Ini Motor Yamaha Pesaing Honda CRF250 Rally

Loading...

Motor Yamaha, Walaupun peminatnya tidak terlalu tinggi, segmen moto adventure bermesin 250 cc sampai 300 cc tengah diminati oleh konsumen Tanah Air. Hal ini juga bisa dilihat dari jumlah model yang hadir di sini. Mulai dari Honda CRF250 Rally, Kawasaki Versys-X, BMW G310GS, Viar Vortex 250, hingga yang terbaru Benelli TRK 251.

Loading...

Satu pabrikan yang belum ikut terjun ke segmen ini adalah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Pabrikan motor berlogo tiga garputala ini tampaknya belum berniat untuk fokus pada motor trail an juga motor adventure.

Sejauh ini PT YIMM hanya memiliki Yamaha WR250R yang terjun di segmen motor trail 250 cc. akan tetapi motor Yamaha ini hadir dengan status CBU alias impor utuh. Produk ini sendiri berhadapan dengan Kawasaki KLX 250 yang juga ada di kelas motor trail bermesin seperempat liter.

Meski begitu bukan berarti Yamaha tidak memiliki motor adventure. Melirik Brasil, di sana terdapat Yamaha XTZ 250 Lander. Dan menariknya baru-baru ini Yamaha melakukan penyegaran pada motor petualang itu. penyegaran ini juga merupakan pertama kalinya sejak 12 tahun lalu.

Pesaing Honda CRF20 Rally ini terlihat kental dengan aura motor trail. Hal ini terlihat dari knalpotnya yang dibuat tinggi. Begitu juga dengan jarak bebas ke tanah atau ground clearance yang juga tinggi.

Selain itu kenyamanan motor ini untuk perjalanan jarak jauh juga diperhatikan. Yamaha menyematkan jok yang lebih lebar dan empuk. Lalu suspensi depan sudah memakai model upside down dan bagian belakang menggunakan monoshock swing-arm.

Baca juga: Motor Trail Yamaha Meluncur Akhir Tahun 2018

Yamaha XTZ 250 juga dibekali dengan ban dual purpose Metzeler Tourance. Untuk bagian depan berukuran 80/90-21 dan bagian belakang 120/80-18.

Yamaha juga menyematkan sederet fitur baru pada motor adventure ini. Salah satu yang menarik perhatian adalah hadirnya sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Di samping itu lampu depan motor Yamaha ini juga sudah memakai LED. Yamaha juga turut menyematkan instrumen panel digital.

Akan tetapi motor ini tidak dilengkapi dengan windshield tinggi seperti rivalnya di kelas motor adventure. Lantaran merupakan model facelift, motor Yamaha ini tetap memakai mesin yang sama dengan model sebelumnya.

Yamaha XTZ 250 memakai dapur pacu SOHC berkapasitas 249,5 cc berpendingin udara 1-silinder. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 20,9 hp. Lalu untuk torsi maksimumnya mencapai 20,6 Nm.

Loading...