Home Auto News Hasil MotoGP 2018 Valencia, Dovizioso Juara

Hasil MotoGP 2018 Valencia, Dovizioso Juara

0 132

Hasil MotoGP, Andea Dovizioso keluar sebagai juara pada seri terakhir MotoGP 2018 yang dihelat di Valencia, Spanyol. Balapan sempat berlangsung dramatis. Pasalnya bendera merah sempat dikibarkan steward di MotoGP Valencia lantaran hujan deras yang membasahi Sirkuit Ricardo Tormo ketika balapan baru berlangsung setengah jalan.

Meski begitu pada akhirnya pebalap Ducati, Andrea Dovizioso berhasil merebut podium tertinggi setelah finis paling pertama. Apalagi jalannya semakin dimudahkan karena beberapa pesaing utamanya terjatuh karena terpeleset.

Di peringkat kedua atau tepat di bawah Dovizioso ada Alex Rins dari Suzuki Ecstar. Sementara pebalap KTM, Pol Espargaro berada di posisi ketiga.

Balapan MotoGP 2018 Valencia diawali dengan Maverick Vinales yang meraih pole position. Hanya saja pebalap Movistar Yamaha itu melakukan start buruk sehingga menjadi kesempatan Rins dan Dovizioso untuk memperbaiki kedudukan.

Tidak hanya itu, Rins berhasil memimpin jalannya pertandingan sejak tikungan pertama. Ia langsung melesat menjauhi Dovizioso yang berada di urutan kedua. Di sisi lain Valentino Rossi yang start di posisi ke-16 berhasil memperbaiki posisinya secara signifikan. Memasuki lap ke-4 Rossi sudah memperebutkan posisi ke-4.

Di tengah pertandingan Sirkuit Ricardo Tormo diguyur hujan. Hal ini banyak mempengaruhi jalannya perlombaan MotoGP Valencia.

Beberapa pebalap mengalami nasib yang tak beruntung. Aleis Espargaro, Danilo Petruci, Andrea Iannone sampai Maverick Vinales mengalami crash sehingga membuatnya tak bisa meneruskan pertandingan.

Tidak hanya itu saja, Pol Espargaro dan Marc Marquez yang saling bersaing untuk memperebutkan posisi ketiga juga ikut terjatuh dari motornya disaat yang nyaris bersamaan. Situasi ini memberi keuntungan bagi Rossi untuk mengamankan posisi ketiga. Setelahnya ia berupaya untuk mengejar Dovizioso dan Rins yang berada tidak jauh di depannya.

Pebalap Italia ini sempat terlibat dual segitiga dan mempimpin jalannya pertandingan. Hanya saja itu Cuma sebentar, hingga akhirnya posisi terdepan diambil alih Dovisioso sepanjang lap ke-13.

Pertandingan MotoGP akhirnya ditunda setelah steward mengibarkan bendera merah dan membuat MotoGP Valencia 2018 ditunda untuk sementara.

Sekitar 38 menit kemudian, balapan kembali diteruskan dengan melakukan re-start atau menyesuaikan posisi terakhir di lap ke-13 yang diikuti oleh 15 pebalap tersisa. Rins yang memulai start ulang dari posisi pertama berhasil menunjukkan performa terbaiknya. Ia sukses menjauhi Dovizioso dan juga Rossi.

Hanya saja posisi tersebut tidak berlangsung lama. Sebab Dovizioso akhirnya bisa menyalip Rins ketika keluar dari jalur lurus usai menuntaskan lap pertama setelah re-start.

Dovizioso diuntungkan dengan posisi terdepannya dimana ia tak terganggu oleh cipratan air dari pebalap lain. alhasil pebalap Italia ini bisa memanfaatkan waktu tercepat dan memperlebar jarak dengan Rins.

Posisi Rins kembali terganggu lantaran Rossi berhasil merebut posisi kedua di delapan lap terakhir. Akan tetapi pebalap Movistar Yamaha itu tergelincir saat balapan tersisa lima lap.

Di sisi lain Dovizioso melesat di depan tanpa adanya pesaing. Ia menyelesaikan pertandingan dengan baik dan meraih juara di MotoGP Valencia 2018. Sementara Rins di peringkat kedua dengan jarak yang cukup jauh dari Dovizioso. Espargaro yang sempat terjatuh di lap awal berhasil finis di urutan ketiga.

Hasil MotoGP Valencia 2018

NOPEBALAPTIMWAKTU/GAP
1Andrea DOVIZIOSODucati Team24'03.408
2Alex RINSTeam SUZUKI ECSTAR+2.750
3Pol ESPARGARORed Bull KTM Factory Racing+7.406
4Michele PIRRODucati Team+8.647
5Dani PEDROSARepsol Honda Team+13.351
6Takaaki NAKAGAMILCR Honda IDEMITSU+32.288
7Johann ZARCOMonster Yamaha Tech 3+32.806
8Bradley SMITHRed Bull KTM Factory Racing+33.111
9Stefan BRADLLCR Honda CASTROL+36.376
10Hafizh SYAHRINMonster Yamaha Tech 3+37.198
11Scott REDDINGAprilia Racing Team Gresini+44.326
12Jorge LORENZODucati Team+46.146
13Valentino ROSSIMovistar Yamaha MotoGP+52.809
14Karel ABRAHAMAngel Nieto Team+1'10.628
15Jordi TORRESReale Avintia Racing+1'16.739
GAGAL FINIS
Alvaro BAUTISTAAngel Nieto Team7 Laps
Maverick VIÑALESMovistar Yamaha MotoGP0 Lap
Danilo PETRUCCIAlma Pramac Racing0 Lap
Marc MARQUEZRepsol Honda Team0 Lap
Andrea IANNONETeam SUZUKI ECSTAR0 Lap
Aleix ESPARGAROAprilia Racing Team Gresini0 Lap
Jack MILLERAlma Pramac Racing0 Lap
Franco MORBIDELLIEG 0,0 Marc VDS0 Lap
Thomas LUTHIEG 0,0 Marc VDS0 Lap

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply