Home Mobil City Car Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2019 Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2019 Indonesia

0 165

Honda Brio, Pasar otomotif Tanah Air baru saja kedatangan All New Honda Brio. Mobil yang hadir di segmen city car ini mendapat serangkaian perubahan, meliputi sisi eksterior hingga interior. Mobil Honda terbaru ini lebih panjang dibanding model sebelumnya.

Tidak hanya itu, perubahan mencolok juga terlihat di bagian belakang. Honda Brio terbaru tidak lagi menggunakan pintu bagasi jenis panel kaca. Pintu mobil ini sudah berganti layaknya mobil pada umumnya. Di samping itu Honda Brio juga diklaim mempunyai tenaga dan efisiensi yang tak kalah dari generasi pertama meski dimensinya lebih panjang.

Honda Brio 2019 memang tetap mengandalkan mesin yang sama dengan model sebelumnya. Akan tetapi performa tenaga dan konsumsinya tetap bisa terjaga dengan baik. Padahal mobil ini bertambah panjang 175 mm. Bobotnya pun juga bertambah 20 kg.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan All New Honda Brio ini? Berikut detail selengkapnya yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli mobil Honda ini.

Posisi Berkendara

Menurut ulasan dari kumparanOTO, secara umum tidak ada yang berubah banyak dari posisi berkendara Brio terbaru. Honda hanya menyematkan fitur pengaturan kursi reclining dan sliding. Selain itu juga terdapat pengaturan setir tilt dan teleskopik.

Hadirnya pengaturan setir naik turun ini akan membuat posisi berkendara bisa sedikit disesuaikan. Selain itu adanya pengaturan kursi juga membuat posisi tangan dapat menekuk sesuai posisi yang ideal.

Akan tetapi posisi kaki, terutama pada bagian foot rest tidak dapat menopang kaki secara sempurna. Apalagi jika pengemudi punya ukuran kaki 43. Meski begitu hal tersebut sejatinya bukan permasalahan besar, sebab kaki masih bisa menekuk dengan telapaknya menyentuh lantai mobil.

Baca juga: Harga Honda Brio 2018 Indonesia

Visibilitas mobil juga tidak mengalami banyak perubahan. Desain dashboard Honda Brio terbaru masih sama seperti model sebelumnya. Khusus untuk varian RS Honda menambahkan aksen oranye di bagian dashboard untuk mempertegas ciri khas dari varian RS.

Di samping itu Honda Brio tipe RS mempunyai tweeter pada pilar A. Dengan begitu pandangan masih terasa luas ketika melihat ke arah samping. Artinya pandangan pengemudi tidak terhalang dari model pilar A All New Brio. Lalu untuk penglihatan ke depan juga minim blind spot, sama seperti pendahulunya.

Performa

Kini beralih ke urusan performa. Untuk dapur pacu Honda Brio terbaru tidak ada yang begitu istimewa. Performa mobil ini tidak berubah signifikan. Wajar saja, sebab mobil perkotaan ini tetap mengandalkan mesin berkapasitas 1.200 cc i-VTEC 4 silinder SOHC.

Mesin tersebut sanggup memuntahkan daya sebesar 88 dk pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 110 Nm pada putaran 4.800 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke sektor roda lewat dua pilihan transmisi yang bisa dipilih calon konsumen, yakni manual 5-percepatan dan otomatis CVT.

Tenaga mobil ini dijaga pada putaran mesin rendah. Ketika dipacu dalam kecepatan 40-50 km/jam, putaran masih bertahan di bawah 2.000 rpm. Sementara jika ingin mendahului kendaraan lain pengemudi perlu memindahkan tuas transmisi ke S untuk varian transmisi CVT supaya putaran mesin lebih tinggi. Alasannya pada posisi transmisi D mesin mobil akan terasa berat lantaran berusaha mengejar torsi.

Handling dan Stabilitas

All New Brio diklaim lebih stabil, bahkan dapat diajak ‘menari’ di permukaan aspal yang rata. Hal ini dibuktikan Honda dengan mengadakan atraksi slalom All New Honda Brio yang dikemudikan pembalap profesional di kawasan GWK Bali.

Perlu diketahui, Honda Brio terbaru memang dilengkapi dengan fitur kontrol stabilitas. Hal itulah yang membuat Brio 2019 terbebas dari gejala understeer ketika mobil diajak menikung membentuk angka 8. Hanya saja gejala limbung masih terasa, meski lebih baik ketimbang Honda Brio lama.

Akomodasi dan Bagasi

Untuk aspek ini Honda Brio bisa diandalkan. Sebab kompartemen yang ditawarkan dirasa cukup untuk meletakkan barang seperti botol air minum, snack atau barang berukuran kecil lainnya. Di samping itu kursi baris belakang juga tergolong lega. Hal ini sudah pasti bukan tanpa sebab.

Sebab All New Brio mengalami pertambahan panjang pada dimensi dan wheelbase-nya. Alhasil ruang kaki menjadi lebih luas. Selain itu volume bagasi juga menjadi lebih besar. Sehingga konsumen bisa meletakkan berbagai macam tas. Bahkan bagasi mobil ini juga bisa memuat kereta bayu atau baby stroller.

Kesenyapan Kabin

Kenyamanan rupanya menjadi perhatian Honda dalam mengembangkan All New Brio. Hal ini terlihat dari tingkat kekedapan kabin Brio terbaru yang ditingkatkan. Suara-suara mengganggu dapat diminimalisir dengan baik. Termasuk dengan raungan mesin yang tidak terlalu masuk.

Akan tetapi ketika putaran mesin mencapai 2.500 rpm ke atas suaranya mulai sedikit masuk ke dalam kabin. Meski begitu secara keseluruhan Honda Brio 2019 mempunyai tingkat kesenyapan kabin yang baik.

Konsumsi Bahan Bakar

Menurut pengujian internal pabrikan mobil asal Jepang itu, All New Honda Brio mempunyai catatan efisiensi bahan bakar 20,1 km/liter untuk versi CVT. Sementara transmisi manual lebih hemat lagi, yakni 22,6 km/liter.

All New Honda Brio mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Salah satu daya jual dari mobil ini adalah tampilan eksteriornya yang lebih menarik dari model sebelumnya.

Honda Brio terbaru menawarkan performa mesin yang sebenarnya tidak jauh berbeda dari versi lama. Akan tetapi kenyamanan mengalami sedikit peningkatan, termasuk bagasi yang kini kapasitasnya lebih besar. Sehingga All New Brio bisa menjadi pilihan yang tepat untuk konsumen yang senang bepergian keliling kota.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply