Home Auto News Beda Wuling Formo dan Confero yang Beda Rp 1 Juta

Beda Wuling Formo dan Confero yang Beda Rp 1 Juta

0 105

Wuling Formo, Wuling Motors resmi masuk ke pasar kendaraan niaga dengan mengandalkan Formo. Mobil ini ditujukan untuk konsumen yang mengincar kendaraan komersial. Mobil baru Wuling ini ditawarkan dalam dua versi, yaitu minibus dan blind van.

Wuling Formo lebih diperuntukkan konsumen yang memiliki usaha transportasi. Baik taksi online maupun travel. Akan tetapi Wuling Formo juga tidak menutup kemungkinan menjadi transportasi pribadi bagi masyarakat.

Melihat Wuling Formo minibus, model ini bisa masuk ke dalam segmen yang sama dengan Wuling Confero. Di sisi lain banderol harganya juga berbeda tipis. Untuk diketahui, harga Wuling Formo minibus dengan kabin 7-penumpang mencapai Rp 136,8 juta. Sementara harga Wuling Confero standar tanpa double blower mencapai Rp 137,8 juta OTR Jakarta. Selisihnya hanya Rp 1 juta saja.

Itu artinya ada kemungkinan Wuling Formo memakan pasar Confero varian standar. Akan tetapi Wuling Motors yakin bahwa mobil barunya itu tidak akan memakan pasar saudaranya. Sebab kedua mobil ini ditujukan untuk segmen yang berbeda.

Jika Wuling Confero merupakan mobil MPV yang dikhususkan untuk keluarga, maka Formo lebih ditujukan untuk pasar komersial. Dengan harga yang hanya selisih Rp 1 juta harga tersebut, apa perbedaan dua mobil Wuling ini?

Perbedaan yang paling jelas di antara Confero dan Formo ada pada sektor dapur pacu. Wuling menyematkan mesin yang kapasitasnya lebih kecil dari Wuling Confero, yakni 1.206 cc. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga 77,5 PS pada 5.600 rpm dengan torsi aksimum 110 Nm pada rentang putaran 3.400-4.000 rpm.

Sementara itu, Wuling Confero dibekali dengan mesin berkapasitas 1.485 cc. Mesin ini dapat menghembuskan dya hingga 107 P pada 5.800 rpm dengan torsi 142 Nm pada 3.800-4.400 rpm.

Baca juga: 5 Kelebihan Wuling Confero S Dibanding Kompetitor

Selain itu desain eksterior juga terlihat berbeda. Wuling Confero tampak lebih elegan. Bagian depan, tepatnya pada grille mendapat sentuhan aksen, garis horizontal yang  mengapit logo Wuling. Lain halnya dengan Wuling Formo yang terlihat lebih sederhana.

Di sisi interior juga tak kalah elegan. Semakin memperkuat statusnya sebagai mobil keluarga. Sementara Wuling Formo tampil seadanya, meski tetap memberikan kenyamanan yang baik untuk pengguna.

Di bagian dashboard Wuling Confero dibekali dengan jam analog yang berada di bagian tengah. Tidak hanya sebagai penunjuk waktu, jam analog ini juga membuat tampilan dashboard menjadi terlihat mewah. Sementara pada Formo jam ini ditiadakan dan diganti dengan logo Wuling yang dicetak.

Wuling Confero juga dilengkapi dengan headrest di seluruh bagian joknya. Sementara Wuling Formo menghilangkan headrest bangku penumpang baris kedua dan ketiga. Di samping itu jok baris kedua sebelah kiri Formo berukuran lebih kecil. Fungsinya agar mudah dilipat, sehingga memberikan akses jalan bagi penumpang baris ketiga.

Meski begitu kedua mobil Wuling ini sudah dibekali dengan sabuk pengaman di seluruh jok. Hanya saja Confero lebih unggul lantaran sudah dilengkapi dengan ISOFIX atau fitur untuk mengunci kursi khusus anak-anak. Sehingga fitur keselamatan Wuling Confero lebih lengkap.

Tidak hanya itu saja, Wuling Confero dan Formo sudah dilengkapi dengan power outlet 12V di bagian depan. Akan tetapi Confero memiliki tambahan power outlet di baris ketiga. Sehingga penumpang belakang juga bisa mengisi daya smartphone miliknya.

Itulah beberapa perbedaan antara Wuling Confero dan Wuling Formo. Meski terpaut Rp 1 juta, ada beberapa perbedaan yang mencolok di antara kedua mobil ini. Sehingga konsumen punya dua opsi yang bisa disesuaikan kebutuhan masing-masing.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply