Home Daihatsu Daihatsu Xenia vs Honda Mobilio, Komparasi MPV Rp 200 Jutan

Daihatsu Xenia vs Honda Mobilio, Komparasi MPV Rp 200 Jutan

0 61

Daihatsu Xenia, Hingga saat ini eksistensi mobil keluarga alias Multi Purpose Vehicle (MPV) masih belum tergantikan. Mobil ini tetap mendominasi penjualan meski ada banyak jenis mobil lain yang juga tak kalah menarik.

Salah satu kuncinya adalah kabin yang lapang dan harga jual yang terbilang terjangkau. Berbicara soal harga, masyarakat Indonesia kebanyakan memperhatikan banderol suatu model sebelum memutuskan pilihan mobil baru mana yang akan dipilih.

Di sisi lain saat ini banyak mobil baru yang dijual dengan harga kompetitif. Sehingga membuat calon konsumen sedikit kebingungan saat akan memutuskan pilihan. Akan tetapi jika Anda punya dana Rp 20 jutaan dan berniat untuk membeli Low MPV, pilihannya ada Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio.

Untuk diketahui, menurut situs resmi PT Honda Prospect Motor (HPM) Honda Mobilio S dijual dengan harga Rp 193 juta. Sementara harga Daihatsu Xenia menurut situs resi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dijual Rp 194,25 juta untuk varian X AT 1.3 STD. Mana yang lebih menarik, apakah Xenia atau Mobilio? Berikut perbandingan kedua mobil keluarga ini.

Honda Mobilio S adalah varian terendah dari Mobilio. Meski begitu mobil ini mempunyai beberapa fitur menarik di dalamnya. Seperti AC digital, ABS+EBD, engine immobilizer dan kamera belakang. Menariknya fitur-fitur yang disebutkan itu tidak terdapat pada Daihatsu Xenia X AT 1.3 STD. Padahal mobil Daihatsu ini sedikit lebih mahal.

Di sisi lain Xenia X AT 1.3 STD menawarkan beberapa fitur. Seperti kaca spion elektrik, keyless entry, VCD player dan alarm built-in. Tidak hanya itu, juga terdapat lampu kabut di bagian depan. Sedangkan di belakang ada sensor parkir.

Berbicara soal efisiensi dan performa, Honda Mobilio S bisa dikatakan lebih unggul. Mobil Honda ini memakai mesin i-VTEC SOHC berkapasitas 1,5 liter. Output dayanya mencapai 116 hp dengan torsi 145 Nm.

Baca juga: Diskon Mobil MPV Jelang Akhir Tahun 2018

Sementara itu Daihatsu Xenia X AT 1.3 STD mengandalkan jantung pacu DOHC berkapasitas 1,3 liter. Tenaga puncak mesin ini menapai 96 hp dengan torsi 121 Nm.

Tidak hanya performanya saja yang unggul, kabin Honda Mobilio S juga lebih lapang. Melihat dimensinya, mobil MPV ini memiliki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm dan tinggi mencapai 1.603 mm. sementara dimensi panjang Xenia mencapai 4.140 mm, dengan lebar 1.660 mm dan tinggi mencapai 1.695 mm.

Baca juga: Uji Tabrak Mobil MPV, Mana yang Unggul?

Walaupun untuk urusan kabin lebih kecil dari Mobilio S, Daihatsu Xenia X AT 1.3 STD menawarkan kenyamanan yang baik untuk menerabas kemacetan di tengah perkotaan. Sebab mobil ini sudah menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan. Berbeda dengan Honda Mobilio S yang masih mengandalkan transmisi manual 5-percepatan untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda.

Bagaimana, sudah menentukan pilihan mana yang terbaik menurut Anda? Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi situs resmi masing-masing merek atau mengunjungi dealer resmi terdekat.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply