Home Komparasi Mitsubishi Xpander GLS vs Exceed, Pilih Mana?

Mitsubishi Xpander GLS vs Exceed, Pilih Mana?

0 92

Mitsubishi Xpander, Saat ini Mitsubishi Xpander memiliki beberapa pilihan varian. Mulai dari GLX, GLS, Exceed, Sport dan Ultimate. Menariknya, dari beberapa pilihan varian tersebut Xpander Ultimate menjadi yang paling banyak diincar. Hanya saja lantaran menjadi varian tertinggi, harga Mitsubishi Xpander Ultimate terbilang cukup tinggi.

Jika dana yang dimiliki tak sampai untuk membelinya, bisa memilih varian menengah seperti GLS dan Exceed. Dilihat dari kelasnya Exceed berada di atas GLS. Akan tetapi selisih harga kedua varian ini tidak terlalu jauh. Lalu mana yang sebaiknya dipilih, apakah GLS atau Exceed? Mari kita simak tawaran fitur dan spesifikasi kedua tipe Mitsubishi Xpander ini.

Pertama-tama kita lihat sisi eksteriornya. Secara garis besar tidak ada perbedaan mencolok antara dua varian mobil MPV ini. Bagian wajah hingga bumper dibuat senada dengan aksen hitam. Selain itu juga sudah ada lampu kabut dengan bingkai berwarna hitam.

Mitsubishi juga menyematkan grille berwarna piano black pada varian tersebut. Perbedaan terlihat pada bagian kaki-kaki. Xpander Exceed dibekali dengan velg dua warna. Velg ini memiliki diameter 16 inci. Lain halnya dengan tipe GLS yang dibekali velg berdiameter 15 inci dengan satu warna. Karena perbedaan ini ground clearance varian GLS lebih rendah 5 mm dari Exceed.

Desain interior juga memiliki sedikit perbedaan. Pada tipe Exceed Mitsubishi menghadirkan jok dengan kain fabric berkualitas tinggi. Selain itu terdapat tuas transmisi yang dibalut dengan kulit, berikut pengaturan ketinggian jok.

Sedangkan Mitsubishi Xpander GLS dibekali dengan kain fabric biasa, tuas transmisi tidak dilapisi kulit dan tidak ada pengaturan ketinggian tempat duduk. Selain itu tidak ada perbedaan lain. Mitsubishi menyematkan head unit 2DIN tanpa koneksi Bluetooth, empat buah speaker dan juga AC double blower.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Xpander

Sektor dapur pacu juga tentu saja tidak ada perbedaan. Seluruh varian Mitsubishi Xpander dipersenjatai dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1,5 liter MIVEC. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Kedua varian Xpander ini ditawarkan dalam dua opsi transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Fitur kedua varian ini juga tidak banyak berbeda. Baik GLS maupun Exceed mempunyai pengaturan spion yang bisa diakses dari dalam kendaraan. Hanya saja tipe Exceed mendapat tambahan pelipatan otomatis.

Juga terdapat socket listrik pada keduanya. Hanya saja pada tipe GLS cuma memiliki dua colokan saja. Sedangkan Xpander Exceed memiliki tiga colokan. Di samping itu fitur yang ditawarkan sama saja. Begitu juga dengan fitur penunjang keselamatan. Mitsubishi Xpander GLS dan Exceed sama-sama dilengkapi dengan Dual SRS airbags dan rem ABS+EBD. Sayangnya keduanya belum memiliki kendali traksi dan stabilitas ataupun hill start assist.

Mitsubishi Xpander GLS (img: cintamobil)

Lantas bagaimana dengan harganya?

Harga Mitsubishi Xpander GLS MT mencapai Rp 217,6 juta, sementara versi matic dihargai Rp 228,6 juta. Lalu untuk harga Mitsubishi Xpander Exceed MT mencapai Rp 224,6 juta dan versi AT atau otomatis mencapai Rp 235 juta. Selisih harga yang ditawarkan sekitar Rp 6-7 juta saja.

Melihat banderol harga tersebut dan tawaran fitur yang tidak terlalu berbeda jauh, maka Mitsubishi Xpander GLS bisa menjadi pilihan yang lebih menarik. Apalagi jika Anda tidak terlalu mempermasalahkan tampilan eksterior maupun interior yang kalah menarik dari tipe Exceed.

Setidaknya Xpander GLS tetap menawarkan pengalaman berkendara yang baik, dengan dukungan fitur yang terbilang mumpuni. Hanya saja itu tetap tergantung dari selera Anda. Jika memang suka memperhatikan tampilan maka tipe Exceed boleh menjadi pilihan utama Anda. Bagaimana, menurut Anda mana yang lebih menarik? Apakah Mitsubishi Xpander Exceed atau Xpander GLS?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply