Home Komparasi Yamaha FreeGo vs Lexi, Mana yang Menarik?

Yamaha FreeGo vs Lexi, Mana yang Menarik?

Yamaha FreeGo, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan motor baru yang diterjunkan di segmen motor matic. Motor itu adalah Yamaha FreeGo. Motor Yamaha terbaru ini mengaspal sebagai varian paling tinggi di luar keluarga MAXI.

Dengan kata lain, Yamaha FreeGo diposisikan di bawah Yamaha Lexi. Baik dari segi fitur maupun harga. Akan tetapi ada yang menarik dari kedua skuter matik bongsor ini. Dua motor Yamaha ini sama-sama mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc.

Tidak hanya itu, fitur yang ditawarkan juga cukup mirip. Konsumen bisa jadi kebingungan jika harus memilih antara Yamaha Lexi atau Yamaha FreeGo. Lantas seperti apa perbandingan spesifikasi kedua skutik ini? Silakan simak pembahasan berikut.

Fitur

Yang menjadi salah satu perhatian tentu saja kelengkapan fiturnya. Kedua motor ini mempunyai fitur yang cukup mirip. Seperti lampu depan yang sudah LED, speedometer digital, power socket hingga bagasi yang lapang.

Kendati demikian ada beberapa perbedaan yang bisa dicermati. Misalnya Yamaha Lexi dilengkapi dengan fitur Stop & Start System (SSS) yang menjadi fitur standar. Sedangkan pada Yamaha FreeGo hanya tersedia pada varian S saja.

Selain itu fitur Smart Key pada kedua motor ini juga hanya tersedia di varian S. uniknya, Yamaha FreeGo varian tertinggi dilengkapi dengan rem ABS. Motor ini menjadi skutik pertama di kelas 125 cc yang mempunyai fitur tersebut. Dengan kata lain Yamaha Lexi juga belum mempunyai fitur tersebut.

Baca juga: Komparasi Yamaha FreeGo vs Honda Vario 125

Desain

Melihat desainnya, Yamaha Lexi membawa ciri khas yang juga dimiliki jajaran MAXI Yamaha lainnya. Hal ini membuat motor Yamaha itu terlihat unik dan mempunyai kesan elegan.

Di sisi lain, Yamaha FreeGo juga terlihat cukup bongsor. Hanya saja desain motor ini sama seperti skutik Yamaha lainnya.

Untuk dimensi, Yamaha Lexi menjadi yang terbesar. Motor ini memiliki panjang 1.970 mm, lebar 720 mm dan tinggi mencapai 1.135 mm. Sementara Yamaha FreeGo mempunyai panjang 1.905 mm, lebar 690 mm dan tinggi 1.100 mm.

Jarak sumbu roda Lexi juga lebih panjang, yakni 1.350 mm. Sedangkan FreeGo mencapai 1.275 mm.

Performa

Untuk soal mesin, ada kemiripan di antara Yamaha Lexi dan Yamaha FreeGo. Kedua motor ini mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc. Keduanya juga sudah dilengkapi dengan teknologi Blue Core dan Smart Motor Generator (SMG) yang membuat akselerasi starter awal lebih halus. Akan tetapi daya yang dihasilkan rupanya berbeda.

Melirik spesifikasinya, mesin Yamaha Lexi mengusung pendingin cairan dan teknologi katup variabel (VVA). Hal ini tidak dijumpai pada Yamaha FreeGo. Untuk output daya Yamaha Lexi menembus angka 11,9 PS pada 8.000 rpm dengan torsi puncak 11,3 Nm. Tenaga Yamaha FreeGo lebih kecil, yakni 9,5 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Tidak hanya performanya saja yang lebih unggul, pengalaman berkendara Yamaha Lexi juga demikian. Sebab Yamaha menyematkan ekstra tabung pada shock belakang. Hanya saja tawaran fitur ini terdapat pada Lexi S saja.

Harga

Harga motor Yamaha ini juga cukup menarik untuk dibahas. Harga Yamaha FreeGo varian paling rendah mencapai Rp 18,5 juta. Sedangkan harga Yamaha FreeGo S mencapai Rp 19,7 juta dan untuk FreeGo S ABS yang menjadi varian tertinggi dibanderol Rp 22,5 juta. Sementara harga Yamaha Lexi mulai Rp 20,1 juta untuk varian rendah dan Rp 23 juta untuk Lexi S.

Baca juga: All New Honda Vario 125 vs Yamaha Lexi

Kesimpulan

Hadirnya fitur ABS pada Yamaha FreeGo merupakan hal yang menarik. Hanya saja keberadaan fitur ini pada motor matic itu masih diperdebatkan. Sebab FreeGo mengandalkan mesin berkapasitas kecil. Dan motor ini ditujukan untuk komuter tanpa harus kebut-kebutan.

Akan tetapi jika Anda memang memprioritaskan fitur keselamatan pada sebuah motor, maka Yamaha FreeGo bisa menjadi pertimbangan. Sedangkan jika ABS belum dirasa penting, maka Yamaha Lexi akan menjadi pilihan yang lebih menarik. Sebab mempunyai fitur yang lebih lengkap, meski harus dibayar dengan harga yang lebih mahal.

Itulah komparasi Yamaha FreeGo dan Lexi. Semoga informasi di atas membuat Anda mengetahui lebih jauh perbedaan spesifikasi keduanya. Jika tertarik untuk membeli salah satu diantara kedua motor ini lebih baik mencari tahu seputar kelebihan dan kekurangan masing-masing motor.

Source: yamaha freego atau lexi?, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply