Home Auto News Produksi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Berhenti, Ada Model Baru?

Produksi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Berhenti, Ada Model Baru?

Toyota Avanza, Kabar baru datang dari salah satu pabrikan mobil ternama di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Menurut informasi PT ADM telah menghentikan produksi Avanza dan Xenia. Padahal keduanya masih dipasarkan di Indonesia.

Penghentian produksi ini dilakukan karena stok kedua mobil MPV tersebut sudah cukup hingga akhir tahun ini. Tidak hanya itu, PT ADM juga menyiapkan model terbaru dari Avanza dan Xenia. Informasi ini disampaikan oleh seorang sumber internal perusahaan yang dikutip KompasOtomotif.

“Produksi sudah dihentikan, sudah persiapan untuk model baru. Tadinya mau meluncur Desember ini, tetapi batal. Geser menjadi Januari kalau tidak ada perubahan,” ujarnya.

Dikatakan bahwa penghentian produksi ini juga sejalan dengan periode overhaul tahunan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 219. Untuk diketahui, mobil Toyota dan Daihatsu itu saat ini diproduksi di pabrik Daihatsu yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat.

Informasi ini juga dikonfirmasi kepada Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM. Hanya saja dirina belum bersedia berkomentar seputar kehadiran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru. Ia hanya mengatakan untuk saat ini belum bisa diinformasikan dulu.

“Untuk ini saya belum bisa berkomentar dulu,” ungkapnya.

Sampai saat ini belum ada bocoran mengenai tampilan baru Avanza dan Xenia. Akan tetapi menurut sumber lain dijelaskan bahwa Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru nantinya bersifat facelift, namun statusnya major change.

Dengan kata lain akan ada ubahan signifikan pada desain kedua mobil MPV Toyota dan Daihatsu ini. Hanya saja untuk sasis, sistem penggerak roda belakang dan power train tidak mengalami perubahan.

Kabarnya Daihatsu Xenia terbaru akan mengaspal pada awal 2019 mendatang. Persiapan juga sudah mulai dilakukan. Seperti mulainya penghentian produksi versi lama karena akan dipakai untuk merakit Daihatsu Xenia terbaru.

Baca juga: Prediksi Wajah Toyota Avanza Terbaru

Mengenai sisi interiornya, diungkapkan bahwa Avanza dan Xenia akan mempunyai kabin yang mirip dengan Terios dan Rush. “Interiornya bakal banyak mirip dengan Terios-Rush, jadi sudah lebih modern nantinya. Tampilan paling beda bakal terasa di varian tertinggi (Veloz) dan (Xenia tipe R),” jelasnya.

Seperti yang biasa dilakukan Toyota dan Daihatsu, prosesi peluncuran dua mobil terbaru itu akan dilakukan pada hari yang sama. Hanya saja jam peluncurannya saja yang berbeda. PT Toyota Astra Motor (TAM) akan menjadi yang pertama menghadirkan Avanza terbaru. Lalu disusul oleh PT ADM beberapa jam kemudian.

Untuk tambahan informasi, Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza merupakan produk hasil kolaborasi dari kedua pabrikan mobil asal Jepan gini. Dua mobil kembar ini sudah mengaspal cukup lama di Indonesia. Tepatnya sejak tahun 2003 silam.

Kehadiran kedua mobil ini langsung membuatnya terkenal hingga ke seluruh penjuru Tanah Air. Tidak hanya itu, keduanya sukses membuat MPV menjadi primadona banyak orang. Bahkan bertahun-tahun Toyota Avanza berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Hanya saja kehadiran mobil MPV baru belakangan ini sedikit mengusik dominasi Avanza. Terlebih hadirnya Mitsubishi Xpander yang mengusung konsep lain dari yang lain. Alhasil penjualan Avanza dan Xenia menjadi terganggu, terutama sepanjang 2018 ini.

Maka dari itu langkah untuk segera menghadirkan pembaruan pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bisa menjadi keputusan tepat untuk mengamankan pangsa kedua mobil ini. Hanya saja belum ada bocoran lebih dalam seputar keduanya. Termasuk pertanyaan menarik apakah kedua mobil ini akan mengikuti langkah Xpander untuk menghadirkan sentuhan desain SUV yang gagah dalam format low MPV.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply