Home Auto News Detail Spesifikasi Mazda3 2019, Lebih Canggih!

Detail Spesifikasi Mazda3 2019, Lebih Canggih!

Mazda3, Mazda telah menghadirkan pembaruan untuk salah satu mobil andalannya, Mazda3. Mobil baru ini mendapat sentuhan revisi yang tergolong signifikan. Yang paling jelas terlihat adalah tampilannya yang baru.

Selain itu Mazda3 terbaru juga mempunyai fitur yang lebih lengkap dan performa yang lebih baik dari sebelumnya. Menariknya lagi Mazda3 terbaru ini sekaligus menjadi debut mesin fenomenal Skyactiv-X buatan Mazda.

Mazda3 hadir dalam dua format, yakni sedan dan hatchback. Keduanya mengusung bahasa desain Kodo generasi terbaru. Mazda juga memberikan detail dari Kai Concept yang pernah dipamerkan pada 2017 kemarin.

Di bagian depan Mazda3 hatchback dan sedan terlihat sangat mirip. Bagian wajah dihiasi dengan grille besar dengan pola sulaman yang berbeda antara sedan dan hatchback. Akan tetapi layout keseluruhan tetap sama. Lampu sipit mengapit grille dengan logo Mazda mengambang di bagian tengah. Bagian wajah terlihat bersih, minimalis dan tetap mempertahankan karakter dinamis.

Melirik bagian samping, terdapat lekukan desain yang terlihat terinspirasi dari Vision Coupe. Di bagian pilar C baru terlihat perbedaan Mazda3 sedan dan hatchback. Lalu di bagian buritan, untuk model hatchback dibuat lebih minim sudut dan ada sayap kecil di bagian atas. Keduanya sudah dilengkapi dengan dua knalpot yang membuatnya terlihat sporty.

Sisi interior Mazda3 menghadirkan filosofi ‘less is more’ yang menjadi bagian dari desain khas Mazda Kodo generasi kedua. Dengan filosofi ini Mazda3 menawarkan kabin yang lebih minimalis namun tetap memberikan yang terbaik. Bagian dasbor tampak bersih dengan layar infotainment berukuran 8,8 inci yang tampak menonjol di bagian tengah.

Selain itu juga terdapat tombol-tombol pengaturan AC yang dibuat terpisah dari layar infotainment tersebut. Posisinya segaris dengan ventilasi AC bagian penumpang depan. Untuk konsol tengah dimanfaatkan sebagai kontrol infotainment, tuas transmisi, tombol mode berkendara dan arm rest besar.

Baca juga: Mazda CX-9 Terbaru Hadir di Indonesia, Apa yang Berubah?

Di bagian pengemudi terdapat ventilasi yang diletakkan di kedua sisi panel instrumen. Pilar A dibuat lebih kecil untuk mengurangi blind spot serta meningkatkan visibilitas.

Posisi tuas transmisi Mazda3 dibuat lebih tinggi dan dekat dengan pengemudi. Tujuannya supaya akses antara lingkar kemudi dan tuas transmisi bisa lebih cepat. Hal tersebut akan terasa signifikan saat memilih Mazda3 versi transmisi manual.

Selain pilihan transmisi otomatis 6-percepatan Mazda3 terbaru menawarkan transmisi manual 6-percepatan. Walaupun tidak disebutkan tipe apa saja yang mendapat varian transmisi manual.

Mazda3 sendiri ditawarkan dalam empat pilihan mesin. Skyactiv-G 1.5, 2.0 dan 2.5 liter yang sudah disetel ulang dari generasi sebelumnya. Ada juga pilihan Skyactiv-D 1.8 dan Skyactiv-X. Akan tetapi Mazda belum memaparkan berapa output daya dan torsi mesin mobil terbaru Mazda ini.

Terlepas dari hal tersebut, Mazda3 terbaru mempunyai sistem gerak empat roda AWD. Kombinasi dengan G-Vectoring Control Plus yang sebelumnya sudah hadir pada Mazda CX-5 terbaru.

Mazda3 terbaru dirancang dengan memakai rangka Skyactiv-Vehicle Architecture. Rangka ini diklaim memberikan rasa berkendara alami layaknya berjalan dengan memakai kedua kaki. Bisa dikatakan bahwa tawaran ini lebih canggih dari filosofi Jinbaittai sebelumnya. Tidak hanya rigid, rangka mobil ini didukung suspensi McPherson strut di depan dan torsion beam di belakang yang menggantikan multi-link pada model sebelumnya.

Dengan rangka baru ini dimensi mobil juga disesuaikan. Mazda3 terbaru versi hatchback sedikit lebih pendek dan rendah, namun lebih lebar. Lain halnya dengan versi sedan yang lebih panjang, lebar dan tinggi. Kedua varian Mazda3 terbaru ini mempunyai jarak sumbu roda 2.725 mm, lebih panjang 25 mm dari model lama.

Masih ada tawaran menarik lainnya dari mobil ini. Mazda3 terbaru dilengkapi bantuan pengemudian canggih. Ada sistem Cruising & Traffic Support yang merupakan cruise control versi pelan untuk lalu lintas padat. Juga ada sistem Driver Monitoring yang memanfaatkan sensor infra merah dan LED untuk observasi kondisi pengemudi.

Informasi lain seputar Mazda3 akan dirilis belakangan. Rencananya Mazda3 terbaru akan dirilis ke pasar global pada awal tahun depan, dimulai dari pasar Amerika Serikat.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply