Home Honda Suzuki GSX-R150 dan Honda CBR150R Punya Fitur ABS, Suka Mana?

Suzuki GSX-R150 dan Honda CBR150R Punya Fitur ABS, Suka Mana?

Suzuki GSX-R150, Persaingan motor sport belakangan ini semakin panas. Terlebih setelah Suzuki menghadirkan GSX 150 Series di Tanah Air. Semenjak hadir Suzuki tampak memberikan perhatian khusus pada motor sport andalannya, terutama Suzuki GSX-R150.

Wajar saja, sebab motor baru Suzuki itu masuk dalam segmen yang terbilang ramai peminat. Segmen motor sport full fairing diramaikan oleh beberapa pilihan. Seperti Honda CBR150R dan Yamaha R15. Maka dari itu untuk menggoyahkan eksistensi kedua rival berat tersebut Suzuki perlu upaya ekstra. Seperti menghadirkan tawaran spesifikasi yang lebih menggoda.

Salah satunya diwujudkan dengan menghadirkan fitur ABS (Anti-lock Brake System). Pada Oktober kemarin PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Suzuki GSX-R150 ABS di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018.

Motor ini bukan satu-satunya motor sport 150 cc yang mempunyai fitur ABS. Sebelumnya ada Honda CBR150R yang sudah dibekali fitur tersebut. Lalu mana yang lebih menarik dari kedua motor ini?

Jika melihat desainnya, baik Honda CBR150R maupun Suzuki GSX-R150 mempunyai tampilan yang berbeda. CBR150R mempunyai garis-garis tajam dan meruncing. Sedangkan GSX-R150 didesain dengan lekukan bodi yang halus.

Walaupun sama-sama dibekali dengan lampu utama LED, Hoda CBR150R Facelift mempunyai satu pasang headlight. Lain halnya dengan Suzuki GSX-R150 yang hanya mempunyai satu headlight. Sedangkan untuk speedometer keduanya sudah memakai model full digital.

 

Untuk urusan fitur, Honda CBR150R terbilang sedikit lebih unggul. Sebab motor Honda ini sudah dilengkapi dengan fitur Emergency Stop Signal (ESS). Fitur baru ini berfungsi untuk meminimalisir risiko kecelakaan saat pengguna meakukan pengereman mendadak. Ketika itu terjadi sistem ABS akan aktif dan meghantarkan sinyal kepada ESS. Dengan begitu lampu hazard akan hidup secara otomatis.

Baca juga: Yamaha R15 Terbaru vs CBR150R dan GSX-R150

Honda CBR150R boleh unggul dalam hal fitur keselamatan. Akan tetapi untuk urusan performa Suzuki GSX-R150 menjadi yang lebih unggul. Pasalnya mesin 1-silinder DOHC berkapasitas 147,3 cc water cooled yang dibenamkan pada motor ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 19 hp. Sementara torsi puncaknya bisa menembus angka 14 Nm.

Di sisi lain Honda CBR150R mengandalkan mesin 1-silinder berkapasitas 150 cc DOHC liquid cooled dengan transmisi 6-percepatan. Motor berlogo sayap mengepak ini hanya mempunyai tenaga maksimum 16,8 hp dengan torsi maksimum14,4 Nm.

Suzuki GSX-R150 ABS juga mempunyai varian dengan fitur keyless alias tanpa anak kunci. Fitur tersebut bisa meningkatkan keamanan motor saat diletakkan di tempat parkir.

Tidak hanya itu saja, harga Suzuki GSX-R150 juga lebih terjangkau dibanding rivalnya. Menurut situs resmi Suzuki Indonesia varian ABS motor sport Suzuki ini dijual Rp 33,15 juta. Sedangkan untuk tipe keyless dipatok Rp 30,15 juta dan shuterred-key dibanderol Rp 29,15 juta. Semua harga berstatus on the road (OTR) Jabodetabek.

Sementara itu harga Honda CBR150R menurut situs resminya mencapai Rp 33,03 juta untuk varian standar non-ABS. Sedangkan harga Honda CBR150R ABS mencapai Rp 37,8 juta. Ada juga warna honda Racing Red yang dibanderol Rp 34,5 juta untuk varian non-ABS dan Rp 38,5 juta untuk tipe ABS. Lalu harga jual model livery tim Repsol Honda dipatok di angka Rp34,7 juta untuk versi standar dan Rp38,7 juta pada varian ABS (OTR Jakarta).

Suzuki mempunyai strategi yang menarik dengan menawarkan motor sport full fairing yang terjangkau di kelasnya dan juga mempunyai beberapa fitur unggulan. Hal ini bisa membuat Suzuki GSX-R150 dilirik oleh konsumen.

Sementara itu Honda CBR150R menawarkan desain yang khas dan menarik, dengan dukungan fitur ESS yang membuat keselamatan berkendara menjadi lebih baik. Akan tetapi untuk urusan mana yang terbaik kembali ke tangan konsumen.

Bila suka dengan motor sport yang mempunyai desain tegas dan juga fitur keselamatan yang sedikit lebih unggul, maka Honda CBR150R bisa menjadi pertimbangan. Sedangkan jika ingin mendapatkan motor sport dengan harga terjangkau, punya fitur keyless dan memiliki performa lebih unggul, maka GSX-R150 bisa masuk dalam daftar rekomendasi.

Apapun keputusan Anda, pastikan motor yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Sebab kebutuhan setiap konsumen tentunya tidak sama. Di samping itu jika berminat membeli motor sport fairing 150 cc bisa mempertimbangkan sisi plus dan minus masing-masing motor. Atau juga bisa bertanya kepada komunitas masing-masing motor sehingga Anda mendapat gambaran yang lebih jelas.

Bagaimana, tertarik dengan Suzuki GSX-R150 atau Honda CBR150R? Jangan sungkan untuk menyampaikan pendapat Anda.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply