Home Mobil 4 Fitur Mobil Modern yang Berguna Saat Hujan

4 Fitur Mobil Modern yang Berguna Saat Hujan

0 65

Mobil Modern, Mobil terbaru yang beredar di pasaran saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang membantu pengemudi selama perjalanan. Tidak hanya itu, juga ada beberapa fitur yang berguna saat musim hujan seperti sekarang ini.

Ada setidaknya 4 fitur mobil yang akan bekerja untuk memberikan kenyamanan berkendara. Demikian menurut keterangan situs resmi Hyundai Indonesia. Berikut adalah keempat fitur mobil baru yang punya peran penting saat hujan.

Wiper Otomatis

Jika kita amati, semua mobil pasti dilengkapi dengan wiper. Akan tetapi tidak semua dilengkapi dengan rain sensor. Fitur ini biasanya terdapat pada beberapa mobil mewah saja. Dengan fitur tersebut pengemudi tidak perlu repot mengaktifkan wiper dan mengatur kecepatannya saat hujan turun. Sensor hujan pada wiper otomatis akan membaca seberapa besar intensitas hujan yang turun dan mengatur kecepatan yang diperlukan dengan sendirinya.

Lampu Kabut atau Foglamp

Tidak hanya sebagai hiasan bumper depan, lampu kabut juga punya peran untuk pencahayaan ekstra. Fitur yang satu ini akan sangat berguna saat berkendara di kawasan pegunungan dan hujan deras. Meski begitu dihimbau untuk tidak terlalu sering memanfaatkan lampu kabut. Pasalnya foglamp membutuhkan arus listrik yang lebih besar.

Baca juga: Tips Berkendara Saat Hujan, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Defogger

Fitur ini bertugas sebagai pemanas untuk menghilangkan embun di bagian kaca. Jika berkendara saat hujan, embun bisa muncul pada kaca mobil. Sehingga untuk menghilangkannya diperlukan fitur ini.

Fitur defogger terbagi menjadi dua, yakni untuk kaca depan dan kaca belakang. Cara kerjanya juga berbeda. Pada kaca depan biasanya akan mengeluarkan hawa panas. Sementara pada kaca belakang umumnya lewat elemen panas. Bila hujan sudah berhenti dan kabut di kaca sudah hilang, jangan lupa untuk mematikan fitur ini.

Control Traction atau Traksi Kontrol

Fitur ini bertugas untuk menjaga putaran roda dalam kondisi hujan. Biasanya saat musim hujan mobil akan lebih spin atau sliding. Oleh karenanya fitur ini punya peran penting untuk membantu pengemudi dalam menstabilkan putaran roda mobil.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply