Home Auto News Detail Wuling Formo, Mobil Niaga Harga Rp 135 Jutaan

Detail Wuling Formo, Mobil Niaga Harga Rp 135 Jutaan

0 104

Wuling Formo, Sesuai dengan janjinya, Wuling Motors menghadirkan mobil baru yang diberi nama Wuling Formo. Mobil ini hadir sebagai model ketiga Wuling di Indonesia setelah Confero dan Cortez. Model ini dirilis untuk bersaing dengan kendaraan niaga lain. untuk banderolnya, harga Wuling Formo mulai Rp 135 jutaan.

Wuling Formo dijual dalam dua pilihan varian, yakni mini bus atau kendaraan penumpang dan blind van yang ditujukan sebagai kendaraan niaga. Kehadiran Wuling Formo sekaligus mengawali kiprah Wuling Motors di segmen komersial. Hal ini juga merupakan perwujudan jangka panjang Wuling sebagai produsen yang serius terjun di pasar otomotif Tanah Air dengan menghadirkan berbagai produk andalannya.

“Formo didesain untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha. Kami optimis Formo dapat mendukung bisnis menengah dan kecil Indonesia menjadi lebih baik,” ungkap Cindy Cai, Vice President, VSSM, Wuling Motors, sebagaimana dilansir dari Oto.

Untuk diketahui, Formo sendiri diambil dari bahasa latin yang berarti membentuk. Mobil ini dijual dengan harga Rp 135,8 juta untuk blind van dan 7-penumpang. Sedangkan untuk versi 8-penumpang dibanderol Rp 136,8 juta.

Harga Wuling Formo ini selisih Rp 5 juta dari MPV Wuling Confero. Di samping itu mobil ini juga tak kalah terjangkau dibanding mobil lain yang terjun di segmen LCGC. Termasuk MPV 7-penumpang seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Berpindah ke dapur pacu, Wuling Formo dipersenjatai dengan mesin 4-silinder berkapasitas 12 liter. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 78 PS pada putaran 5.600 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm pada rentang putaran mesin 3.600 rpm hingga 4.600 rpm.

Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan sistem penggerak rodanya memakai jenis penggerak roda belakang. Meski berkapasitas kecil, mesin tersebut dinilai cukup untuk menggerakkan Wuling Formo. Sebagai tambahan, mesin 1,2 liter ini menjadi mesin terkecil yang pernah dihadirkan Wuling Motors di Indonesia.

Baca juga: Ini SUV Wuling Pesaing Toyota Fortuner

Dengan harga yang murah, bukan berarti tidak ada kekurangan di baliknya. Banyak fitur-fitur yang terpaksa absen dari Wuling Formo. Mobil ini dibekali dengan fitur electric power steering, meter cluster dengan multi information display (MID), head unit (AM, FM dan USB), pendingin kabin, power window, power socket 12V dan spion samping yang sudah memakai lampu sein LED.

Untuk soal keamanan juga mendapat pemangkasan. Formo dibekali dengan sabuk pengaman yang tersedia untuk semua penumpang. Jangan harap ada airbag pada mobil ini. Selain itu kursi baris kedua dan ketiga model ini juga tidak dilengkapi dengan headrest.

Wuling Formo versi blind van diklaim bisa mengangkut beban hingga 595 kg berdasarkan pengujian instansi yang berwenang, dengan volume sebesar 3.200 liter. Itu artinya mobil ini bisa dipakai untuk membawa banyak barang bawaan. Sehingga cocok untuk pengusaha menengah ke bawah.

“Minibus itu kami rasa bisa memberikan pilihan baik untuk transportasi taksi online. Jadi bisa taksi online, bisa juga kendaraan pribadi jarak pendek,” kata Cindy.

Bila melihat sasaran konsumen pada Wuling Formo mini bus, model ini memiliki peluang untuk bersenggolan dengan Confero. Sebab model ini sebenarnya mempunyai platform yang sama seperti Confero. Kendati begitu Wuling tidak khawatir akan hal itu. Malah Wuling yakin pasar Confero tidak akan termakan oleh Wuling Formo.

“Sebetulnya ini dua produk yang berbeda, Confero segmen MPV untuk keluarga, kalau Formo ini kita lebih ke komersial. Jadi mau memberikan pilihan baru buat pengusaha, supaya mereka punya mobil yang lebih nyaman. Jadi secara fungsi itu berbeda sama sekali dan fiturnya juga beda,” terang Cindy.

Untuk desainnya sendiri Formo tampak mirip dengan Wuling Confero. Meski begitu terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya. Wuling Formo dibekali dengan pelek steel atau lebih populer disebut pelek kaleng.

Selain itu model ini juga belum dilengkapi dengan fog lamp dan kaca pada baris kedua, ketiga untuk varian blind van. Mobil Wuling terbaru ini ditawarkan dalam dua pilihan warna, yaitu starry black dan pristine white.

Wuling Motors optimis dengan mobil barunya ini berbekal beberapa keunggulan yang dimilikinya. Seperti harga yang terjangkau, ruang yang cukup besar dan kenyamanan berkendara.

Di sisi lain Wuling Motors belum memasang target penjualan model ini. Cindy mengatakan pihaknya masih melihat respon pasar terhadap Wuling Formo.

“Jadi kami meluncurkan produk ini, pertama ingin memberikan kenyamanan untuk konsumen Indonesia. Kami merasa target akan dilihat dulu seiring waktu. Kami lihat dulu tanggapan dari masyarakat,” ujarnya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply