Home Auto News Komparasi Yamaha FreeGo vs Honda Vario 125, Skutik 125cc Kaya Fitur

Komparasi Yamaha FreeGo vs Honda Vario 125, Skutik 125cc Kaya Fitur

Yamaha FreeGo, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memanaskan persaingan pasar motor matic dengan menghadirkan motor baru. Motor tersebut adalah Yamaha FreeGo. Melihat spesifikasinya, motor Yamaha terbaru ini ditujukan untuk segmen skutik 125 cc. Jantung pacunya sama seperti yang dipakai Yamaha Mio Seri, Soul GT, X-Ride atau Fino Series.

Kendati demikian Yamaha FreeGo dibekali dengan fitur yang lebih beragam. Salah satu tawaran yang menjadi nilai jual utama adalah hadirnya fitur Anti-lock Braking System (ABS). Ini membuat Yamaha FreeGo menjadi skuter matik 125 cc pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi tersebut.

Dengan spesifikasi dan bekal yang dibawa, Yamaha FreeGo digadang-gadang menjadi penantang Honda Vario 125. Padahal di sisi lain Yamaha punya Lexi yang juga tampak serupa dengan FreeGo. Lantas apa saja modal Yamaha FreeGo untuk berhadapan dengan Honda Vario 125? Berikut adalah komparasi kedua motor matic tersebut.

Yamaha FreeGo

Yamaha FreeGo menawarkan beberapa fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Seperti bagasi yang ekstra luas, yakni 25 liter. Bahkan lebih lapang dari bagasi milik Yamaha NMAX.

Selain itu motor Yamaha terbaru ini juga dibekali dengan fitur Smart Front Refuel. Fitur ini memudahkan pengguna untuk membuka lubang tangki pengisian dengan hanya menekan tombol saja. Soal lubang tutup tangki, Yamaha meletakkannya di posisi depan. Peletakan ini tentu sangat memudahkan pengendara lantaran tidak perlu turun dari motor dan membuka jok.

Di sektor kaki-kaki, Yamaha FreeGo mengandalkan ban tubeless berukuran 12 inci. Pemakaian ban tersebut membuat motor diklaim lebih stabil ketika bermanuver.

Tidak hanya itu, jok motor Yamaha ini juga diklaim panjang, yakni 895 mm. sedangkan ruang kaki juga cukup luas sehingga membuat kenyamanan berkendara semakin baik.

Yamaha FreeGo juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik lainnya. Mulai dari LED Headlight & Hazard Lamp, Electric Power Socket, Smart Key System (SKS), dan Stop & Start System (SSS).

Baca juga: 11 Kelebihan Yamaha FreeGo 2019 Indonesia

Untuk urusan dapur pacu, motor matic Yamaha ini mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc Blue Core. Jantung pacu ini memakai sistem intake baru. Selain itu pabrikan motor asal Jepang itu juga menyematkan fitur Smart Motor Generator (SMG) yang membuat akselerasi dan starter lebih halus.

Yamaha menawarkan skuter matic ini dalam beberapa varian. Yakni standar, S dan S-ABS. selain itu juga terdapat fitur pengereman ABS yang membuatnya lebih aman ketika dipakai berkendara. Khusus model ABS terdapat pilihan warna Matte Re dan Matte Grey.

Harga Yamaha FreeGo standar mencapai Rp 18,5 juta. Lalu untuk Yamaha FreeGo S mencapai Rp 19,7 juta. Yamaha FreeGo S ABS menjadi yang termahal karena dibanderol Rp 22,5 juta. Seluruh harga sudah berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Honda Vario 125

Honda Vario 125 tampil dengan desain yang menarik. Bahkan lebih sporty dibanding generasi pendahulunya. Lampu depan All New Vario 125 dibuat bertingkat dan sudah menggunakan LED sehingga membuatnya modern dan juga elegan.

