Home Auto News Yamaha Xmax Diuntungkan Honda Forza, Kok Bisa?

Yamaha Xmax Diuntungkan Honda Forza, Kok Bisa?

Yamaha Xmax, Walaupun peminatnya tidak setinggi motor matic entry level, segmen skuter matik 250 cc tetap menjadi pasar yang memikat bagi pabrikan motor di Indonesia. Salah satu yang berhasil memetik hasil manis adalah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang merilis Xmax.

Sempat hadir tanpa adanya pesaing sekelas, Yamaha Xmax akhirnya kedatangan rival dari Honda, yakni Forza. Motor ini diperkenalkan pertama kali di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Lalu bagaimana respon Yamaha terhadap kehadiran Honda Forza di Indonesia?

Yordan Satriadi, Deputy General Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) justru mengeluarkan pernyataan yang menarik. Menurutnya penjualan Yamaha Xmax cukup mengejutkan, termasuk beberapa waktu lalu saat Indonesia Motorcycle Show 2018.

“Ternyata kehadiran kompetitor (Honda Forza) itu bukan mempersempit market tapi memperluas market kita,” ungkapnya, melansir dari laman Liputan6.

Dengan kehadiran kompetitor, Yordan mengatakan justru menjadi salah satu keuntungan bagi Yamaha. Khususnya dalam memperluas market 250 cc. Hanya saja Yordan enggan menanggapi harga Honda Forza yang dinilai beberapa kalangan lebih mahal dari harga Yamaha Xmax yang dibanderol Rp 57,8 juta.

Baca juga: Honda Forza vs Yamaha XMAX Indonesia

“Waktu di GIIAS 2018 saya sudah merasakan, ternyata banyak orang setelah lihat brand lain datang ke yamaha ‘oh ternyata harganya cuma segini’ dan mereka langsung deal (Yamaha Xmax),” ungkapnya.

Sekilas informasi, Yamaha Xmax dirancang dengan mengutamakan kenyamanan berkendara. Hal ini terlihat dari adanya ruang kaki yang luas, dan bagasi yang bisa memuat hingga dua helm full face.

Motor Yamaha ini mempunyai panjang 2.185 mm, dengan lebar 775 mm dan tinggi mencapai 1.465 mm. Yamaha juga menyematkan berbagai fitur pada motor matic bongsor ini. Seperti traction control, LED headlight, electric power socket dan keyless. Di samping itu juga ada tangki bensin berkapasitas besar, yakni 13 liter.

Untuk segi keamanan Yamaha Xmax mempunyai fitur ABS di sistem pengeremannya. Tidak hanya itu saja, Yamaha juga menyertakan instrumen panel yang informatif, dengan perpaduan tampilan analog dan digital.

Lalu di sektor kaki-kaki Yamaha Xmax mengusung pelek berdiameter 15 inci di bagian depan dan dibalut engan ban berukuran 120/70. Sedangkan untuk bagian belakang memakai ban berukuran 140/70 R14. Yamaha Xmax juga dibekali dengan suspensi depan teleskopik dan dual shock-breaker di bagian belakang motor.

Untuk urusan performa, motor bermesin 1 silinder 250 cc ini diklaim bisa menghasilkan tenaga sebesar 22,5 hp pada 7.000 rpm dengan torsi 24,3 Nm.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply