Home Mobil Tips Bedakan Velg Mobil Asli dan Palsu

Tips Bedakan Velg Mobil Asli dan Palsu

0 87

Velg Mobil, Banyak orang yang melakukan modifikasi pada mobilnya. Biasanya modifikasi dilakukan untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik. Jika berbicara soal mempercantik tampilan, sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satu yang tergolong mudah adalah dengan mengganti velg mobil.

Ubahan pada sektor kaki-kaki ini dirasa memberikan dampak signifikan terhadap tampilan mobil. Dengan mengganti velg, mobil bisa terlihat lebih menarik dari sebelumnya. Karena hal ini ada banyak sekali velg yang bisa kita temui di pasaran. Mulai dari merek yang berbeda-beda, model hingga jenis velgnya. Tidak hanya itu, harga velg mobil di pasaran juga bermacam-macam.

Akan tetapi harga velg mobil umumnya cukup tinggi. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk membuat velg replika. Beredarnya velg palsu tentu membuat konsumen resah. Akan tetapi tenang saja, kita tetap bisa membedakan mana velg asli dan mana yang palsu. Berikut adalah tips membedakan velg mobil asli dan palsu, sebagaimana disampaikan oleh Suzuki Indonesia.

Harga Velg

Salah satu cara untuk membedakan velg mobil asli dan palsu adalah dengan mencermati harganya. Biasanya harga velg asli lebih mahal dibandingkan dengan versi replika. Bahkan perbedaannya bisa mencapai empat kali lipat.

Contohnya velg replika ring 17 dibanderol Rp 5 jutaan, maka untuk velg asli dibanderol Rp 20 jutaan sampai Rp 25 jutaan. Hanya saja harga velg bukan satu-satunya patokan. Sebab ada pula oknum penjual yang menawarkan velg replika dengan harga yang sama tingginya dan mengatakan bahwa velg tersebut asli.

Bobot Velg

Berikutnya Anda bisa mencermati bobot dari velg yang ditawarkan. Kebanyakan velg asli akan lebih ringan dari velg replika. Misalnya untuk velg replika ring 17 mempunyai berat sekitar 10-11 kg, maka untuk velg asli hanya berkisar 6 kg saja. Sayangnya bobot juga tidak menjamin keaslian velg mobil tersebut. Sebab velg ring 20 contohnya, ada juga yang memiliki berat sama antara versi palsu maupun asli.

Baca juga: Penyebab Pelek Mobil Rusak, Ada 3 Hal

Kualitas

Kualitas bisa menjadi pembeda antara velg asli dan palsu. Umumnya velg replika dibuat dengan proses pengecoran. Lain halnya dengan velg asli yang dibuat lewat proses ditempa. Dari dua macam proses pebuatan tersebut yang terpenting adalah hasil akhir atau finishing-nya.

Velg asli mempunyai hasil finishing yang rapi. Berbeda dengan velg replika yang terlihat berantakan. Misalnya ada yang bolong dipermukaan dalam velg atau cat yang terlihat tidak sama.

Untuk membedakan velg asli dan palsu memang tidak mudah. Kuncinya jangan mudah terpikat dengan harga velg mobil yang murah. Selain itu juga jangan terburu-buru dalam membeli velg. Akan lebih baik jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai velg yang hendak Anda beli.

Dan pastikan Anda membeli di tempat yang terpercaya sehingga kecil kemungkinan Anda ditipu penjual. Atau Anda juga bisa mengajak teman yang paham soal velg mobil sehingga Anda bisa mendapat gambaran yang jelas mengenai velg mobil.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply