Home Auto News Detail BMW X2 2019 yang Baru Hadir di Indonesia

Detail BMW X2 2019 yang Baru Hadir di Indonesia

0 52

BMW X2, Baru-baru ini BMW Group Indonesia meluncurkan BMW X2 di Jakarta. Mobil baru yang masuk dalam kategori Sport Activity Vehicle (SAV) ini melengkapi jajaran X Series lain yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia, seperti BMW X1, X3, X4, X5, dan X6.

Mobil BMW ini ditargetkan untuk memikat konsumen muda, yang berjiwa muda, aktif dan konsumen yang sangat menghargai individualitas. “BMW X2 bukan kendaraan untuk semua orang, kendaraan ini hadir untuk individu yang berani tampil beda,” terang Ramesh, Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, dikutip dari laman Tempo.

Sementara itu, Anindyanto Dwikumoro, Product Planning BMW Group Indonesia menerangkan bahwa BMW X2 dihadirkan di Tanah Air dalam lini model M Sport  baru yang mengombinasikan elemen desain dari keluarga BMW M dan BMW X.

BMW X2 mempunyai tampilan yang memikat. Bagian depan terdapat desain grille yang berbeda dengan model BMW lainnya. Desainnya dibuat berbentuk trapesium terbalik, melebar di bagian bawah dan kecil di atas yang membuatnya berbeda dari mobil BMW lainnya. Tidak hanya itu, desain ini pertama kalinya diadopsi pada mobil BMW modern.

Pada pilar C juga terdapat dua karakteristik baru yang menonjol. Yaitu BMW Hofmeister kink dan BMW roundel atau logo BMW di pilar C. Hal ini juga menjadi pertama kalinya pada kendaraan BMW. Logo BMW di pilar C juga tampak seperti desain populer coupe klasik BMW 2000 dan BMW 3.0 CSL.

Tidak hanya itu, lampu utama BMW X2 juga mempunyai desain baru yang berbeda dari model yang ada di pasaran saat ini. Lampu mobil tersebut dilengkapi dengan cornering lights yang memungkinkan distribusi pencahayaan yang adaptif dan bervariasi sesuai dengan kondisi jalan. Teknologi tersebut juga berfungsi memastikan lampu tidak mengganggu penglihatan pengemudi yang mendekat dari arah berlawanan.

Mobil baru BMW ini diklaim terinspirasi oleh dunia balap reli. Hal tersebut terlihat dari elemen tambahan dan sentuhan cat dalam warna sekunder yang semuanya diasosiasikan dengan mobil reli klasik. Desain mobil ini juga banyak memakai warna Forzen Grey untuk menciptakan kontras yang mencolok.

Selain itu BMW X2 juga menggunakan side skirt bergerigi dan bumper belakang dengan bentuk agresif, berikut diffuser terintegrasi. Juga terdapat M Rear Spoiler yang disematkan di bagain belakang atas untuk menghadirkan karakter sport pada mobil baru ini. Sementara di bagian kaki-kaki terdapat pelek M 722 light alloy berukuran 19 inci. BMW Group Indonesia sekaligus memperkenalkan lini model M Sport X terbaru.

Baca juga: 4 Mobil BMW Terbaru Siap ‘Gempur’ Indonesia

Sektor dapur pacu juga cukup menyita perhatian. Sebab BMW X2 sDrive 18i M Sport  yang hadir di Indonesia membawa mesin BMW TwinPower berkapasitas 1,5 liter tiga silinder. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga hingga 140 hp dengan torsi puncak 220 Nm.

Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 15,9 liter per kilometer, dengan emisi rendah CO2 143 gram per kilometer berdasarkan pengujian uni Eropa. BMW X2 juga dilengkapi dengan transmisi otomatis steptronic dual-clutch 7-percepatan terbaru. Hasilnya mobil ini bisa berlari 0-100 km/jam dalam waktu 9,6 detik saja.

Jika berminat, harga BMW X2 ini mencapai Rp 839 juta off the road. Mobil ini tidak sendirian di Indonesia. Sebab ada rival lain, Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line. Harga mobil Mercedes-Benz ini mencapai Rp 745 juta off the road.

BMW X2 hanya memiliki satu varian saja di Indonesia. Padahal di Eropa ada pilihan mesin berkapasitas 2.0 liter.

Engenai hal tersebut, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania mengatakan bahwa BMW X2 ditargetkan untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan. Sehingga tampilan dan fungsionalitas dari mobil BMW terbaru ini yang lebih diperhatikan.

“Kami memang melihat di sini yang lebih ditampilkan dan diberikan highlight oleh konsumen adalah desainnya yang unik dan berani,” jelasnya, sebagaimana mengutip dari detikOto.

“Jadi kami membawa line-up M Sport X, bukan M yang biasa. Dan untuk mesinnya, kami sesuaikan dengan kaum urban atau perkotaan. Maka, positioning mobil ini adalah untuk perkotaan,” lanjut Jodie.

Untuk itu pilihan kapasitas mesin tidak begitu signifikan menurutnya. Sebab BMW Indonesia mempelajari karakteristik dari konsumen yang menggunakan BMW. Walaupun hanya tersedia dalam satu pilihan, BMW X2 tetap bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang ingin mendapatkan rasa baru dari BMW.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply