Home Honda Pilih Honda HR-V 1.5 Atau 1.8?

Pilih Honda HR-V 1.5 Atau 1.8?

0 154

Honda HR-V, Ada banyak pilihan mobil baru yang beredar di pasaran. Dan setiap model terbagi lagi menjadi beberapa varian. Adanya pilihan varian ini memberikan keuntungan kepada calon konsumen. Sebab konsumen bisa membeli mobil tertentu dengan tawaran fitur dan harga yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Salah satu pabrikan yang memberikan banyak pilihan pada kendaraan yang dipasarkannya adalah Honda. Kita tahu bahwa mobil Honda yang beredar di Indonesia ditawarkan dalam beberapa pilihan tipe. Bahkan ada mobil Honda yang dijual dengan dua opsi mesin. Contohnya adalah Honda HR-V.

Sejak diperkenalkan pertama kali di Indonesia, Honda HR-V dijual dalam dua versi mesin. Yakni mesin 1.5 liter dan 1.8 liter. Versi 1.5 liter ditujukan sebagai varian rendah, sedangkan 1.8 liter menjadi yang termahal.

Oleh karenanya Honda HR-V 1.5 liter mempunyai pilihan tipe yang lebih beragam. Sedangkan Honda HR-V 1.8 hanya tersedia dalam varian Prestige saja. Lantas mana yang bisa menjadi pilihan menarik? Apakah versi 1.5 atau 1.8? Berikut pembahasan selengkapnya.

Honda HR-V 1.5

Mobil Honda ini dihadirkan untuk berhadapan dengan beberapa model. Seperti Suzuki SX4 S-Cross, Nisan Juke dan Chevrolet Trax. HR-V ditawarkan dalam tipe 1.5L S, E dan E Special Edition. Harga Honda HR-V 1.5 berkisar mulai Rp 279,5 juta sampai dengan Rp 329,5 juta.

Harga mobil Honda ini cukup tinggi di kelasnya. Untuk Honda HR-V S lebih cocok berhadapan dengan Suzuki SX4 S-Cross. Lalu untuk HR-V E Special Edition bisa menjadi rival Chevrolet Trax varian tertinggi, meski harga crossover Chevrolet itu masih lebih murah dari mobil Honda.

Kendati demikian Honda HR-V 1.5 menawarkan fitur yang tergolong lengkap. Untuk diketahui, varian S yang menjadi tipe termurah dibekali dengan fitur Hill Start Assist (HSA), Auto Brake Hold, Electronic Parking Brake, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA) dan lain sebagainya.

Di samping itu tipe E dilengkapi lagi dengan tambahan fitur cruise control, ignition system dan monitor baru 8-inci model floating. Sementara tipe E Special Edition Honda menambahkan fitur head lamp dan fog lamp LED. Selain itu jok tipe ini dibalut kulit sepenuhnya.

Baca juga: Toyota C-HR vs Honda HR-V

Berbekal dengan mesin berkapasitas 1.5 liter, Honda HR-V cocok untuk dipakai harian di dalam kota ataupun luar kota. Mesin dan transmisi CVT yang disematkan pada mobil ini diambil dari Honda Jazz. Maka dari itu jangan heran bila karakter kedua mobil Honda ini mirip.

Honda HR-V 1.8

Salah satu perbedaan mencolok dari Honda HR-V 1.8 adalah performa mesinnya. Karena seri mesin dan kapasitasnya berbeda, maka performa model ini juga lebih bertenaga. Cocok untuk konsumen yang senang mengemudi sendiri. Apalagi mobil ini mempunyai pengendalian khas Honda yang sporty. Tarikan mobil juga lebih mantap dibanding versi 1.5.

Selain mesin, fitur juga berbeda. Seluruh fitur pada Honda HR-V 1.5 E Special Edition tersedia pada model ini. Honda menambahkannya lagi dengan fitur panoramic roof yang bisa dibuka, 6 airbag dan warna satu bodi.

Akan tetapi harganya juga tentu berbeda. Harga Honda HR-V 1.8 mencapai Rp 395 juta. Selisih Rp 65,5 juta dari HR-V 1.5 E Special Edition dan Rp 100 juta dari tipe S CVT.

Permasalahan lainnya, harga Honda HR-V 1.8 ini juga bersinggungan dengan SUV entry level yang sebenarnya berada di atas HR-V. Contohnya Mitsubishi Outlander Sport PX, Kia Sportage AT dan Hyundai Tucson GLS.

Baca juga: Harga Honda HR-V 2018 dan Fitur Barunya

Dengan kata lain harga Honda HR-V 1.8 dinilai kurang tepat karena harganya yang bersinggungan dengan SUV bermesin 2.0 liter. Meski begitu sebenarnya HR-V 1.8 tidak sendirian. Sebab juga ada Mazda CX-3 dan Toyota C-HR yang bisa dinilai mahal.

Tampaknya mobil-mobil ini memang ditujukan untuk konsumen tertentu saja. Meski demikian Honda HR-V 1.8 tetap menarik untuk dibeli karena mempunyai tawaran yang tidak dimiliki oleh SUV.

Honda HR-V 1.5 Atau 1.8?

Jika disuruh memilih, Honda HR-V 1.5 dirasa sudah cukup karena tawaran harga dan fiturnya sebanding. Khususnya untuk tipe E. Hanya saja performa mesinnya memang tidak segarang HR-V 1.8.

Meski begitu Honda HR-V 1.5 dirasa sudah cukup untuk dipakai harian. Apalagi mesin mobil ini dikenal irit bahan bakar.

Sedangkan untuk Honda HR-V 1.8 lebih dikhususkan untuk konsumen yang mencari kepuasan dalam berkendara. Sama seperti Toyota C-HR dan juga Mazda CX-3 yang mengincar konsumen tertentu.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply