Suzuki Ertiga India Hadir, Fitur Lebih Lengkap

Loading...

Suzuki Ertiga, Melihat pasar otomotif India, ada cukup banyak mobil yang beredar di sana. Salah satunya adalah Suzuki Ertiga. Mobil MPV 7-penumpang ini selalu berhasil masuk dalam 5 besar mobil terlaris di sana.

Loading...

Maka dari itu pabrikan mobil asal Jepang itu menghadirkan generasi terbaru Ertiga di sana. Memang kehadiran mobil baru ini terbilang telat. Sebab All New Ertiga sudah hadir di Indonesia pada awal tahun ini, tepatnya pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Maruti Suzuki yang menjadi agen pemegang merek Suzuki di India menghadirkan Maruti Ertiga terbaru pada 21 November. Konsumen yang ingin memiliki mobil keluarga ini juga sudah bisa melakukan pemesanan.

Suzuki Ertiga generasi terbaru hadir dalam empat pilihan varian. Harga mobil Suzuki terbaru ini mulai dari 7,4 lakh rupee atau sekitar Rp 152 jutaan sampai dengan 10,9 rupee atau 223 jutaan.

Suzuki Ertiga terbaru versi India tampak mirip dengan yang dijual di Indonesia. Mobil Suzuki ini juga menggunakan platform baru Heartect dengan dimensi yang lebih bear dari pendahulunya. Jika dilihat lebih jauh, rupanya Suzuki Ertiga 2019 India punya banyak perbedaan dari versi Indonesia. Berikut akan dibahas apa saja perbedaan tersebut.

Pilihan Mesin Diesel

Maruti Ertiga terbaru mempunyai dua versi mesin, yakni bensin dan diesel. Untuk versi mesin bensin memakai K15B terbaru, sama seperti yang dijual di Indonesia. Akan tetapi Suzuki menambahkan teknologi smart hybrid yang menjadi kebanggaan Suzuki.

Menurut informasi dari laman Oto, sistem hybrid tersebut dibekali dua baterai untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Dibandingkan mesin K14B lama, mesin baru dengan dukungan mild hybrid mempunyai tenaga lebih besar 13% dan torsi yang bertambah 6%.

Baca juga: 4 Fitur yang Absen di Suzuki Ertiga Terbaru

Sedangkan untuk mesin bensin memakai dapur pacu D13A lama yang juga didukung sistem smart hybrid. Mesin ini hanya berkapasitas 1,3 liter, dengan output daya sebesar 90 PS dengan torsi 200 Nm.

Khusus untuk dapur pacu diesel Suzuki hanya menawarkannya dalam pilihan transmisi manual saja. Untuk pilihan transmisi matic hanya tersedia pada varian bensin. Jika dijual di pasar Indonesia, kemungkinan akan mengusung mesin diesel serupa dengan versi India. Akan tetapi beredar kabar bahwa mesin diesel terbaru berkapasitas 1,5 liter sedang dikembangkan dan akan dijual tahun depan.

Head unit Lebih Besar

Suzuki Ertiga terbaru memakai head unit monitor layar sentuh berukuran 7 inci. Sedikit lebih besar dari Ertiga Indonesia yang berukuran 6,8 inci. Tidak hanya itu, fungsi fitur ini juga lengkap. Sebab Maruti menyematkan Apple CarPlay dan Android Auto.

Auto Climate Control

Suzuki Ertiga terbaru mempunyai dasbor yang tampak modern sebab adanya pengaturan penyejuk udara yang telah memakai tombol dan panel digital. Tidak hanya itu, Ertiga terbaru juga mempunyai fitur automatic climate control yang memudahkan pengaturan suhu di dalam kabin. Berbeda dengan Ertiga Indonesia yang masih memakai kenop putar tanpa climate control.

Height Adjustable Seatbelt dan 2nd Row Arm rest

Pengaturan ketinggian seatbelt juga terdapat pada Ertiga terbaru di India. Begitu juga dengan arm rest di kursi baris kedua. Dengan begitu pengemudi bisa mengatur posisi duduk dengan mudah. Selain itu adanya arm rest di baris kedua juga akan berguna untuk menopang lengan supaya duduk lebih nyaman.

Sayangnya kedua fitur ini tidak terdapat pada Suzuki Ertiga terbaru. Padahal pada generasi sebelumnya dua fitur ini disematkan.

Kursi Baris Ketiga Fleksibel

Suzuki Ertiga terbaru versi India mempunyai pengaturan kursi baris yang lebih banyak. Selain bisa merebahkan sandaran, poisinya juga dapat diatur maju-mundur. Dengan begitu penumpang bisa mendapatkan ruang kaki yang diinginkan.

Panel Instrumen

Maruti juga menyematkan speedometer dan Multi Information Display (MID) yang terlihat lebih canggih dari versi Indonesia. Tampilannya terlihat menarik dengan pendaran cahaya biru ang menandakan teknologi ramah lingkungan.

MID Suzuki Ertiga berupa layar TFT berukuran 4,2 inci dengan informasi tambahan. Contohnya adanya indikator pintu terbuka, kondisi baterai, tenaga, torsi, suhu luar dan juga penunjuk waktu.

Dengan perbedaan tersebut, wajar jika kita bertanya-tanya akankah Suzuki Indomobil Sales (SIS) nantinya akan menghadirkan varian dengan fitur yang lebih lengkap di Indonesia. Bisa jadi nantinya SIS akan menghadirkan Suzuki Ertiga varian baru di Indonesia dengan fitur yang lebih lengkap. Kita tunggu saja informasi selanjutnya dari SIS.

Loading...