Home Auto News Konsumsi BBM Yamaha FreeGo, Sampai Berapa?

Konsumsi BBM Yamaha FreeGo, Sampai Berapa?

Yamaha FreeGo, Di penghujung tahun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan motor baru, yakni Yamaha FreeGo. Motor Yamaha terbaru ini diposisikan di bawah Lexi dengan tawaran fitur yang cukup melimpah.

Yang tak kalah menarik untuk diperhatikan adalah seberapa irit Yamaha FreeGo ini. Yamaha FreeGo memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 4,2 liter. Keunikan tangki ini terletak pada posisinya yang berada di leher dekat kemudi bagian kiri, bukan di bawah dek.

Yamaha mengklaim tangki bahan bakar FreeGo ini terjamin karena Yamaha memberikan plat pelindung tambahan. Peletakan tangki bahan bakar di dekat kemudi memberi kemudahan kepada pengendara saat ingin mengisi bensin. Pengendara hanya perlu menekan tombol di sisi tuas Smart Key.

Melansir dari KompasOtomotif, untuk menguji seberapa irit motor Yamaha ini dilakukan pengujian dengan metode fuel to fuel. Pertama motor diisi bensin Pertamax hingga leher tangki, lalu dipakai beberapa kilometer dan diisi bensin kembali hingga ke posisi semula. Dari jumlah bensin yang diisikan tersebut akan dibagi dengan jarak yang ditempuh.

Pada pengujian pertama fitur SSS Yamaha FreeGo tidak dihidupkan. Dengan kata lain motor bekerja seperti skuter matik biasa. Sesudah menempuh jarak 116,8 km, motor diisi bensin sebanyak 2,898 liter. jika ditotal konsumsi bahan bakar motor ini mencapai 40,303 km/liter.

Pengujian berikutnya dilakukan dengan mengaktifkan fitur SSS. Setelah menempuh jarak 109,4 km, dilakukan pengisian bensin sebanyak 2,44 liter. Artinya konsumsi rata-rata motor ini menjadi 44,8 liter.

Penggunaan fitur SSS pada Yamaha FreeGo terlihat memiliki pengaruh signifikan terhadap konsumsi bahan bakar rata-rata. Pengujian tersebut dilakukan dengan pengendara berbobot 80 kilogram dan penggunaan harian dengan kondisi jalan beragam, dipakai sendiri dan juga berboncengan. Hasil pengujian bisa saja berbeda dengan kondisi tertentu.

Baca juga: Yamaha FreeGo vs Lexi, Mana yang Menarik?

Secara keseluruhan konsumsi bahan bakar Yamaha FreeGo tergolong irit. Apalagi jika fitur SS diaktifkan. Cocok untuk Anda yang sering berkendara melewati jalanan dengan kondisi stop and go.

Sebagai informasi tambahan, Yamaha FreeGo mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc SOHC. Tenaga maksimum mesin ini mencapai 9,3 hp pada putaran mesin 8.000 rpm dengan torsi puncak 9,5 Nm pada putaran 5.500 rpm. Perbandingan rasio mesin ini mencapai 9,5:1.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan beberapa hari, mesin Yamaha FreeGo terbilang bertenaga di jalan perkotaan. Walaupun tidak tergolong responsif saat putaran awal, namun saat putaran tengah tenaga dapur pacu FreeGo terasa cukup beasar.

Motor ini bisa dengan mudah untuk melewati jalan menanjak. Contohnya seperti area parkir gedung bertingkat yang melalui jalan menanjak.

Performa motor Yamaha ini juga didukung dengan ban depan berukuran 100/90-12M/C 59 J dan ban belakang 110/90-12M/C 64L. Kedua ban ini sudah memakai jenis tubeless. Dengan spesifikasi tersebut roda dapat menyalurkan tenaga mesin dengan baik dan menawarkan sensasi berkendara yang lebih mantap.

Melirik sektor suspensi, Yamaha FreeGo memakai suspensi depan teleskopik dan belakang unit swing. Suspensi ini memiliki karakter yang cukup lembut saat dipakai melewati jalanan yang tidak terlalu mulus.

Sementara sektor pengereman Yamaha menyematkan rem depan single disc dan rem belakang drum brake. Rem yang disematkan pada Yamaha FreeGo ini terbilang cukup mumpuni untuk memperlambat laju motor matic itu yang memiliki bobot 100 kg. Walaupun memang terasa lamban.

Meski demikian hadirnya fitur ABS menjadi daya tarik tersendiri dari Yamaha FreeGo. Begitu juga dengan kehadiran fitur smart lock yang berada di tuas kiri pengereman untuk keamanan saat berhenti di lampu merah atau turunan dan tanjakan.

Selain itu Yamaha FreeGo juga mempunyai fitur Stop Start System (SSS) untuk efisiensi bahan bakar. Fitur ini diaktifkan lewat tombol yang terletak di sisi kanan kemudi. Fitur SSS akan membuat mesin motor mati saat motor berhenti atau dalam keadaan idle. Untuk menghidupkan mesin kembali pengendara cukup memutar tuas gas saja.

Kesimpulannya, Yamaha FreeGo menawarkan fitur yang tergolong lengkap dan menarik untuk dipilih. Motor ini memiliki konsumsi BBM yang tergolong irit, sehingga cocok untuk Anda yang sering bepergian dengan kendaraan pribadi.

Source: pengaruh penggunaan bensin untuk freego, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply