Home Auto News Ini Chevrolet Captiva 2019 “Rasa” Wuling Baojun 530

Ini Chevrolet Captiva 2019 “Rasa” Wuling Baojun 530

0 133

Chevrolet Captiva, Pabrikan mobil ternama asal Negeri Paman Sam, General Motors membuat terobosan yang cukup menyita perhatian. pasalnya sebelumnya GM mengumumkan menghentikan produksi salah satu produk andalannya, Chevrolet Captiva. GM menghentikan suplai untuk pasar utama, seperti Australia dan Korea Selatan.

Akan tetapi uniknya GM menghadirkan kembali Captiva dalam generasi kedua. Chevrolet Captiva 2019 diperkenalkan di Kolombia, Amerika Selatan. Tidak hanya itu, ada hal unik lain dari mobil baru ini.

Chevrolet Captiva generasi terbaru ini tampil sangat mirip dengan SUV asal China yang mencuri perhatian beberapa waktu lalu, Wuling Baojun 530. Memang Captiva terbaru merupakan Bojun 530 yang hanya berganti emblem menjadi Chevrolet. Akan tetapi hal ini wajar, sebab Baojun sendiri didirikan oleh General Motors bersama dengan perusahaan sal China, SAIC untuk memproduksi mobil murah secara massal.

Pada awalnya Baojun dirancang dengan memakai platform Chevrolet lama. Akan tetapi untuk menyesuaikan kebutuhan pasar, mobil ini menggunakan desain sendiri. Meski begitu beberapa part utama tetap dipasok oleh GM. Oleh karenanya GM mempunyai hak untuk mengekspor mobil-mobil di bawah merek mereka sendiri.

Strategi ini memang menguntungkan pabrikan. Sebab membangun kendaraan dengan platform baru membutuhkan biaya yang tinggi. Tidak hanya itu, waktu untuk mengembangkan platform baru juga tidak sebentar. Rata-rata mencapai lima tahun.

Untuk itulah Chevrolet diuntungkan dalam kerjasama tersebut. GM tidak perlu mengeluarkan biaya untuk riset baru Captiva. Anak perusahaannya lah yang melakukannya.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya. Sebab Chevrolet Captiva yang dipasarkan di Indonesia juga merupakan hasil rebadge dari Daewoo Windstorm yang berasal dari Korea Selatan.

Baca juga: Kelebihan Chevrolet Trailblazer 2017 Indonesia

Melihat tampilannya, tidak ada yang berbeda antara Chevrolet Captiva terbaru dengan Baojun 530. Meski demikian ada beberapa perbedaan di antara kedua mobil SUV ini.

Seperti lambang dan desain kisi-kisi atau grille. Panjang Captiva terbaru mencapai 4.655 mm, lebih panjang 18 mm dari generasi pendahulunya.

Model ini mempunyai kabin dengan konfigurasi lima penumpang atau tujuh penumpang. Sementara untuk dapur pacu mengandalkan mesin turbocharger berkapasitas 1,5 liter. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 147 hp dengan torsi puncak 230 Nm. Transmisinya ada dua macam, yakni manual 6-percepatan dan otomatis DCT (Double Clutch Transmission). Sementara sistem gerak rodanya adalah sistem penggerak roda depan.

Di sisi interior, Chevrolet Captiva 2019 dilengkapi dengan floating monitor 8 inci, sistem multimedia, kamera belakang, penggerak kursi depan elektrik dan atap panorama. Tampilannya mirip dengan Baojun 530 yang dipamerkan di GIIAS 2018 beberapa waktu lalu.

Chevrolet Captiva hasil rebranding dari Wuling Baojun 530 ini rencananya akan dipasarkan di Kolombia pada 2019 mendatang. Hanya saja General Motors belum memberitahukan tentang pergerakan model tersebut. Bisa jadi model ini tidak hanya dipasarkan di Amerika Selatan saja.

Sebagai tambahan, ini bukan pertama kalinya GM memasarkan mobil China dengan merek Chevrolet. Di tahun 2013 Wuling Hongguang di India dijual sebagai Chevrolet Enjoy. Model ini dipasarkan hingga tahun 2017.

Sedangkan untuk pasar Indonesia Baojun 530 berpeluang besar untuk dihadirkan. Hanya saja model ini baru hadir tahun depan. Belum diketahui juga nama Wuling Baojun 530 versi Indonesia. Bisa jadi Chevrolet Indonesia juga menghadirkan SUV serupa.

Sebab pasar SUV di Indonesia juga berkembang. Dari waktu ke waktu banyak peminat SUV cenderung bertambah. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Source: berapa sesungguhnya harga chevrolet captiva new dan wuling boujun 530, gambar wuling boujun 530 dan captiva baru, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply