Home Auto News Motor Matic Rp 20 Jutaan Calon Rival Skuter Listrik Gesits

Motor Matic Rp 20 Jutaan Calon Rival Skuter Listrik Gesits

Motor Matic, Gesits menjadi sorotan masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Motor listrik ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat karena statusnya sebagai motor buatan anak bangsa.

Meski merupakan motor listrik, bukan berarti Gesits tidak mempunyai penantang. Ada beberapa kompetitor yang siap menghadang skuter listrik hasil kerjasama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dengan PT Garasindo ini. Salah satunya adalah Viar Q1.

Kedua motor ini sebenarnya sama-sama dikembangkan sejak 2015. Hanya saja Viar Q1 lebih dulu hadir di Indonesia. Harga Viar Q1 mencapai Rp 17,5 juta. Lebih terjangkau dari harga motor listrik Gesits nantinya.

Untuk diketahui, harga Gesits awalnya digadang-gadang berkisar Rp 15 jutaan. Hanya saja perkiraan tersebut tidak terwujud.

Zaki Nahdi Saleh, Direktur Gesits Technologies Indo menerangkan bahwa pihaknya nanti menjual skuter listrik ini sekitar Rp 22-23 jutaan.

“Kita mengharap bahwa harga pasar bisa di bawah kompetitor sekelas yang motor konvensional. Kalau dari kita, dari industrinya kurang lebih di Rp 20 juta, kalau nanti kita jual ke pasar kurang lebih Rp 22-23 juta,” ungkapnya, dilansir dari detikOTO.

Dengan banderol tersebut, motor listrik Gesits perlu menawarkan sejumlah kelebihan sehingga konsumen mau untuk beralih dari motor bermesin bensin ke motor listrik. Hal ini bisa dikatakan menjadi tantangan Gesits.

Sebab ada banyak motor konvensional, terutama skuter matik yang dijual di kisaran harga yang sama dengan Gesits. Bahkan juga ada yang lebih terjangkau.

Untuk motor Honda, pilihannya ada BeAT, Scoopy, Vario, PCX, SH150i, PCX Hybrid, hingga Forza. Beberapa motor Honda ini harganya mencapai di bawah Rp 20 jutaan. Sementara motor matic Honda yang dibanderol Rp 20 jutaan ada Vario 125 dan Vario 150.

Harga Honda Vario 125 CBS-ISS mencapai Rp 20 juta. Lalu harga Honda Vario 150 Rp 22,6 juta. Sedangkan harga Honda PCX 150 CBS lebih tinggi lagi, yaitu Rp 27,8 juta.

Di sisi lain Yamaha juga mempunyai jajaran motor matic yang dijual Rp 20 jutaan. Seperti Lexi, Nmax, Aerox dan juga FreeGo yang baru saja resmi hadir di Indonesia. Harga Yamaha Lexi mulai Rp 20,150 juta sampai Rp 23 juta. Lalu harga Yamaha Aerox mulai Rp 23 jutaan sampai dengan Rp 24,5 juta.

Selain Honda dan Yamaha, Suzuki juga punya jajaran skutik yang dijual paling tinggi Rp 15 jutaan.

Skuter matik masih menjadi primadona di Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang menyukai motor ini. Motor matic dianggap lebih mudah dikendarai dibanding motor bebek yang sempat mendominasi belasan tahun silam.

Penjualan motor matic pun terbilang tinggi. Bahkan Johannes Loman, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menerangkan bahwa 82 persen motor baru yang terjual di Indonesia merupakan jenis skuter matik.

Hal inilah yang membuat pilihan motor matic di Indonesia menjadi banyak. Dan tentu saja itu semua menjadi tantangan tersendiri bagi Gesits.

Walaupun belum resmi diproduksi massal, keberadaan motor listrik Gesits sudah mencuri perhatian banyak kalangan. Hal ini sudah menjadi modal awal yang bagus bagi motor listrik buatan Indonesia ini.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply