Home Honda Kawasaki Ninja 250SL vs Honda CBR150R ABS, Beda Kelas Harga Mirip

Kawasaki Ninja 250SL vs Honda CBR150R ABS, Beda Kelas Harga Mirip

Kawasaki Ninja 250SL, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja menghadirkan Ninja 250SL dengan sentuhan pembaruan pada grafis dan warna. Akan tetapi bukan itu yang menjadi daya tarik utamanya. Kawasaki Ninja 250SL ini dibanderol dengan harga yang murah, yakni Rp 36,8 juta. Dengan banderol tersebut motor Kawasaki ini menjadi model termurah dari jajaran Kawasaki Ninja series.

Uniknya harga Kawasaki Ninja 250SL ini lebih murah dari Honda CBR150R ABS. untuk diketahui, menurut situs resmi PT Astra Honda Motor harga motor Honda iutu mencapai Rp 37,8 juta sampai Rp 38,7 juta.

Lantas bagaimana jika dua motor sport full fairing ini diadu? Mana yang lebih menarik untuk dipilih? Berikut komparasi Kawasaki Ninja 250SL dan Honda CBR150R ABS.

Performa

Melihat performanya, tentu saja Kawasaki Ninja 250SL yang menjadi jawaranya. Motor ini memakai mesin 1 silinder DOHC berkapasitas 249 cc liquid-cooled. Tenaga puncaknya mencapai 27,6 hp dengan torsi sebesar 22,6 Nm.

Di sisi lain Honda CBR150R memakai mesin 1 silinder DOHC yang mempunyai kapasitas sebesar 149,16 cc dengan liquid cooled. Tenaga dapur pacu ini hanya 16,8 hp dengan torsi puncak 14,4 Nm.

Harga

Seperti yang sudah disinggung di atas, harga kedua motor sport ini berbeda. Harga Kawasaki Ninja 250SL mencapai Rp 36,8 juta. Lebih rendah dari Honda CBR150R ABS tipe paling bawah yang mencapai Rp 37,8 juta. Jika mempertimbangkan soal performa, maka Kawasaki Ninja 250SL bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fitur

Jika urusan performa kalah, lain halnya dengan fitur. Honda CBR150R mempunyai fitur yang lebih banyak dibandingkan Ninja 250SL. Pasalnya motor ini sudah dibekali dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Tidak hanya itu saja, motor sport Honda ini juga dibekali dengan full-LED lighting yang membuat pencahayaan lebih terang, minim daya dan membuat tampilan motor lebih modern. Sementara itu Kawasaki Ninja 250SL masih memakai lampu bohlam.

Baca juga: Kawasaki Ninja 250SL Terbaru Hadir, Harga Setara Sport 150cc!

Pajak

Pajak bisa jadi salah satu komponen yang dipertimbangkan pembeli sebelum membeli motor. Banyak yang beranggapan bahwa semakin besar kapasitas mesin motor maka yang harus dibayarkan juga semakin besar.

Pernyataan itu memang ada benarnya, hanya saja kondisi tersebut tidak berlaku untuk motor dengan kapasitas mesin 250 cc ke bawah. Menariknya Kawasaki Ninja 250SL terbaru yang baru saja hadir di Indonesia mempunyai pajak yang lebih rendah dibanding Honda CBR150R ABS.

Penjelasannya ada pada Undang-Undang No. 28 tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah pasal 6 ayat 1. Disebutkan bahwa pajak kendaraan bermotor adalah 1% atau paling tinggi 2% dari harga kendaraan.

Jika yang diterapkan adalah sebesar 2%, maka pajak Kawasaki Ninja 250SL mencapai Rp 736.000. Sementara pajak Honda CBR150R ABS sedikit lebih tinggi, yakni Rp 756.000. Perkiraan tersebut belum termasuk berbagai biaya lainnya atau justru bisa lebih rendah jika menjadi patokan adalah harga off-the-road.

Spareparts atau Suku Cadang

Faktor lain yang biasa dipertimbangkan sebelum memutuskan pilihan adalah memperhitungkan biaya servis, oli dan suku cadang. Lantaran mempunyai mesin dengan kapasitas yang lebih besar, maka beberapa suku cadang Kawasaki Ninja 250SL menjadi lebih tinggi. Misalnya harga gear set (rantai+ gear depan+ gear belakang) Kawasaki Ninja 250 SL mencapai Rp 900 ribuan, sedangkan untuk Honda CBR150R hanya Rp 300 ribuan.

Akan tetapi beberapa komponen Honda CBR150R ABS juga lebih mahal dari Ninja 250SL. Contohnya adalah reflektor lampu utama yang mencapai Rp 2 jutaan karena sudah memakai LED. Sedangkan lampu utama Kawasaki Ninja 250SL harganya tidak sampai Rp 1,5 juta.

Kesimpulan

Kawasaki Ninja 250SL mempunyai keunggulan di sektor performa dan pajak yang lebih rendah. Sehingga motor ini dapat dijadikan alternatif bagi calon konsumen yang ingin membeli motor Kawasaki namun belum mempunyai cukup dana untuk membeli Ninja 250.

Sementara itu Honda CBR150R unggul lewat fitur yang lebih kekinian seperti hadirnya ABS dan lampu LED di semua sistem pencahayaan. Beberapa harga suku cadang motor Honda ini juga lebih terjangkau. Motor ini cocok untuk konsumen yang mengutamakan ketersediaan fitur dan mengabaikan performa motor.

Source: ninja 250sl vs cbr 150, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply