Toyota Avanza Terbaru Perlu Punya Fitur Ini, Apa Saja?

Loading...

Toyota Avanza, Publik tengah menunggu kehadiran Toyota Avanza terbaru. Menurut kabar yang berkembang di dunia maya mobil Toyota ini akan segera hadir. Seperti yang diketahui, Avanza cukup lama tak mendapat pembaruan total. Generasi kedua mobil ini juga sudah memasuki tahun ketujuh pada 2018 ini.

Loading...

Hal tersebut dirasa sudah cukup bagi Toyota Astra Motor (TAM) untuk menyiapkan model terbarunya. Di sisi lain pesaing di pasar low MPV juga semakin banyak. Sehingga persaingan menjadi lebih sengit.

Tentunya ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh calon konsumen ketika ingin membeli mobil keluarga. Salah satunya adalah fitur yang tersedia pada mobil tersebut. Berkaca dari Toyota Avanza yang hadir di Indonesia saat ini, setidaknya ada 5 fitur baru yang semestinya hadir pada model penerusnya nanti. Apa saja fitur tersebut?

Enam Airbag

Toyota Rush terbaru yang dijual di Indonesia saat ini dilengkapi dengan 6 airbag. Meski jumlah kantong udara semakin banyak, harga Toyota Rush terbaru tetap stabil.

Hal ini semestinya juga bisa diterapkan pada Avanza. Sehingga sektor keselamatan pengemudi maupun penumpang di semua baris bisa menjadi lebih baik. Dengan begitu mobil sejuta umat ini mempunyai poin lebih untuk menarik perhatian pecinta MPV.

Stability Control dan Brake Assist

Mobil Toyota yang satu ini dikenal mempunyai manuver yang lincah. Hanya saja Toyota belum menyematkan fitur stability control pada Avanza. Padahal hadirnya fitur tersebut akan sangat membantu dalam menjaga keamanan berkendara. Dengan fitur itu Avanza terhindar dari bahaya selip lantaran tenaga terdistribusi secara dinamis ke roda, mengikuti kebutuhan traksi.

Fitur lain yang perlu disematkan pada Toyota Avanza terbaru adalah brake assist (ABS). Adanya fitur BA dapat membantu rem ABS untuk bekerja lebih optimal dalam menghindari insiden. Fitur ini bertugas membantu pengereman, bahkan juga dapat mengaplikasikan rem secara otomatis ketika terdeteksi adanya pelepasan pedal gas tiba-tiba yang menandakan adanya bahaya terjadi.

Lampu LED dan DRL

Beberapa mobil baru yang beredar di Indonesia sudah dilengkapi dengan lampu LED. Maka dari itu Toyota Avanza terbaru seharusnya juga sudah dilengkapi dengan LED. Selain desain lampu depan dan belakang yang diubah lebih menarik, penggunaan lampu LED dan juga daytime running light (DRL) juga perlu menjadi pertimbangan.

Pemakaian lampu LED akan membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik. Lampu ini juga lebih hemat daya. Sedangkan lampu DRL merupakan fitur pasif yang berfungsi menjaga keselamatan, baik pengemudi itu sendiri maupun pengguna jalan di sekitar.

Toyota Avanza sebenarnya pernah mendapat tambahan fitur DRL. Hanya saja fitur tersebut tersedia pada Avanza edisi terbatas.

Smart Key

Sudah banyak pabrikan mobil di Tanah Air yang menyertakan fitur smart key atau teknologi tanpa anak kunci untuk mengakses mobil pada produk buatannya. Toyota sendiri juga sudah mempunyai model yang dilengkapi dengan fitur tersebut. Mobil itu tidak lain adalah Toyota Rush.

Baca juga: Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru Berstatus Facelift?

Akan menjadi hal menarik bila fitur smart key juga hadir pada Toyota Avanza terbaru. Fitur ini umumnya ditemani dengan teknologi start stop engine. Dengan begitu pengemudi akan lebih mudah untuk menghidupkan dan mematikan mesin dengan sentuhan jari.

Cruise Control

Fitur terakhir yang perlu ada pada Avanza terbaru adalah cruise control. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab Mitsubishi Xpander Ultimate sudah mempunyai fitur ini.

Dengan fitur ini pengemudi akan lebih terbantu saat berkendara di jalan bebas hambatan. Terlebih jika perjalanannya cukup jauh, rasa lelah pada kaki pengemudi dapat diminimalisir lantaran mobil dapat berakselerasi secara otomatis mengikuti batas kecepatan yang telah ditentukan.

Itulah beberapa fitur yang perlu ada pada Toyota Avanza terbaru. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Loading...