Home Auto News Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru Berstatus Facelift?

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru Berstatus Facelift?

Toyota Avanza, Publik tengah menanti-nanti kehadiran duo MPV Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru. Meski pabrikan belum memberikan informasi berarti seputar Avanza dan Xenia terbaru, namun ada beberapa narasumber yang mengungkapkan bahwa model terbaru dari dua mobil keluarga tersebut sedang disiapkan. Kabarnya mobil Toyota dan Daihatsu itu akan hadir pada Januari 2019 mendatang.

Tidak hanya itu, wiraniaga mobil Toyota juga sudah diberikan arahan dan training mengenai penjualan Toyota Avanza terbaru. “Kalau tenaga penjual sudah di-training dua minggu lalu kan mau launching Januari, kalau sekarang masih produksi yang lama, mungkin Januari mulai produksinya,” ungkap sumber kumparanOTO.

Hanya saja ada kabar yang mungkin membuat pecinta Avanza dan Xenia risau. Menurut sumber dua mobil tersebut masih mempunyai wujud yang sama. Sang sumber juga mengatakan bahwa Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru nantinya hanya mendapat penyegaran yang bersifat facelift, bukan major change.

Kendati begitu menurut keterangan sumber mobil MPV tujuh penumpang ini sudah dilengkapi dengan lampu LED. Sama seperti Toyota Rush generasi terbaru yang beredar di pasaran saat ini.

“Beda di depan sama belakang bagian bumper-nya, semua lampu LED, bukan major change, facelift doang, cuma (ubahan terlihat) di Veloz kelihatan banget, dari samping dia kelihatan,” ujarnya.

Baca juga: Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Veloz

Lalu untuk fitur keselamatan dikabarkan masih sama seperti model yang ada saat ini. Toyota Avanza kabarnya tetap dilengkapi dengan dual airbags, rem ABS dengan side impact beam. Selain itu juga ada sabuk keselamatan dengan pretensioner dan force limiter.

Perubahan dikatakan terdapat pada bagian audio. “Kalau perubahan itu di bagian audio berubah, kalau fitur safety hampir enggak ada ubahan,” kata sumber.

Sementara itu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsen Avanza dan Xenia belum bersedia memberikan komentarnya. Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra lebih memilih untuk bungkam. “Saya no comment,” jawabnya.

Di sisi lain ada isu bahwa pabrikan telah menghentikan produksi Avanza dan Xenia untuk diganti dengan model baru. Mengenai hal tersebut Amel membantahnya. Ia mengungkapkan bahwa Daihatsu Xenia masih produksi. Pada Desember ini produksinya berada di angka 2.000 unit.

Kabar mengenai Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang masih memiliki kemiripan dengan model sekarang bisa jadi kabar yang kurang mengenakkan bagi para pecinta kedua mobil ini. Tidak sedikit yang menduga bahwa nantinya Xenia dan Avanza akan mempunyai sentuhan desain ala SUV, seperti Mitsubishi Xpander.

Akan tetapi sejauh ini penjualan Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza masih cukup baik. Hal ini menandakan bahwa konsumen tidak hanya fokus pada sektor desain saja dalam memilih LMPV.

Untuk diketahui, menurut data wholesales Gaikindo, sepanjang Januari sampai Oktober 2018 distribusi Toyota Avanza mencapai 67.940 unit. Sedikit lebih unggul dari Mitsubishi Xpander yang mencatat angka 66.125 unit. Sementara distribusi Daihatsu Xenia mencapai 24.807 unit pada periode yang sama.

Kita tunggu saja kejutan Daihatsu dan Toyota untuk Avanza-Xenia terbaru.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply