Home Auto News Toyota Avanza Kembali Ungguli Mitsubishi Xpander

Toyota Avanza Kembali Ungguli Mitsubishi Xpander

Toyota Avanza, Menarik untuk melihat penjualan low MPV di Indonesia belakangan ini. Sebagai pemimpin pasar, persaingan di segmen ini terbilang panas. Terlebih untuk posisi puncak. Toyota Avanza yang sebelumnya terus menjadi mobil terlaris di Indonesia mendapat gangguan dari rival barunya, Mitsubishi Xpander.

Sejak kehadiran MPV Mitsubishi itu penjualan Avanza sedikit terganggu. Kedua mobil MPV ini saling beradu kuat soal penjualan. Pada bulan Nvember 2018 ini, Avanza mencatatkan penjualan sebesar 7.553 unit. Hal ini sekaligus membuat mobil Toyota itu unggul dari Mitsubishi Xpander yang beberapa bulan terakhir menjadi pesaing utamanya.

Menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang November kemarin Mitsubishi memasarkan 5.094 unit Xpander. Angka penjualan ini menurun dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 5.408 unit.

Jika melihat ke belakang, penjualan Toyota Avanza sempat goyah pasca hadirnya Mitsubishi Xpander di bulan Agustus tahun lalu. Akan tetapi mobil sejuta umat Toyota itu mash bisa mempertahankannya. Lalu pada Februari 2018 penjualan Xpander mulai mengalahkan Avanza.

Tidak berhenti sampai di situ, di bulan Juni kemarin Avanza berhasil kembali ungguli Xpander. Persaingan ini masih berlanjut hingga saat ini.

“Kita dari awal udah bilang nggak pernah membandingkan bunuh membunuh tapi ngelihatnya selama market Indonesia growth. Jadi kita elihat masuknya Xpander, Chinese maker market tumbuh ya fine buat kita jadi kalau kita bisa 6.000-7.000 customer percaya produk ini,” terang Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, mengutip dari detikOto.

Sementara itu, pihak pabrikan mobil asal Negeri Bunga Matahari, Mitsubishi tidak ingin ambil pusing. Walaupun secara wholesales mengalami penurunan, menurut Mitsubishi penjualan secara ritel alias dari dealer ke konsumen masih sesuai target yang direncanakan sebelumnya.

“Alhamdulillah Xpander masih terus SPK walaupun kami masih punya outstanding, masih ada saja SPK tambahan yang harus kami berikan untuk mempercepat ke konsumen. Pabrikan MMKSI sekarang sudah komitmen produksi ditingkatkan, mudah-mudahan close standing ini akan lebih cepat ter-delivery kan ke konsumen yang menunggu,” kata Head of Sales and Marketing Group MMKSI, Imam Chaeru Cahya.

Baca juga: Ini Bocoran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru

Terlepas dari rumor mengenai akan hadirnya Toyota Avanza terbaru, ada satu permasalahan yang diduga membuat penjualan Mitsubishi Xpander kalah dari Avanza. Seperti yang diketahui, harga Mitsubishi Xpander sempat mengalami kenaikan beberapa kali.

Salah satunya terjadi di awal Januari 2018 kemarin. Mitsubishi menaikkan harga mobilnya hingga Rp 3 juta untuk seluruh varian.

Selanjutnya terjadi pada Agustus 2018, dimana pabrikan kembali menaikkan harga Mitsubishi Xpander sebesar Rp 2 juta. Kenaikan ini merupakan efek dari pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Selanjutnya pada Oktober 2018 harga Xpander kembali naik Rp 3 juta.

Baca juga: Mitsubishi Xpander 2018 Dapat Fitur Baru

Belum lagi harga Mitsubishi Xpander tahun depan yang dipastikan akan mengalami kenaikan yang dikarenakan oleh BBN.

“Kita kan terakhir naik harga Oktober ya, itu sekitar Rp 3 juta. Nah, ditanya Januari naik atau nggak, pasti naik, minimal kenaikannya itu sebab BBN, tapi besarnya berapa, kita tunggu dari pemerintah, katanya mau dipercepat antara Januari/Februari 2019,” ungkap Imam.

Meski mengalami kenaikan beberapa kali, Imam mengatakan pihaknya memiliki strategi tersendiri supaya Mitsubishi Xpander tetap diminati oleh konsumen. “Ya kita punya strategi sendirilah bagaimana me-maintenance penjualan tetap stabil dan meningkat. Kami jaga supaya konsumen tidak lari,” tutupnya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply