Home Mobil Tips Berkendara Saat Hujan, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Tips Berkendara Saat Hujan, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

0 55

Tips Berkendara, Beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Jika Anda termasuk orang yang sering bepergian dengan mobil maupun motor tentunya ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Perlu diketahui, risiko kecelakaan saat hujan bisa meningkat. Demikian menurut penuturan Andry Berlianto, Instruktur Rifat Drive Labs, dilansir dari DetikOto. Penyebabnya bisa bermacam-macam. mulai dari handling, visibilitas, hingga kesiapan dan pemahaman pengemudi itu sendiri dalam melintas jalanan ketika hujan turun. Maka dari itu ada beberapa tips berkendara ketika hujan turun.

“Pastikan kendaraan dalam keadaan baik atau laik jalan untuk mengurangi potensi gangguan akibat kelembapan, basah hingga saat menerobos genangan air,” jelas Andry.

Cengkeraman ban juga menjadi bagian yang penting dalam hal handling saat mengemudi di jalanan basah. Pada kondisi jalanan basah dianjurkan untuk tidak memaksakan berkendara bila kondisi ban sudah gundul.

Maka dari itu pastikan ban kendaraan dalam kondisi optimal. Artinya masih mempunyai daya cengkeram yang baik dan tidak dalam kondisi gundul. Plus tekanan yang sesuai kondisi.

Baca juga: 4 Tips Memilih Aksesori Biker Saat Musim Hujan

“Lalu, kurangi kecepatan dan selalu jaga jarak antar kendaraan (jarak aman). Jika dalam kondisi normal, jarak aman adalah 2 detik. Maka jika hujan tiba jarak aman ini bisa digandakan karena adanya potensi pengereman yang butuh ruang yang cukup. Semakin cepat kendaraan melaju saat hujan maka recovery saat masuk dalam keadaan darurat menjadi lebih sulit,” terangnya.

Di samping itu, yang tak kalah penting pengendara juga perlu menguasai emosi ketika berkendara. Apalagi ketika melintasi jalanan yang licin karena hujan.

Usahakan untuk menjaga emosi ketika mengemudi kendaraan. Sebab kondisi jalan yang licin membutuhkan konsentrasi yang baik dengan keahlian menangani situasi darurat yang baik pula.

Baca juga: Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Kurangi kecepatan dan selalu jaga jarak antar kendaraan. Bila kondisi normal jarak amannya 2 detik, maka saat hujan turun digandakan menjadi 4 detik. Hal ini untuk mengantisipasi potensi pengereman yang butuh ruang yang cukup.

Menjaga jarak aman akan memberikan waktu untuk pengemudi menguasai kendali ketika melakukan pengereman di jalanan yang basah. “Semakin cepat kendaraan melaju saat hujan maka recovery saat masuk dalam keadaan darurat menjadi lebih sulit, oleh karena itu meningkatkan jarak aman akan memberikan waktu lebih bagi pengemudi,” kata Andry.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply