Home Auto News Fitur SSS Yamaha FreeGo dan Lexi Ternyata Berbeda

Fitur SSS Yamaha FreeGo dan Lexi Ternyata Berbeda

0 121

Yamaha FreeGo, Kehadiran Yamaha FreeGo di Indonesia menarik perhatian banyak orang. Motor matic yang diposisikan di bawah Yamaha Lexi ini mempunyai fitur yang cukup lengkap. Salah satu dari sekian fitur yang dibawa motor Yamaha terbaru ini adalah Stop-Start System (SSS).

Fitur SSS memungkinkan mesin motor mati dalam kondisi idling. FreeGo bukan satu-satunya motor yang mempunyai fitur tersebut. Sebelumnya Lexi juga sudah membawa fitur tersebut.

Akan tetapi, Ridwan Arifin, Service & Education Department PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan ada sedikit perbedaan antara fitur SSS yang ada pada FreeGo dan Lexi.

“Untuk Aerox dan Lexi ada 2 mode SSS, mati dalam 0 dan 5 detik (FreeGo punya model SSS mati dalam 1,5 dan 5 detik),” jelas Ridwan, melansir dari laman kumparanOTO.

Meski begitu, sama seperti motor matic Yamaha lainnya, ada beberapa syarat agar mode SSS bisa bekerja. Salah satunya adalah mesin sudah mencapai temperatur tertentu. Ketika mesin berjalan dan sudah mencapai temperatur suhu yang ditentukan, maka lampu indikator SSS akan menyala. Akan tetapi perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa saklar SSS sudah aktif.

Baca juga: Yamaha FreeGo vs Lexi, Mana yang Menarik?

Kemudian cara kerja perbedaan antara mode 0 dan 5 detik pada Yamaha Lexi terdapat pada gaya pengendaraannya. Bila berkendara pada kemacetan atau di lampu merah yang berhenti dalam waktu 5 detik, maka secara otomatis akan mati. Namun saat berhenti dengan respons bukaan gas yang lebih cepat, makan mesin akan mati dalam hitungan 0 detik jika kecepatan 0 km/jam.

Di samping itu ada syarat lain supaya fitur bekerja. Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi:

  • Motor harus menempuh jarak kurang lebih 10 km terlebih dahulu
  • Suhu mesin mencapai lebih dari 60 derajat celcius
  • Putaran mesin harus dalam keadaan idle di kisaran 1.700 rpm
  • Tuas gas dalam keadaan tertutup penuh
  • Motor harus berhenti setidaknya lebih dari 3 detik, dan indikator SSS akan berkedip menandakan mesin dalam keadaan mati

Ridwan menjelaskan, fungsi SSS pada motor Yamaha dapat mendongkrak efisiensi bahan bakar. Jadi SSS ini bertugas menghemat bahan bakar saat kendaraan tidak berjalan dan untuk menekan emisi gas buang.

Jika pengendara ingin menghidupkan kembali motornya agar bisa melaju, cukup tarik tuas gas saja. Maka mesin akan hidup kembali dan siap diajak meneruskan perjalanan.

Source: motor FreeGo, motor free go, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply