Home Auto News Honda CB125X Diproduksi Massal? Ini Jawaban AHM

Honda CB125X Diproduksi Massal? Ini Jawaban AHM

0 152

Honda CB125X, Beberapa waktu lalu Honda memperkenalkan motor konsep terbarunya di ajang EICMA, Milan Italia. Ada dua motor konsep yang dihadirkan di ajang bergengsi itu, yakni Honda CB125X dan Honda CB125M.

Motor Honda terbaru ini dikembangkan oleh R&D Honda Italia. Keduanya menggunakan basis desain motor MBX125 yang sempat populer di tahun 1980-an. Sementara mesin dan rangkanya memakai basis CB125. Untuk diketahui, Honda CB125 merupakan saudara dekat Honda CB150 Street Fighter yang dijual di Indonesia.

Lantas bagaimana soal kemungkinan motor Honda ini dipasarkan di Indonesia?

Toshiyuki Inuma, President Director PT Astra Honda Motor (AHM) menerangkan AHM mempunyai perhatian pada motor-motor konsep yang disiapkan Honda Motors. Akan tetapi AHM akan melihat dulu pasar di Indonesia.

“Kenapa tidak jika konsumen menginginkannya, tentu adanya antusias dari konsumen. Tunggu saja saatnya,” jelasnya, dikutip dari laman Tempo.

Honda CB125X mempunyai desain layaknya Honda Africa Twin dan CRF4540 yang dipakai dalam ajang reli Dakar. Untuk mendukung performa offroad, Honda CB125X dibekali dengan suspensi depan yang mempunyai jarak travel panjang.

Di samping itu ban dan pelek motor Honda ini mengusung desain CRF yang mengombinasikan diameter yang berbeda antara bagian depan dan belakang. Honda juga menyematkan ban model cangkul pada motor konsep ini. Lalu untuk bagian knalpot memakai SC Project yang dibuat menjulang tinggi agar aman dari genangan air.

Berikutnya, di bagian swing arm tidak memakai desain standar dari Honda CB125. Honda memodifikasinya memakai desain yang lebih kekar. Lalu sistem pengereman memakai cakram dengan diameter yang lebih lebar. Untuk pelek sudah memakai bahan aluminium dan jari-jari yang kuat.

Sementara Honda CB125M menggunakan basis desain CRF. Hanya saja Honda membuatnya lebih condong ke model supermoto. Melihat tampilan depannya, terdapat lampu depan dengan desain futuristik dan mengadopsi lampu kecil.

Baca juga: Honda CRF150L 2018 vs Kawasaki KLX150BF

Sementara suspensi memakai upside down namun dengan jarak travel yang lebih pendek. Motor konsep ini juga memakai pelek casting wheels berdiameter 17 inci. Sementara pengereman memakai cakram yang punya diameter lebar tanpa lubang ventilasi.

Lantas untuk urusan dapur pacu Honda tidak mengganti desain maupun tenaga yang dihasilkan. Motor ini bertenaga 15 bhp, lebih kecil dari CB150 yang mempunyai tenaga 17 bhp. Rangka yang digunakan dua motor Honda ini mirip dengan desain Honda CB150X Motion yang hadir di pasar Thailand. Untuk diketahui, motor tersebut memakai rangka tralis namun lebih kekar dengan double beam.

Jika motor Honda ini nanti hadir di Indonesia, bisa jadi motor ini diminati oleh konsumen. Mengingat motor adventure mempunyai peminat yang cukup banyak di Indonesia. Akan tetapi AHM perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk menghadirkan CB125X dan CB125M di Indonesia.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply