.

Bagian belakang dan samping belakang juga berubah desainnya supaya bisa melepaskan angin dengan lebih lancar. Alhasil aliran udara ke belakang tidak terjadi turbulensi.

Lampu juga turut dirombak. Tujuannya agar udara lebih bisa mengalir dari samping ke belakang. Maka dari itu ada lekukan pada bagian lampu dan pilarnya.

Dengan pembaruan tersebut Honda Brio terbaru akan menjadi pilihan menarik untuk calon konsumen yang ingin membeli city car baru dalam waktu dekat. Desain yang sporty menjadi salah satu tawaran menarik dari mobil Honda terbaru ini. Di samping itu pembaruan yang mengutamakan keamanan dan kelapangan kabin juga menjadi poin yang bisa dipertimbangkan ketika hendak membeli mobil city car.

Di segmennya Honda Brio terbaru memang tidak sendirian. Ada pemain lain seperti Suzuki Ignis, Daihatsu Sirion, Nissan March dan model-model lain yang juga terjun di segmen city car. Sedangkan Brio Satya yang berada di kelas LCGC berhadapan dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R dan Datsun Go.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply