Beli Mobil Baru di Akhir Tahun, Ini Plus-Minusnya

Loading...

Beli Mobil Baru, Ketika hendak membeli mobil baru biasanya calon pembeli memperhatikan beberapa faktor terkait mobil itu sendiri. Seperti spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, serta harga mobil tersebut. Akan tetapi selain hal-hal tersebut juga ada faktor lain yang bisa diperhatikan. Seperti waktu membeli mobil baru.

Loading...

Masyarakat di Indonesia ada yang memanfaatkan waktu akhir tahun untuk membeli mobil baru. Sebab membeli mobil di penghujung tahun seperti sekarang ini mempunyai banyak keuntungan. Seperti potongan harga yang menarik perhatian.

Biasanya hampir semua merek mobil menawarkan diskon spesial untuk produk yang mereka pasarkan. Baik model MPV, SUV, city car, hatchback dan lain-lain. Besaran potongan harga mobil baru yang diberikan juga beragam. Biasanya mencapai puluhan juta rupiah.

Misalnya untuk model di kelas Low MPV biasanya mendapat diskon mulai Rp 15 jutaan sampai dengan Rp 28 jutaan. Sedangkan di segmen lain ada yang memperoleh potongan harga sebesar Rp 38 jutaan. Belum lagi jika ada penawaran lebih yang diberikan oleh masing-masing merek. Penawaran tersebut tentunya menarik perhatian masyarakat, khususnya calon konsumen yang ingin membeli mobil baru.

Baca juga: Tips Membeli Mobil Baru Agar Dapat Harga Murah

“Sudah pasti kalau diskon akhir tahun itu lebih besar dari bulan-bulan sebelumnya. Karena kami juga ada target untuk menghabiskan stok produksi 2018,” kata seorang tenaga penjual yang dikutip dari KompasOtomotif.

Akan tetapi membeli mobil baru di akhir tahun tidak hanya menyimpan sisi keuntungan saja, namun juga ada sisi ruginya. Salah satunya hal yang perlu diketahui adalah tahun produksi unit yang dibeli bukan tahun 2019 melainkan 2018. Jika mobil yang diincar harus inden, maka pengirimannya bisa saja dilakukan pada awal 2019.

Tidak hanya itu, bila membeli mobil di akhir bulan ini otomatis ada waktu untuk mengurus surat-surat. Padahal pengurusan tersebut membutuhkan waktu, belum lagi adanya libur Natal dan Tahun Baru yang membuat pengurusan surat bisa lebih lama.

“Biasanya terakhir itu pekan kedua atau ketiga, kalau beli di akhir bulan atau pekan keempat, itu udah pasti dapat unitnya awal 2019. Ada proses, seperti mengurus pengajuan surat-surat ke polisi dan lain sebagainya,” ungkap tenaga penjual lainnya.

Terlepas dari untung dan ruginya membeli mobil di akhir tahun, penawaran diskon selalu menjadi hal yang menarik. Dengan begitu calon konsumen bisa mendapat mobil dengan harga yang lebih terjangkau. Akan tetapi juga perlu mempertimbangkan poin minus seperti yang telah disebutkan di atas.

Loading...