Home Motor Tips Touring Motor dengan Aman, Perhatikan 4 Hal Ini

Tips Touring Motor dengan Aman, Perhatikan 4 Hal Ini

0 225

Touring Motor, Sebentar lagi libur akhir tahun tiba. Biasanya di saat liburan akhir tahun banyak orang yang menghabiskan waktu untuk pergi berlibur. Bisa bersama keluarga tercinta, atau juga bersama teman.

Selain itu saat musim liburan juga tidak sedikit komunitas sepeda motor yang melakukan kegiatan touring. Jika liburan akhir tahun ini Anda memiliki agenda untuk touring bersama teman-teman, tentu ada banyak persiapan yang harus diperhatikan. Dengan begitu perjalanan akan menjadi lebih nyaman dan aman.

Pakar keselamatan jalan sekaligus Founder Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) Jusri Pulubuhu dan Head of Safety Riding promotion Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Agus Sani mempunyai beberapa tips touring motor dengan aman. Ada empat hal yang perlu dipersiapkan dengan baik.

Yang pertama adalah menjaga fisik dan tubuh agar selalu fit. Pengendara disarankan untuk menjaga kualitas istirahat. Hal ini dimulai dari dua atau tiga hari sebelum keberangkatan.

Istirahat bisa mengarah pada kualitas tidur. Untuk dicatat, khusus orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-8 jam. Tidak hanya istirahat, menjaga fisik juga meliputi asupan nutrisi. Maka dari itu usahakan untuk makan dan minum yang baik dan bergizi.

Berikutnya adalah menyiapkan riding gear, meliputi helm, glove, jaket dan sepatu. Kemudian siapkan sepeda motor yang hendak dipakai touring. Pemeriksaan mencakup kondisi ban, tekanan angin, lampu, kelistrikan hingga kondisi pengereman motor.

Yang ketiga adalah mempelajari rute yang akan dilalui saat touring. Hal ini merupakan hal yang tak kalah penting untuk disiapkan dan diperhatikan.

Baca juga: Tips Touring dengan Motor Gede, Perhatikan Hal Ini

Yang terakhir adalah memastikan bahwa diri kita sendiri tidak sedang mengalami masalah berat. Misalnya masalah menyangkut pekerjaan ataupun keluarga. Pasalnya masalah-masalah itu bisa membuat Anda kurang fokus dalam perjalanan.

“Selain fisik dan stamina, ada hal penting lain yang bisa menjadi distraksi dan berbahaya bila tak ditangani, yaitu masih memiliki problem yang belum tuntas, entah soal pekerjaan, keluarga, finansial,” kata Jusri, mengutip dari laman kumparanOto.

Jika masalah dirasa cukup berat alangkah baiknya untuk menunda perjalanan. Sebab permasalahan tersebut dapat mempengaruhi otak saat berkendara. Alhasil pengendara tidak memperhatikan ritme berkendara yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Akan tetapi jika Anda bisa melupakan permasalahan tersebut, Anda boleh saja ikut serta dalam touring.

Itulah beberapa tips touring motor dengan aman. Semoga informasi di atas bisa menjadi informasi tambahan untuk Anda yang punya agenda touring di akhir tahun ini.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply