Home Motor Motor Matic Yamaha FreeGo Varian Termurah, Ini Fitur-Fiturnya

Yamaha FreeGo Varian Termurah, Ini Fitur-Fiturnya

0 109

Yamaha FreeGo, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mempunyai senjata andalan baru untuk segmen skutik premium. Motor ini adalah Yamaha FreeGo yang diposisikan di bawah model terendah MAXI, Yamaha Lexi. Harga motor Yamaha terbaru ini mulai Rp 18,5 juta untuk varian paling murah. Dengan dana sebesar itu, apa saja yang akan diperoleh konsumen?

Yamaha FreeGo varian termurah mempunyai fitur yang cukup mirip dengan FreeGo S. Yang membedakan hanya sedikit, walau terbilang signifikan. Contohnya untuk varian paling rendah belm dilengkapi dengan fitur smart key (keyless), immobilizer dan Stop Start System (SSS).

Di samping itu pilihan warnanya juga berbeda. Yamaha FreeGo S dibalut dengan warna matte grey dan matte red. Sementara FreeGo standar punya warna yang lebih banyak. Antara lain matte black, metallic red, metallic blue dan metallic white. Sedangkan sisanya sama persis.

Yamaha FreeGo standar juga mempunyai keunggulan bagasi berkapasitas lapang, yakni 25 liter. Dengan kapasitas yang luas bagasi ini bisa dipakai memuat satu helm dan masih tersisa ruang lebih untuk menyimpan jas hujan atau barang bawaan lainnya.

Selain it tangki bahan bakarnya juga diletakkan di bawah lantai dek. Sedangkan corong pengisian berada di dasbor depan. Selain itu di sisi kanan ada lubang untuk anak kunci, tepat di bawah electric power socket.

Lalu speedometer FreeGo sudah mengadopsi digital, dengan informasi yang lengkap. Lampu depan sudah memakai LED yang hemat daya. Sedangkan lampu sein dibuat terintegrasi dengan bodi dan dilengkapi fungsi hazard. Dengan begitu kedua lampu sein bisa menyala bersamaan yang dimanfaatkan untuk kondisi darurat.

Melirik sektor roda, Yamaha FreeGo mengandalkan pelek berukuran 12 inci. Pelek ini dipadukan dengan ban tubeless 100/90 di baigan depan dan 110/90 di bagian belakang.

Baca juga: Komparasi Yamaha FreeGo vs Honda Vario 125

Walaupun rodanya kecil, jarak ketinggian FreeGo dari permukaan tanah cukup tinggi. Ground clearance-nya mencapai 135 mm, yang sama dengan Yamaha NMAX.

Untuk fitur keselamatan Yamaha FreeGo standar belum dilengkapi dengan fitur ABS. akan tetapi Yamaha sudah menyematkan rem depan cakram dengan fungsi smart lock pada tuas rem belakang. Fungsi fitur ini adalah untuk mengunci rem saat berhenti. Berguna saat harus berhenti di jalanan menanjak ataupun turunan.

Di sektor dapur pacu, tidak ada yang berbeda antara Yamaha FreeGo standar dan FreeGo S. Motor Yamaha ini mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc berpendingin udara dengan teknologi Blue Core. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 9,5 PS dengan torsi maksimm 9,5 Nm.

Yamaha juga menyematkan teknologi Smart Motor Generator (SMG) untuk memuluskan starter awal dan akselerasi. Tawaran lain dari motor matic Yamaha ini adalah tangki bahan bakar berkapasitas 4,2 liter dan efisiensi bahan bakar yang diklaim sama seperti Mio S.

Yamaha FreeGo standar layak dijadikan pilihan alternatif untuk konsumen yang ingin memiliki motor matic premium dengan harga terjangkau. Tampilannya terbilang cukup kompak, dengan banderol harga Rp 18 jutaan. Banderol ini sekaligus menjadikan FreeGo lebih murah dari kompetitornya, Honda Vario 125.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply