Home Auto News Operasi Zebra Dimulai, Ini yang Perlu Diketahui

Operasi Zebra Dimulai, Ini yang Perlu Diketahui

0 97

Operasi Zebra, Pelanggaran lalu lintas di Indonesia masih tinggi. Maka dari itu Polda Metro Jaya (PMJ), Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan Operasi Zebra Jaya. Kegiatan ini akan dilakukan selama 14 hari, mulai dari 30 Oktober sampai dengan 12 November 2018.

Razia tersebut digelar untuk mengincar pengendara yang tidak melengkapi surat-surat kendaraan. Seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) maupun Surat Izin Mengemudi (SIM). Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto menerangkan operasi tersebut juga akan dilakukan di titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas.

“Sasaran operasi pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi fatalitas kecelakaan lalu lintas,” jelasnya, dilansir dari NTMC Polri.

Budiyanto mengatakan fokus utama yang diincar oleh petugas adalah pengendara yang masih nekat melawan arus, tidak memakai helm, pengguna mobil yang tidak memakai sabuk pengaman atau seatbelt sampai pengendara yang tidak melengkapi surat kendaraan. Misalnya melawan arus, tidak menggunakan seatbelt, tidak pakai helm dan lain sebagainya. Tujuan Operasi Zebra Jaya ini adalah untuk membangun budaya tertib berlalu lintas.

Perlu dicatat, dasar hukum Operasi Zebra terdapat pada UU Nomor 8 Tahun 1981, UU Nomor 2 Tahun 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Juga pada UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Di samping itu juga terdapat dalam Perkap Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Management OPS Renops Mabes Polri Nomor : R/RENOPS/1991/X/2016, Tanggal 25 Oktober 2016, dan Surat Telegram Kakorlantas Nomor STR/822/X/2017, tangga 6 Oktober 2017, tentang pelaksanaan operasi kepolisian Zebra tahun 2017.

Baca juga: Tips Menghadapi Tilang Polisi, Lakukan Hal Ini

Jika tidak ingin terkenal tilang dari petugas polisi, maka ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan. Menurut National Traffic Management Center (NTMC) Polri, pengendara wajib melengkapi surat-surat kendaraan yang masih berlaku.

Di samping itu jangan melawan arus ketika berada di jalan. Pelat nomor juga harus sesuai dengan surat berkendara. Aturan lainnya pengendara dan penumpang harus mengenakan helm dan sabuk keselamatan. Jadi jika Anda sering tidak memakai helm atau sabuk pengaman harus mulai menghilangkan kebiasaan tersebut.

Berikut adalah tips selengkapnya yang perlu Anda pahami supaya terhindar dari tilang:

  1. Lengkapi surat-surat kendaraan yang masih berlaku.
  2. Jangan melawan arus.
  3. Pelat nomor harus sesuai dengan surat berkendara.
  4. Pengendara dan penumpang harus mengenakan helm dan sabuk keselamatan.
  5. Motor harus lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi).
  6. Harus nyalakan lampu besar di siang hari.
  7. Taati lampu merah dan marka jalan.
  8. Bagi pengendara motor, jangan naik motor lebih dari dua orang.
  9. Bagi pengendara mobil, jangan pakai rotator atau sirine pada mobil pribadi.

Semoga tips-tips di atas bisa membuat Anda lebih berhati-hati di jalanan dan tetap patuh terhadap rambu lalu lintas, meskipun sedang tidak ada petugas.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply