Home Honda 5 Pilihan Motor Matic Rp 20 Jutaan Tahun 2018

5 Pilihan Motor Matic Rp 20 Jutaan Tahun 2018

Motor Matic, Seperti yang kita ketahui, motor matic masih mendominasi pasar roda dua Tanah Air. Peminat skuter matik masih tergolong tinggi. Tentu saja hal ini juga tidak terlepas dari keunggulan motor matic yang mudah dikendarai dibanding jenis motor lainnya. Tingginya penjualan skutik membuat banyak sekali model yang hadir di pasaran.

Mulai dari yang termurah hingga termahal. Jika ingin membeli motor matic selain kelas entry level, motor matic harga Rp 20 jutaan bisa menjadi pilihan alternatif. Saat ini ada beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan. Dengan tawaran fitur yang tentu saja menarik perhatian.

Setidaknya ada 5 motor matic yang dijual Rp 20 jutaan dan mendekati angka tersebut. Mari kita simak daftar rekomendasinya satu per satu.

Yamaha FreeGo

Motor Yamaha ini menjadi salah satu rekomendasi yang menarik. Selain baru saja dirilis beberapa waktu lalu di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, Yamaha FreeGo menawarkan fitur yang terbilang melimpah. Padahal skutik ini sendiri tidak masuk dalam keluarga Yamaha MAXI.

Salah satu keunggulan motor matic Yamaha ini adalah bagasi di bawah jok yang berkapasitas luas, yakni 25 liter. Bahkan bagasi ini lebih besar dari milik NMAX. Keunggulan ini diperoleh berkat tangki bahan bakar yang berpindah posisi ke lantai deck.

Dengan begitu pengendara bisa membuka tutup tangki tanpa perlu turun dari motor. Sebab posisinya berada di depan. Yamaha FreeGo juga dibekali dengan power socket untuk mengisi daya smartphone.

Melirik dapur pacunya, motor ini dibekali dengan mesin 125 cc dengan dukungan teknologi BlueCore dan Smart Motor Generator. Dengan mesin itu FreeGo bisa menghasilkan tenaga sebesar 9,5 P pada 8.000 rpm dengan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Yamaha FreeGo dijual dalam tiga varian. Untuk varian tertinggi, FreeGo S, dibekali dengan tambahan fitur Anti-lock Braking System (ABS). Dengan begitu performa pengereman dan pengendalian menjadi lebih baik sehingga bisa mencegah terjadinya insiden. Harga Yamaha FreeGo berkisar Rp 18,5 juta sampai Rp 22,5 juta. Untuk varian FreeGo S yang dilengkapi ABS dipatok Rp 22,5 juta.

Yamaha Lexi

Selain FreeGo, Yamaha Lexi bisa menjadi pertimbangan selanjutnya. Diposisikan sebagai kakak FreeGo, Lexi masuk dalam keluarga Yamaha MAXI, bersama dengan NMAX, Xmax dan TMax. Yamaha Lexi mempunyai desain yang cukup bongsor dan mewah.

Mesin yang dipakai juga serupa, yakni berkapasitas 125 cc. Akan tetapi Yamaha menambahkan teknologi VVA pada motor matic ini. Alhasil motor Yamaha ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 11,9 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 11,3 Nm.

Baca juga: Motor Matic dengan Fitur Keyless Beserta Harga

Hadirnya teknologi VVA membuat kontrol keluaran tenaga menjadi stabil. Di samping itu performanya juga didukung sistem pendingin cairan yang bertugas menjaga suhu mesin stabil. Untuk efisiensi bahan bakar didukung oleh hadirnya fitur start & stop system (SSS) yang memungkinkan mesin motor mati secara otomatis saat motor berhenti.

Yamaha Lexi mempunyai fitur yang cukup lengkap. Selain yang disebutkan di atas, juga ada soket power di depan. Juga ada smart key yang tersedia pada varian tertinggi. Yamaha juga menyematkan suspensi model tabung di belakang untuk memaksimalkan pengendalian dan kenyamanannya.

Sementara untuk kepraktisan dan kenyamanan Yamaha Lexi S yang menjadi varian tertinggi dilengkapi dengan smart key system. Varian ini dilengkapi dengan fitur immobilizer dan answer back system yang memudahkan pengendara untuk mencari posisi motor di tempat parkir.

Hanya saja motor ini belum mempunyai fitur ABS seperti pada Yamaha FreeGo. Harga Yamaha Lexi mulai dari Rp 20,15 juta sampai Rp 23 juta.

Honda Vario 125

Honda Vario 125 masuk dalam daftar rekomendasi selanjutnya. Motor Honda ini dibagi dalam dua tipe, yakni CBS dan CBS-ISS. Fitur Combi Brake System (CBS) memungkinkan pengendara melakukan pengereman pada kedua ban melalui satu tuas saja. Sedangkan untuk fitur Idling Stop System (ISS) bisa membuat mesin motor mati ketika kendaraan berhenti sesaat.

Untuk urusan performa motor matic Honda ini dibekali dengan mesin berkapasitas 125 cc. Tenaga maksimum jantung pacu itu 11,1 PS pada 8.500 rpm dengan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi ACG starter sehingga suaranya lebih halus.

Tawaran lain dari Honda Vario 125 adalah bagasi jok berkapasitas 18 liter. Sehingga pengguna bisa menyimpan satu helm dan beberapa perlengkapan berkendara. Hanya saja motor ini belum dibekali dengan fitur keyless. Akan tetapi terdapat alarm untuk mencegah motor dicuri. Harga Honda Vario 125 mulai Rp 19,2 juta sampai dengan Rp 20 juta.

Honda Vario 150

Motor matic ini merupakan kakak dari Vario 125. Tak heran bila tampilannya sangat mirip. Bahkan fiturnya juga tidak jauh berbeda. Meski begitu Honda menyematkan sistem keyless untuk menghidupkan dan mematikan mesin tanpa anak kunci. Selain itu juga terdapat fitur alarm pada Vario 150.

Honda Vario 150 ditawarkan dalam satu varian dengan empat pilihan warna yang elegan. Sementara untuk dapur pacunya memakai mesin berkapasitas 150 cc. mesin ini sanggup menghembuskan daya 13,1 PS pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum 13,4 Nm pada 5.000 rpm. Harga Honda Vario 150 mencapai Rp 22,6 juta.

Honda Scoopy

Jika suka dengan motor bergaya retro, Honda Scoopy bisa menjadi pilihan yang tepat. Motor ini sudah dikenal sejak lama mempunyai tampilan layaknya motor retro. Motor ini ditawarkan dalam tujuh varian.

Fitur yang disematkan tergolong modern. Seperti hadirnya bagasi jok berkapasitas 15,4 liter, power socket di dalam kotak konsol yang bisa dipakai untuk mengisi daya gadget, ISS, CBS, alrm hingga answer back system.

Melirik dapur pacunya, Honda Scoopy mengandalkan mesin berkapasitas 110 cc. Terbilang kecil dibanding motor-motor di atas. Meski begitu tetap cukup untuk dipakai menunjang kegiatan harian. Output dayanya 9,1 PS pada 7.500 rpm dengan torsi 9,4 Nm pada 6.000 rpm. Mesin ini juga terbilang hemat bahan bakar. Harga Honda Scoopy mencapai Rp 18,3 juta.

Itulah pilihan motor matic harga Rp 18-20 jutaan yang bisa Anda pertimbangkan. Perlu dicatat, harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Di samping itu harga motor juga bisa berbeda-beda di setiap dealer di masing-masing daerah.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply