Home Mobil Komponen Mobil yang Perlu Diperiksa Sebelum Dipakai Liburan

Komponen Mobil yang Perlu Diperiksa Sebelum Dipakai Liburan

0 233

Komponen Mobil, Penghujung tahun telah tiba. Biasanya untuk mengisi liburan akhir tahun masyarakat memilih untuk berlibur ke suatu tempat bersama, keluarga ataupun teman. Liburan biasanya identik dengan perjalanan jauh. Ada orang yang bepergian dengan memakai mobil pribadi, atau menggunakan transportasi massal.

Jika Anda berniat untuk liburan dengan mobil pribadi, maka ada hal-hal yang perlu dipersiapkan sejak sekarang. Salah satunya adalah memastikan kondisi mobil layak jalan. Terlebih jika Anda akan melakukan perjalanan jarak jauh. Maka sudah pasti mobil harus dalam kondisi prima.

Sebab saat di perjalanan nanti mobil akan melalui berbagai jenis medan. Mulai dari jalan beraspal, jalan berlubang atau jalanan yang menanjak dan menurun. Belum lagi kondisi cuaca yang tidak menentu belakangan ini. Kadang panas dan terkadang hujan deras.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, ada beberapa persiapan yang dilakukan. Seperti mengecek kondisi komponen mobil. Ada setidaknya 6 komponen yang wajib diperiksa. Berikut adalah detail selengkapnya.

Oli Mesin

Salah satu komponen yang patut diperiksa adalah oli mesin. Pastikan volume oli mesin cukup. Cara memeriksanya adalah dengan melihat level pada stik oli. Lihatlah batas oli yang menempel pada stik.

Level oli harus berada di garis antara L dan F dan seharusnya sedikit di bawah garis level F. Bila kurang tambahkan secukupnya. Selain itu pastikan batas waktu atau kilometer penggunaan oli mobil masih cukup untuk jarak yang akan Anda tempuh.

Air Radiator dan Air Reservoir

Pengecekan berikutnya adalah air radiator. Pastikan air radiator dalam kondisi penuh. Lalu untuk air reservoir pastikan berada di batas level atau tidak terlalu penuh. Selain itu periksa pula kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir.

Jika Anda menemukan selang yang menggelembung atau retak, maka sangat disarankan untuk segera menggantinya. Hal ini untuk menghindari selang pecah di tengah perjalanan. Di samping itu pastikan pula sambungan selang ke mesin dan radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Filter dan Selang Bensin

Berikutnya adalah memeriksa kondisi filter dan selang bensin. Pastikan keduanya dalam kondisi baik. Di samping itu pastikan pula bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Cek juga bagian filter bensin apakah tersumbat atau tidak. Jika sering melakukan servis rutin berkala, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih.

AC

Komponen mobil berikutnya yang perlu diperiksa adalah putaran kipas pendingin. Jika kipas diputar oleh belt, maka periksa kondisi fisik belt. Jika belt sudah retak-retak maka sudah waktunya untuk menggantinya.

Selain itu juga periksa ketegangan belt supaya putaran kipas bisa optimal. Jika kipas diputar motor listrik, kondisi motor listrik harus masih layak dan baik.

Cara memeriksa pendinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal atau tidak adalah dengan memperhatikan jarum pointer penunjuk temperatur. Bila melebihi garis tengah maka mesin cukup panas namun masih dalam kondisi aman. Jika lebih dari setengah sebaiknya Anda berhenti dan menunggu hingga mesin mobil dingin. Setelah itu periksa kondisi air pendingin dan kipas.

Timing Belt

Untuk komponen timing belt penggantiannya berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer di speedometer mobil. Bila timing belt telah dipakai sejauh 50 ribu kilometer maka segera ganti dengan yang baru. Walaupun belum terdapat kerusakan. Sebab pabrikan mobil tidak menganjurkan untuk memakai komponen ini lebih lama dari patokan tersebut.

Air Filter

Air filter atau saringan udara perlu dibersihkan sebelum melakukan perjalanan jauh. Penggunaan air filter berpatokan pada jarak tempuh, yakni sekitar 10.000 km.

Itulah komponen mobil yang wajib diperiksa sebelum melakukan liburan akhir tahun. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Terutama untuk Anda yang berniat melakukan liburan bersama keluarga dengan menggunakan mobil pribadi.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply