Nissan Terra Varian Termurah, Apa Saja Fiturnya?

Loading...

Nissan Terra, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) telah menghadirkan SUV baru, Terra. Mobil baru ini ditugaskan untuk mengusik dominasi Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Di Indonesia Nissan Terra dijual dalam empat pilihan varian. Nissan Terra 2.5 (4×2) MT menjadi varian termurah yang dilepas dengan harga Rp 464 juta on the road DKI Jakarta.

Loading...

Lantas dengan tawaran harga tersebut, apa saja yang ditawarkan Nissan terra varian terendah? Berikut adalah detail selengkapnya.

Nissan Terra 2019 dibekali dengan mesin diesel berkode YD25DDTi berkapasitas 2.488 cc. Jantung pacu itu dapat mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 190 PS pada putaran 3.600 rpm dengan torsi puncak 450 Nm pada putaran 2.000 rpm. Dengan output daya dan torsi tersebut, Nissan Terra menjadi salah satu SUV ladder-frame yang bertenaga.

Melihat eksteriornya, Nissan Terra ini menawarkan tampilan yang simpel. Nissan tidak menyematkan lampu kabut dan daytime running light (DRL). Meski begitu lampu utama sudah memakai LED, dengan fitur auto on/off dan follow me home.

Lampu belakang mobil ini juga sudah memakai LED, dengan high mount stop lamp. Hanya saja spion Nissan Terra varian termurah ini tidak dilengkapi dengan fitur pelipat elektrik. Alhasil pengemudi harus melipatnya sendiri. Melirik sektor kaki-kaki, Nissan Terra menggunakan pelek berdiameter 17 inci yang dikombinasikan dengan ban berukuran 255/65.

Beralih ke sisi interior, Nissan Terra 2.5 (4×2) MT menawarkan material kain berwarna hitam. Meski begitu kenyamanan juga tetap terasa pada varian ini, meski tidak memakai bahan kulit.

Sedangkan akses untuk penumpang terutama di baris ketiga dimudahkan dengan adanya fitur tumble seat pada baris kedua. Dengan begitu cukup satu sentuhan saja kursi dapat terlipat sepenuhnya ke depan. Hal ini akan memudahkan penumpang untuk masuk ke kursi baris ketiga.

Baca juga: Kelebihan Nissan Terra Varian Tertinggi yang Dijual Rp 661 Juta

Pelipatan bangku juga dapat diakses oleh pengemudi lewat tombol di panel depan. Artinya pengemudi tidak perlu repot turun dari mobil untuk membantu penumpang melipat kursi. Untuk bangku pengemudi terdapat pengaturan yang bersifat manual. Lain halnya dengan varian VL yang sudah menggunakan sistem elektrik 8 arah.

Untuk fitur hiburan terdapat head unit 2DIN CD audio dengan USB dan AUX yang disambungkan ke 6 speaker. Juga terdapat layar informasi atau multi information display (MID) yang menempel pada panel instrumen berukuran 3,5 inci tipe monokrom. MID tersebut hanya menampilkan informasi umum. Tidak terdapat Tire Pressuring Monitoring System (TPMS) yang berfungsi untuk mengetahui tekanan angin ban.

Sayangnya tidak terdapat kaca spion tengah canggih yang memiliki fitur Intelligent rear view mirror dan intelligent around view monitor (AVM). Padahal fitur ini menjadi highlight model Terra. Untuk menghidupkan mesin, pengemudi harus menyalakannya secara konvensional. Sebab Terra belum menyematkan intelligent key dan tombol push start/stop.

Meski beberapa fitur absen, Nissan memberi kompensasi pada fitur keselamatan yang lengkap. SUV Nissan ini dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) pada sistem pengeremannya.

Lalu untuk kestabilan dan pengendalian dibantu oleh fitur Vehicle Dynamic Control (VDC). Tidak hanya itu saja, juga terdapat fitur Hill Start Assist (HSA) saat melewati tanjakan curam.

Sebagai pelengkap terdapat kantung udara yang mendukung keselamatan penumpang ketika terjadi insiden. Nissan menyematkan enam airbag yang terbagi menjadi 2 di depan, 2 di sisi dan 2 di seluruh kaca jendela samping.

Selain itu Nissan Terra varian termurah juga dilengkapi dengan sensor belakang. Hanya saja fitur-fitur seperti Blind Sport Warning (BSW), Lane Departure Warning (LDW) dan Hill Descent Control (HDC) tidak disertakan pada mobil ini.

Walaupun beberapa fitur harus absen pada model ini, Nissan Terra 2.5 (4×2) MT tetap menarik untuk dipilih. Apalagi jika Anda ingin mendapat SUV ladder-frame namun bosan dengan Pajero Sport atau Fortuner.

Loading...