Home Auto News Uji Tabrak Mobil MPV, Mana yang Unggul?

Uji Tabrak Mobil MPV, Mana yang Unggul?

0 105

Mobil MPV, Lembaga pemeringkat keselamatan ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) telah melakukan uji tabrak atau crash test terhadap 44 mobil yang dijual di Indonesia. Hasil tes tabrak ini bervariasi.

“Ada yang mendapatkan rating 0 bintang ada juga yang mendapat rating bagus sampai 5 bintang,” terang Salina Musaffa, Communications Officer ASEAN NCAP, dikutip dari laman detikOTO.

Ada dua mobil yang mendapat rating 0 bintang dalam crash test. Kedua mobil itu adalah Suzuki Carry dan Renault Kwid. Sedangkan mobil yang mendapat rating tertinggi ada Toyota Innova, Toyota Sienta, Honda City dan model lainnya. Beberapa mobil ini mendapat peringkat bintang 5.

Yang menarik untuk dibahas adalah crash test mobil MPV. Sebab mobil ini menjadi primadona di Indonesia dengan tingkat penjualan yang tinggi. Lantas siapa yang menjadi jawara? Berikut hasil crash test MPV yang dijual di Indonesia.

Mitsubishi Xpander

MPV Mitsubishi yang diuji tabrak adalah varian Xpander MT GLS yang diproduksi di Indonesia untuk pasar Tanah Air, Thailand, Filipina dan Vietnam. Untuk diketahui, model ini mempunyai 2 airbag dan fitur keselamatan seperti Electronic Stability Control.

Untuk tes tabrak dari depan, Mitsubishi pander MT GLS bisa melindungi bagian kepala dan kaki pengemudi maupun penumpang dengan sempurna. Maka dari itu mobil MPV Mitsubishi ini mendapat poin 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa.

Hanya saja untuk perlindungan anak kecil hanya mendapat skor 4 bintang. Secara keseluruhan mobil Mitsubishi ini mendapat skor 71,66 dengan rating 4 bintang.

Toyota Sienta

Salah satu mobil andalan Toyota ini mendapat nilai yang memuaskan. MPV Toyota ini mengantongi 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Lalu perlindungan anak kecil mencapai 4 bintang. Akan tetapi untuk model yang tidak mempunyai fitur electronic stability control mengantongi rating 4 bintang.

Toyota Kijang Innova

Kijang Innova yang merupakan kakak Toyota Avanza juga mendapatkan nilai positif. Untuk perlindungan orang dewasa mobil keluarga Toyota ini mendapat rating 5 bintang. Lalu perlindungan untuk anak kecil memperoleh rating 4 bintang.

Daihatsu Xenia – Toyota Avanza

Duo mobil sejuta umat ini memperoleh nilai 4 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Lalu untuk perlindungan anak kecil hanya memperoleh rating 2 bintang. Akan tetapi model yang dipakai crash test merupakan varian yang tidak dilengkapi dengan fitur electronic stability control.

Baca juga: Diskon Mobil MPV Jelang Akhir Tahun 2018

Toyota Calya

Mobil keluarga Toyota yang masuk dalam kelas LCGC, Calya, mendapat nilai yang terbilang memuaskan. Mobil Toyota ini mengantongi rating 4 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Untuk perlindungan anak kecil mendapat nilai 4 bintang, lebih baik dari Toyota Avanza. Model yang dipakai tes tabrak merupakan varian 1.2 G manual tahun produksi 2016.

Nissan Grand Livina

MPV andalan Nissan ini memperoleh rating 4 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Sementara perlindungan anak kecil juga sama, 4 bintang.

Suzuki Ertiga

Selanjutnya adalah crast test Suzuki Ertiga. Model ini memperoleh rating yang sama dengan Toyota Calya maupun Grand Livina. Nilai perlindungan orang dewasa maupun perlindungan anak kecil mencapai 4 bintang.

Daihatsu Sigra

Saudara Toyota Calya ini mendapat nilai yang tidak memuaskan. Untuk perlindungan orang dewasa hanya mencapai 1 bintang saja. Sementara perlindungan anak kecil mencapai 2 bintang. Berdasarkan hasil pengukuran dummy yang digunakan dalam crash test, kepala pengemudi tidak mendapatkan perlindungan yang cukup.

Itulah hasil crash test mobil MPV yang beredar di Indonesia. Informasi ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin membeli mobil baru, khususnya MPV.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply