Cas Motor dan Mobil Listrik, Ini Waktu yang Pas

Loading...

Mobil Listrik, Era kendaraan listrik semakin dekat. Untuk itu berbagai pihak di Indonesia mulai bersiap diri untuk menyambutnya. Salah satunya dilakukan oleh PT Pertamina (Persero). Perusahaan pelat merah ini berencana menerapkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. Salah satunya sudah dilakukan di SPBU COCO Kuningan, Jakarta.

Loading...

Walaupun hanya sebatas SPLU percontohan dan tidak dikenakan tarif, ada sedikit kekhawatiran di tengah masyarakat. Seperti perihal pengecasan baterai sebagai sumber penyimpanan daya listrik yang membutuhkan waktu cukup lama.

Mengenai hal tersebut, Muhammad Nur Yuniarto, kepala tim pengembangan sepeda motor listrik Gesits memberi tanggapan. Ia mengatakan, bila ingin mengisi daya listrik motor atau mobil listrik tidak perlu menanti baterai habis.

“Enggak perlu sampai habis baru cas. Itu enggak perlu. Tapi gimana ada kesempatan waktu untuk mencas, dengan jumlahnya yang lebih besar kita lakukan pengecasan,” jelas Nur yang juga merupakan Direktur Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif (PUI SKO) I Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), mengutip dari Liputan6.

Nur memberikan contoh mass transport di China yang telah memakai daya listrik. Lantaran fasilitas untuk kendaraan listrik di China terbilang lebih maju. Nur mengatakan setiap tempat peristirahatan terdapat tempat pengecasan. Dengan begitu saat kendaraan listrik berhenti maka bisa langsung melakukan pengisian daya.

Baca juga: Penasaran Besaran Pajak Sepeda Motor Listrik? Ini Rinciannya

“Jadi tidak perlu nunggu habis seperti kendaraan konvesional dengan BBM. Kalau ada kesempatan kita cas, persis seperti kita bawa hp sekarang, tidak perlu nunggu cas habis, kita sudah isi misalkan baru 30 persen atau 40 persen,” jelasnya.

“Jadi kalau 30 persen ini saya estimasi baru sejam akan habis, padahal satu jam ke depan saya masih tidak temukan dengan power outlet, jadi mendingan cas dulu,” tambahnya.

Dengan cara itu pemilik kendaraan listrik tidak perlu menanti waktu yang lama untuk mengisi daya.

Itulah cara yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat untuk Anda. Terutama untuk Anda yang memiliki kendaraan listrik, baik motor listrik ataupun mobil listrik.

Loading...