Selain itu motor matic Honda ini dibekali dengan panel instrumen baru yang sudah full digital. Panel ini menampilkan informasi yang beragam.

Sementara bagasi motor Honda ini mencapai 18 liter. Lebih kecil 7 liter dari milik FreeGo.

Honda Vario 125 juga mempunyai fitur-fitur yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah anti theft alarm. Fitur ini juga sudah disematkan pada Honda Scoopy dan Honda PCX 150.

Sesuai dengan namanya, fitur tersebut dapat mencegah tindak pencurian. Ketika diaktifkan, alarm akan berbunyi ketika motor mengalami guncangan.

Untuk varian tertentu Honda juga menyematkan fitur Idling Stop System (ISS) pada motor ini. Fitur tersebut membuat mesin motor mati secara otomatis ketika berhenti sejenak dalam rentang waktu tertentu.

Selain itu Honda Vario 125 juga mempunyai fitur Combi Brake System (CBS) pada sistem pengeremannya. Saat tuas rem belakang ditekan, maka rem depan juga ikut bekerja secara otomatis. Fungsinya untuk mengoptimalkan kinerja sistem pengereman.

Honda Vario 125 terbaru ditawarkan dalam dua versi, yakni CBS dan CBS-ISS. Harga Honda Vario 125 CBS mencapai Rp 19,2 juta. Lalu harga Honda Vario 125 CBS-ISS Rp 20 juta. Keduanya berstatus on the road Jakarta-Tangerang.

Spesifikasi Yamaha FreeGo

Mesin
Tipe MesinAir Cooled 4-Stroke,SOHC
Susunan SilinderSingle Cylinder
Diameter x Langkah52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi9,5 : 1
Volume Silinder125 cc
Daya Maksimum7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum9,5 Nm/ 5500 rpm
Sistem StarterElectric & Kick Starter
Sistem PelumasanWet Sump
Kapasitas Oli MesinTotal = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe KoplingSingle dry clutch
Tipe TransmisiFull Automatic
Dimensi
P x L x T1905 x 690 x 1100 (mm)
descdesc
Jarak Sumbu Roda1275 mm
Tinggi Tempat Duduk778 mm
Berat Isi100 Kg
Kapasitas Tangki Bensin4,2 L
Rangka
Tipe RangkaUnderbone
descdesc
Suspensi DepanTelescopic Fork
Suspensi BelakangUnit Swing
Ban Depan100/90 - 12M/C 59J - Tubeless
Ban Belakang110/90-12M/C 64L - Tubeless
Rem DepanSingle Disc Brake
Rem BelakangDrum Brake
Kelistrikan
Sistem PengapianTCI / Transistor
descdesc
BatteryYTZ4V
Tipe BusiCR6HSA

Spesifikasi Honda Vario 125

MESIN
Tipe Mesin4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah52,4 x 57,9 mm
Tipe TranmisiOtomatic , V - Matic
Daya Maksimum8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm
Tipe StarterElektrik
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe RangkaUnderbone
Tipe Suspensi DepanTelescopic
Tipe Suspensi BelakangSwing Arm dengan suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan80/90 - 14M/C 40P Tubeless
Ukuran Ban Belakang90/90 - 14M/C 46P Tubeless
Rem DepanCakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem BelakangTromol
DIMENSI & BERAT
Panjang X Lebar X Tinggi1919 x 679 x 1062 mm
Tinggi Tempat Duduk769 mm
Jarak Sumbu Roda1.280 mm
Jarak Terendah Ke Tanah132 mm
Curb Weight111 kg
KAPASITAS
Kapasitas Tangki Bahan Bakar5,5 liter
Kapasitas Minyak Pelumas0,8 liter pada Penggantian Periodik
KELISTRIKAN
Tipe Baterai Atau AkiMF 12V-5 Ah
Sistem PengapianFull transisterized
Tipe BusiNGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9
Lampu DepanLED 2,2W x 2 (low), 4,4W x 2 (high)

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply