Home Auto News Wuling Baojun RS-5 Resmi Hadir, Simak Detail Singkatnya

Wuling Baojun RS-5 Resmi Hadir, Simak Detail Singkatnya

0 132

Wuling Baojun RS-5, SAIC-GM-Wuling kembali menyita perhatian publik. Pasalnya pabrikan mobil yang bermarkas di Cina itu baru saja meluncurkan SUV baru. Mobil baru ini terjun di segmen crossover atau yang mereka sebut dengan istilah Crossover Utility Vehicle (CUV).

Mobil tersebut mempunyai nama Baojun RS-5. Mobil ini nantinya akan masuk dalam segmen compact CUV. Seperti yang diketahui, di segmen ini juga ada Honda CR-V yang juga dipasarkan di Indonesia. Wuling Baojun RS-5 ini diposisikan antara 510 dan 530.

Mobil Baojun terbaru ini mempunyai beberapa keunikan. Seperti pemakaian nomenklatur baru, tidak seperti model sebelumnya yang memakai angka 510 dan 530. Di sisi lain nama RS-5 mirip dengan Audi RS5 yang merupakan versi kencang dari Audi A5. Akan tetapi SAIC-GM-Wuling mengklaim pemakaian nama baru alpha-numeric tersebut merupakan strategi penamaan baru untuk produk-produk Baojun.

Baojun RS-5 mempunyai tampilan yang sedikit sama dengan Baojun 510 ataupun Baojun 530. Untuk diketahui, Baojun 530 sebelumnya juga dipamerkan di Indonesia, tepatnya pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Mobil tersebut digadang-gadang akan masuk pasar otomotif Tanah Air.

Kemiripan Baojun RS-5 dengan saudaranya itu terdapat pada desain lampu yang dibuat bertingkat. Untuk bagian paling atas kemungkinan berfungsi sebagai positioning lamp atau Daytime Running Light (RDL). Sementara lampu utama model proyektor disematkan di bagian bawah.

Sisi samping juga terlihat mirip. Seperti adanya aksen atap mengambang berupa kanal kaca di pilar D, seolah menyatukan kaca samping dan belakang. Hanya saja ukurannya terlihat tipis, berbeda dengan Baojun 530.

Baca juga: Spyshot SUV Wuling Beredar, Segera Hadir di Indonesia?

Lalu bagian belakang juga mengusung desain pintu dan lampu menyatu yang tampak mirip dengan Audi Q5. Hanya saja desain lampu dibuat lebih tipis dan dipermanis garnish yang menghubungkan kedua lampu. Alhasil sentuhan tersebut membuat Baojun RS-5 mirip dengan Kia Sportage.

Lantaran diposisikan di atas Baojun 530, maka dimensi mobil ini pastinya lebih besar dari saudaranya. Hanya saja belum diketahui berapa dimensi mobil ini. Sebab General Motors belum mengumumkan informasi seputar hal tersebut. Termasuk untuk urusan dapur pacunya. Kemungkinan mobil baru Wuling ini akan diumumkan bersamaan peluncuran resmi di Guangzhou Auto Show 2018 yang akan diselenggarakan akhir tahun nanti.

Untuk urusan performa, kemungkinan Baojun RS-5 dipersenjatai dengan mesin yang sama dengan Baojun 530. Pilihannya ada mesin bensin 4-silinder 1,8-liter naturally aspirated (NA) bertenaga 135 hp dan 1,5-liter turbo 148 hp. Di negara asalnya mesin NA hanya dipasangkan dengan transmisi automated manual (AMT) 5-percepatan.

Lalu untuk dapur pacu turbo tersedia dalam dua pilihan transmisi, yakni transmisi kopling ganda 6-percepatan dan manual 6-percepatan. Konon mesin 1,5 liter turbo inilah yang akan disematkan pada SUV Wuling untuk Indonesia. Hanya saja nantinya Wuling menawarkannya dalam transmisi CVT saja.

Di Cina penjualan kendaraan Baojun terbilang tinggi. Kehadiran CUV baru ini bisa membuat posisi Baojun semakin kokoh di sana. Di sisi lain Baojun juga bisa mengembangkan pangsa ke segmen yang lebih tinggi dan semakin menguatkannya.

Memang belum ada kepastian apapun soal kehadiran mobil baru Wuling ini di Indonesia. Akan tetapi jika Baojun RS-5 juga dipasarkan di Tanah Air maka akan menjadi hal yang menarik. Sebab masyarakat cenderung menyukai mobil bertubuh gagah seperti crossover atau SUV. Di sisi lain Wuling sudah dikenal baik oleh masyarakat karena menghadirkan produk yang tidak hanya murah, namun berkualitas dan jaringan yang tersebar luas.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply