Home Auto News Jawa Motorcycle Kembali Hadir, Bawa 3 Motor Baru

Jawa Motorcycle Kembali Hadir, Bawa 3 Motor Baru

0 114

Jawa Motorcycle, Salah satu merek motor legendaris, Jawa Motorcycles siap menarik perhatian banyak pecinta motor klasik di dunia. Merek motor yang satu ini berniat untuk menghadirkan produk andalannya di India.

Dikomandoi oleh Classic Legends Private Limited (CLPL), Jawa Motorcycles memperkenalkan tiga motor terbarunya. Ketiga motor itu mempunyai sentuhan ala motor retro yang kental. Maka dari itu tidak sedikit yang beranggapan bahwa motor Jawa akan berhadapan dengan Royal Enfield. Perlu diketahui, Royal Enfield sejauh ini bermain sendiri di segmen motor klasik menengah.

“Ini nampak seperti waktu yang tepat untuk hadir di segmen sepeda motor ini. Karena pasar motor premium di India bukan hanya berkembang tapi juga mulai berubah soal preferensi dan selera konsumen,” jelas Ashish Josh, CEO CLPL, sebagaimana diwartakan kumparanOTO.

Salah satu motor yang dihadirkan bernama Jawa, sama seperti nama pabrikan. Sedangkan produk satunya lagi adalah Jawa Fourty Two yang merupakan produk pertama mereka yang dirilis di tahun 1920.

Baik Jawa maupun Fourty Two mempunyai tampilan yang mirip. Perbedaannya terdapat pada penempatan speedometer, pemakaian suspense belakang, desain lampu utama, posisi spion dan beberapa detail kecil lainnya. Menariknya motor baru ini digadang-gadang tetap mempertahankan desain ala motor Jawa dari tahun 1970-an.

Bahkan sector dapur pacu juga tidak berbeda. Kedua motor Jawa ini mengandalkan mesin berkapasitas 293 cc dengan pendingin cairan, DOHC. Jantung pacu ini dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Menurut spesifikasi mesin itu bias mengeluarkan tenaga sebesar 27 daya kuda (dk). Sedangkan torsi puncaknya mencapai 28 Nm. Di samping itu juga terdapat knalpot ganda yang juga menjadi ciri khas dari motor Jawa.

Baca juga: Jawa, Merek Motor Ceko yang Kemungkinan Hadir di Indonesia

Mesin yang dipakai motor ini sendiri diambil dari Mahindra Mojo. Hal tersebut bias dilakukan lantaran Mahindra merupakan induk perusahaan dari CLPL.

Kembali melihat spesifikasi motor Jawa, diketahui bahwa motor tersebut mempunyai bobot 130 kg. Lebih ringan dari motor-motor Royal Enfield seperti Classic 350 atau Bullet 350, namun juga lebih bertenaga dari motor tersebut.

Tampilan motor ini memang kental dengan nuansa klasik. Akan tetapi fiturnya tak kalah canggih dengan motor terbaru yang ada di pasaran. Salah satu buktinya adalah hadirnya fitur rem  Anti-lock Braking System (ABS) untuk rem depan. Hanya saja untuk rem belakang masih tromol.

Di samping itu Jawa dan Jawa Fourty Two mengandalkan suspense depan teleskopik yang ditemani dengan suspense belakang ganda dengan sub tank.

Selain Jawa dan Jawa Fourty Two, juga hadir Jawa Perak yang merupakan versi Boober. Motor ini rencananya akan dipasakran mulai awal tahun 2019 mendatang. Mesin yang digunakan sama dengan Jawa dan Jawa Fourty Two. Hanya saja pengaturan mesin dibuat lebih besar, 332 cc. Alhasil tenaganya juga bertambah, yakni 30 dk dengan torsi 31 Nm.

Harga motor Jawa terbaru ini juga tidak jauh berbeda dibandingkan dengan harga motor Royal Enfield yang beredar di sana. Di India harga ketiga motor Jawa ini berkisar 155 ribu rupee – 189 ribu rupee atau sekitar Rp 31-38 jutaan.

Sejarah

Jawa Motorycle sebenarnya tidak ada kaitannya dengan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Merek motor ini didirikan oleh seorang engineer asal Prague, Republik Ceko, Frantisek Janece.

Di tahun 1929 ia membawa pabrikan sepeda motor asal Jerman, Wanderer yang terancam bangkrut saat itu. Lalu nama pabrikan tersebut diubah memakai dua huruf awal dari namanya dan nama asli pabrikan untuk membangun perusahan baru.

Jawa Motorcycles bahkan pernah mejadi salah satu merek motor tersukses di dunia di tahun 1960-an dan dijual di lebih dari 120 negara. Lalu di tahun 1950 Jawa masuk ke India dan mendapat respon positif di sana. Pada masa keemasan Jawa Motorcycles pabrikan ini bias memproduksi 40 ribu unit sepeda motor dalam satu tahun.

Hanya saja era kejayaan Jawa Motorcycle berakhir di tahun 1970-an. Hal ini lantaran lisensinya tidak diperpanjang. Dua petinggi Mahindra, Anand Mahindra dan Anupam Thareja kemudian memiliki inisiatif untuk kembali menghidupkan merek sepeda motor legendaries itu lewat anak perusahan yang mereka namakan Classic Legends Private Limited yang sekarang menjadi perusahaan yang bertanggung jawab atas merek Jwa Motorcycles.

Source: motor jawa yg dihadirkan kembali, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply