Daihatsu Xenia 2019 Pertahankan Keunggulan dari Model Lama

Loading...

Daihatsu Xenia 2019, Kehadiran Mitsubishi Xpander membuat pasar MPV bergejolak. Pasalnya mobil ini berhasil menjadi primadona baru bagi para penggemar mobil keluarga berkapasitas 7 penumpang. Tidak hanya itu, banyak orang yang menanti-nanti kehadiran generasi terbaru Avanza dan juga Xenia yang menjadi salah satu pemain kunci di segmen low MPV.

Loading...

Soal Daihatsu Xenia terbaru, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tidak sungkan untuk membocorkan gambarannya. Salah satu mobil andalan Daihatsu ini dipastikan tetap mempertahankan penggerak roda belakang.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM di tengah acara Terios 7 Wonder yang berlangsung di Maluku beberapa waktu lalu. Ia mengatakan penggerak roda belakang merupakan salah satu keunggulan dari Daihatsu Xenia saat ini.

“Daihatsu Xenia terkenal irit (BBM), kuat untuk tanjakan dan meski jalan berlubang stabilitasnya masih ada. Selain itu juga masih berpenggerak roda belakang dan tetap nyaman untuk digunakan oleh tujuh penumpang,” ujarnya, mengutip dari laman Otospirit.

Perlu diketahui, pemain lain di segmen LMPV memang kebanyakan memakai penggerak roda depan. Hanya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Wuling Confero saja yang sejauh ini memakai penggerak roda belakang.

Baca juga: Daihatsu Xenia Terbaru Segera Meluncur?

Pemilihan sistem penggerak roda ini tentu bukan tanpa alasan. Salah satu keunggulan penggerak roda belakang adalah bisa menanjak lebih kuat dan diklaim dapat menampung bobot yang lebih besar daripada penggerak roda depan.

Akan tetapi bukan berarti penggerak roda depan tidak mempunyai kelebihan dibanding penggerak roda belakang. Penggerak roda depan unggul dalam hal stabilitas pengendalian. Selain itu juga menawarkan kenyamanan berkendara yang baik, khususnya di perkotaan.

Selain penggerak roda belakang, mesin yang bertenaga, irit bahan bakar dan dapat dipkai untuk berbagai kondisi jalan on road juga akan tetap dipertahankan pada Daihatsu Xenia terbaru nanti. Mobil ini juga tetap mengandalkan konfigurasi tempat duduk dengan daya tampung 7 penumpang.

Daihatsu Xenia hadir di Tanah Air sejak 2003 silam. Sementara generasi keduanya hadir pada tahun 2011. Mobil MPV ini menjadi salah satu andalan ADM di pasar roda empat Indonesia.

Sepanjang Januari-Oktober 2018 kemarin penjualan Daihatsu Xenia mencapai 25.728 unit. Angka penjualan ini berada di bawah Daihatsu Sigra yang berhasil mencatat penjualan sebesar 39.530 unit pada periode yang sama.

Sementara itu, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CS Division Head PT Astra International Tbk, Daihatsu Sales Operation (DSO) menampik anggapan masyrakat mulai bosan dengan Daihatsu Xenia. Ia berpendapat harga yang lebih terjangkau menjadi alasan utama mengapa Daihtasu Sigra lebih laris di pasaran daripada Daihatsu Xenia.

“Itu masalah keterjangkauan harga saja. Saat ini adalah LCGC MPV yang harganya lebih terjangkau maka orang jadi lebih memilih model tersebut,” ungkapnya.

Belum diketahui pasti kapan mobil Daihatsu terbaru itu akan hadir di Indoneisa. Akan tetapi diprediksi Daihatsu Xenia terbaru akan hadir pada awal 2019 mendatang.

Loading...