Home Auto News Detail Motor Retro Murah SM Sport Cub Classic

Detail Motor Retro Murah SM Sport Cub Classic

0 68

Motor Retro, Indonesia merupakan salah satu pasar roda dua terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali masyarakat yang minat terhadap sepeda motor. Segala jenis motor bisa laku di Indonesia. Baik motor matic, motor bebek hingga motor gede.

Tidak hanya itu, motor berpenampilan klasik juga mempunyai peminat yang cukup besar di Indonesia. Itulah mengapa beberapa pabrikan berupaya menghadirkan motor retro yang menarik hati. Walaupun tampilan klasik, umumnya motor ini mempunyai fitur-fitur modern sehingga tidak membuatnya sepenuhnya klasik.

Salah satu yang baru saja masuk resmi di indonesia adalah SM Sport Cub Classic. Motor baru ini dihadirkan oleh PT MForce Indonesia (MFI) di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018.

“SM Sport Cub Classic ini baru diperkenalkan awal tahun ini, modelnya retro tapi lebih modern karena semua lampunya sudah LED, harganya Rp 18,8 juta off the road Jakarta,” papar Manager Sales and Marketing PT MForce Indonesia (Agen Tunggal Pemegang Merek SYM dan SM Sport di Indonesia), Dede Hudori, mengutip dari laman kumparanOTO.

“Kalau model retro kan emang lagi tren ya di Indonesia, unggulan lainnya juga ada port charger USB, suspensi up side down, sama jari-jari lebih rapat, lebih retro juga, sama joknya bisa dicopot,” tambahnya.

SM Sport Cub Classic merupakan motor bebek retro dengan tampilan yang menyerupai Honda Super Cub yang dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu. Nama Cub Classic pada motor ini juga seakan mengingatkan kita pada Super Cub C125. Meski begitu motor ini tidak sama persis dengan motor bebek retro Honda itu.

Misalnya lapu sein depan yang dirancang menggantung. SM Sport Cub Classic juga mempunyai jok tandem yang terpisah dan bagian belakang yang dapat dilepas.

Tidak cukup sampai di situ, motor ini juga dibekali dengan pelek jari-jari yang rapat sehingga memperkuat kesan retro. Di samping itu panel instrumennya juga masih analog, dengan desain kompak dan disinari dengan cahaya biru.

Baca juga: Detail Honda Super Cub C125 2018

Motor ini juga mempunyai beberapa fitur modern. Seperti lampu LED dengan bentuk lingkaran yang unik. Hadirnya lampu LED akan membuat pencahayaan motor bisa maksimal dan lebih hemat daya.

Beralih ke urusan performa, motor bebek retro ini mengandalkan mesin berkapasitas 109,2 cc, satu silinder 4-langkah. Sayangnya motor ini belum mengusung teknologi injeksi. Dengan kata lain motor ini masih memakai sistem karburator sebagai penyemprot bahan bakar.

SM Sport Cub Classic (img: detikOTO)

Setelan bore 50 mm dan stroke 55,6 mm. Lalu rasio kompresi motor ini 8,8:1. Berbekal mesin itu SM Sport Cub Classic bisa mengeluarkan tenaga sebesar 6,9 PS pada putaran 7.500 rpm dengan torsi puncak 8 Nm pada 5.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang lewat transmisi manual 4-percepatan. Menariknya konsumsi bahan bakar motor klasik ini tergolong irit, yakni mencapai 1,6 liter untuk 100 km.

Untuk menunjang keselamatan berkendara, motor ini dibekali dengan rem yang masih berjenis tromol baik pada roda depan maupun belakang. Meski belum cakram, pemakaian rem jenis ini justru membuat kesan retro pada SM Sport Cub Classic semakin kuat.

Berminat untuk membeli motor retro baru ini? Harga SM Sport Cub Classic di Indonesia mencapai Rp 18,8 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Terbilang terjangkau dan bisa menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang ingin membeli motor retro murah. Juga bisa menjadi alternatif jika belum bisa membeli Honda Super Cub C125 yang harganya sendiri menembus angka Rp 55 juta.

Hanya saja harga motor baru tersebut tidak mengikat. Dede menerangkan bahwa harga SM Sport Cub Classic kemungkinan masih bisa berubah. Sebab motor bebek retro ini rencananya baru akan resmi dijual pada awal tahun depan.

Akan tetapi motor ini dihadirkan dan dirakit secara lokal.  Motor bebek retro SM Sport Cub Classic tersebut ternyata rakitan Cibitung. Dede menjelaskan kalau seluruh produk yang diniagakan termasuk SM Sport dan SYM merupakan CKD, artinya komponen-komponen motornya didatangkan langsung dari pabrik SM Sport di Malaysia.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply