Home Auto News 2 Motor Lambretta Terbaru Tantang Vespa di ASEAN

2 Motor Lambretta Terbaru Tantang Vespa di ASEAN

0 84

Motor Lambretta, Motor berwujud klasik memiliki peminat tersendiri di pasar otomotif global, tak terkecuali di pasar ASEAN. Peminat motor dengan sentuhan desain jadul ini terkesan tak lekang oleh waktu. Maka dari itu beberapa pabrikan menawarkan produk baru dengan desain klasik untuk memenuhi keinginan konsumen penggemar motor klasik.

Tidak hanya motor sport saja, juga ada beberapa motor matic yang memiliki desain layaknya motor tua. Meski tetap dibekali dengan teknologi dan fitur terkini. Salah satu yang masih eksis dan mempertahankan desain klasik khasnya adalah Piaggio Vespa. Akan tetapi sebenarnya Vespa bukan satu-satunya motor bertampang klasik.

Juga ada pabrikan skuter legendaris asal Italia selain Vespa, yakni Lambretta. Menariknya pabrikan motor ini membuka peluang baru dengan menawarkan motor baru di Thailand. Ada dua motor Lambretta terbaru yang dihadirkan. Yaitu Lambretta V200 2019 dan Lambretta V125 2019.

Harga motor Lambretta V200 2019 mencapai 99.500 baht atau Rp 43,5 jutaan. Sedangkan harga Lambretta V125 2019 menembus angka 86.900 baht atau Rp 38 jutaan.

Untuk diketahui, dua skuter matik ini dihadirkan di negara asalnya pada pertengahan Juni 2018 kemarin. Sedangkan di Negeri Gajah Putih, keduanya dipajang di perhelatan Thailand International Motor Expo 2018 yang akan berlangsung hingga 10 Desember mendatang.

Lambretta dihadirkan ke Thailand oleh Dynamic Motors. Mereka berniat untuk meramaikan pasar yang juga diramaikan oleh Piaggio Vespa.

Jika melihat desainnya, sekilas tidak ada perbedaan antara Lambretta dan Vespa. Akan tetapi sebenarnya detail yang ditawarkan keduanya sangat berbeda. Contohnya di bagian lampu utama. Motor Lambretta memiliki lampu utama berbentuk hexagonal atau segi delapan. Lain halnya dengan lampu depan motor Vespa yang dibuat membulat atau mengotak.

Pada Lambretta V125 lampu utamanya sudah menggunakan jenis LED. Selain itu juga terdapat pengisi daya USB dan starter elektrik yang disematkan sebagai fitur standar.

Selain itu Lambretta V125 dipersenjatai dengan mesin satu silinder 4 tak berpendingin udara yang memiliki kapasitas 124,7 cc. Jantung mekanis ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 10 horse power dengan torsi 9,2 Nm. Sama seperti Vespa, tenaga yang dihasilkan mesin itu diteruskan ke roda belakang lewat gearbox CVT dan drive belt.

Lalu Lambretta V200 2019 dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 169 cc. Tenaga yang dihasilkan sedikit lebih besar, yakni 11,8 hp dengan torsi puncak 12,2 Nm. Selain itu fitur yang dibenamkan juga mirip. Akan tetapi Lambretta menambahkan sistem pengereman ABS di dalamnya.

Lambretta V200 memiliki bodi yang sedikit lebih besar dari V125. Meski begitu desain keduanya tetap mempertahankan ciri khas dari motor Lambretta pada umumnya.

Bodinya dibuat memanjang sampai ke belakang dan jok rata yang menyatu dengan bodi. Sedangkan di bagian depan terdapat sepatbor yang berukuran cukup besar. Lalu juga ada suspensi depan teleskopik bisa.

Lantas apakah ada kemungkinan motor Lambretta ini juga hadir di Indonesia?

Sebenarnya motor seperti Lambretta tergolong dalam niche market dimana konsumen pasar tersebut tidak terlalu besar. Meski Lambretta hadir di Indonesia, maka motor-motor ikonik bisa menjadi lebih ramah. Pasalnya di sini sudah ada Vespa Piaggio dan juga Peugeot.

Boleh jadi motor tersebut nantinya masuk ke Indonesia, namun bukan dipasarkan oleh agen pemegang merek (APM). Untuk diketahui, sejauh ini motor-motor Lambretta dihadirkan utuh (CBU) oleh Probike Motor Indonesia. Terdapat dua model yang ditawarkan, yakni Lambretta LN 150 dan LN 125. Bila Lambretta V125 dan V200 dihadirkan di Indonesia, bukan tidak mungkin harganya menjadi sangat tinggi.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply