Home Auto News Spesifikasi dan Harga SM Sport GY 150, Motor Trail 150cc

Spesifikasi dan Harga SM Sport GY 150, Motor Trail 150cc

0 66

SM Sport GY 150, Walaupun dari segi penjualan kalah jauh dengan motor matic, keberadaan motor trail di Indonesia memikat banyak kalangan. Selain masyarakat, merek-merek motor juga tertarik untuk menjual motor penggaruk tanah ini. Salah satunya adalah salah satu produsen sepeda motor asal Negeri Jiran, Malaysia.

Baru-baru ini Indonesia kedatangan motor baru, yakni SM Sport GY 150. Motor ini merupakan motor trail bermesin 150 cc yang dihadirkan oleh PT Mforce Indonesia selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) YM dan SM Sport di Indonesia. Dede Hudori, Manager Sales and Marketing PT Mforce Indonesia menjelaskan alasan pihaknya menghadirkan motor trail di Indonesia. Kehadiran motor ini lantaran segmennya yang ditujukan untuk hobi.

“Kenapa kami menghadirkan motor trail? Kami berasumsi motor trail itu untuk hobi ya, jadi enggak akan termakan krisis, beda sama segmen motor lain apalagi yang dipakai buat harian,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari laman kumparanOTO.

Yang menarik perhatian adalah harga motor trail ini. Pasalnya harga SM Sport GY 150 terjangkau, yakni di bawah Rp 20 jutaan. Tidak hanya itu, motor baru ini juga bisa dipesan karena unitnya ready stock.

“Kalau yang trail GY 150 ini sudah bisa dipesan karena barangnya sudah ada harganya Rp 18,880 juta, beda sama yang sebelahnya (SM Sport Cub Classic) itu masih inden,” ungkap Dede.

Perlu diketahui, SM Sport GY 150 merupakan motor yang dirakit di Cibitung. Melihat tampilannya, motor trail 150 cc ini mempunyai dimensi yang sedikit melebar dan besar lantaran bentuk tangki bahan bakarnya. Berbeda dengan rivalnya yang mempunyai bodi lebih ramping.

Baca juga: Honda CRF150L vs Kawasaki KLX150BF, Apa Bedanya?

SM Sport GY 150 mempunyai bodi khas motor trail. Bagian fork dibuat jangkung, dengan jok panjang dan juga sepatbor yang didesain khas motor trail. Menurut spesifikasi teknis, motor ini mempunyai panjang 2.110 mm, dengan lebar 900 mm dan tinggi 1.400 mm.

Bobot motor ini mencapai 140 kg, sedang ground clearance mencapai 250 mm. Roda depannya berukuran 90/90-19 dan roda belakang 110/90-17. Hal ini memungkinkan fungsionalitas yang lebih optimal dimedan yang beragam, termasuk di trek offroad.

Ada yang tidak asing ketika melihat tampilan depannya. Desain lampu depan motor trail terbaru ini tampak menyerupai Kawasaki KLX 150. Tidak hanya itu saja, ada bagian lain yang menyerupai motor trail Kawasaki itu. Seperti model spakbor dan suspensi depan yang sudah mengusung upside down tau inverted suspension dengan balutan warna emas.

Meski begitu ada beberapa daya tarik yang ditawarkan motor ini. Seperti panel instrumen kombinasi analog dan digital dengan warna latar biru. Motor ini juga mempunyai lampu belakang LED dan fitur shutter key serta engine cut off.

SM Sport GY 150 juga dibekali dengan pelek jari-jari untuk membuatnya bisa diandalkan saat menerabas medan offroad maupun jalan biasa. Sedangkan untuk sistem pengereman memakai rem cakram, baik di depan maupun belakang.

Melirik dapur pacunya, SM Sport GY 150 mengandalkan dapur pacu berkapasitas 150 cc dengan konfigurasi satu silinder. Tenaga yang dihasilkan bisa menembus angka 10,9 dk pada putran 7.000 rpm dengan torsi puncak 12 Nm pada putaran 5.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang lewat transmisi manual 5-prcepatan.

Berbekal dapur pacu ini SM Sport GY 150 bisa melesat hingga kecepatan maksimum 90 km/jam. Untuk menunjang daya jelajahnya terdapat tangki bahan bakar dengan kapasitas mencapai 10 liter.

Di Indonesia SM Sport GY 150 akan berhadapan dengan dua rival berat. Yakni Honda CRF150L dan Kawasaki KLX Series. Walaupun kedua model ini menjadi musuh berat, setidaknya SM Sport GY 150 menawarkan harga yang terjangkau sehingga bisa memikat konsumen yang ingin memiliki motor trail dengan budget yang terbatas.

Seperti yang diketahui, harga motor trail Honda dan Kawasaki itu mencapai Rp 30 jutaan. Jauh lebih mahal dari harga SM Sport GY 150 yang mencapai Rp 19 jutaan. Apalagi MFI memberikan garansi yang cukup panjang, yakni 3 tahun atau 30 ribu km.

Tertarik untuk membeli motor trail SM Sport GY 150 ini? Atau Anda punya pandangan bagaimana peluang motor ini untuk bersaing di pasar motor trail 150 cc Indonesia? Silakan sampaikan pendapat Anda di kolom komentar.

Source: sm sprt gy 150, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply