Home Auto News Kisaran Harga Daihatsu Xenia 2019, Ada Opsi Mesin 1,5L

Kisaran Harga Daihatsu Xenia 2019, Ada Opsi Mesin 1,5L

0 181

Daihatsu Xenia 2019, Beredar kabar bahwa Toyota tengah mempersiapkan Avanza terbaru. Jika MPV Toyota ini segera hadir, maka Daihatsu Xenia yang merupakan saudara kembarnya juga sudah pasti juga akan meluncur. Memang kedua pabrikan belum bersedia untuk terbuka mengenai kehadiran Avanza dan Xenia terbaru. Akan tetapi beberapa bocoran yang beredar di dunia maya menguatkan hal tersebut.

Belum banyak informasi yang bisa digali seputar fitur dan spesifikasi kedua mobil ini. Meski begitu salah satu informasi yang berhasil terungkap adalah perihal dapur pacu Daihatsu Xenia 2019. Mobil baru ini diketahui akan memiliki pilihan mesin 1,5 liter. Dan kabar tersebut tampaknya memang benar.

Melihat situs resmi Samsat DKI Jakarta, tertera nama XEN15RAT dengan kode F654RVGQDFJ dan XENI15RMT yang memiliki kode F654RVGMDFJ. Yang menarik adalah nilai jual atau harga dasar mobil ini.

Masih dari situs resmi Samsat DKI Jakarta, nilai jual versi transmisi manual mencapai Rp 149 juta. Sedangkan untuk versi transmisi otomatis Rp 158 juta. Meski begitu informasi ini bukan merupakan harga saat resi dijual di Indonesia nanti. Angka tersebut merupakan nilai jual yang belum dikenakan tambahan pajak, biaya balik nama (BBN) dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, Daihtasu Ayla 1.0 D M/T memiliki nilai jual Rp 70 juta. Sedangkan harga mobil Daihatsu yang masuk kelas LCGC itu mencapai Rp 95,650 juta.

Belum bisa dipastikan berapa harga Daihatsu Xenia terbaru nantinya. Akan tetapi informasi di atas setidaknya bisa dipakai gambaran berapa harga mobil Daihatsu terbaru ini nantinya.

Di sisi lain Daihatsu Xenia akan memiliki pilihan yang lebih beragam. Jika sebelumnya model ini hanya mengandalkan mesin 1,3 liter saja, nanti juga tersedia mesin 1,5 liter yang tentu lebih bertenaga dari versi 1,3 liter.

Baca juga: Ini Bocoran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru

Pada model lama terdapat versi mesin 3 silinder berkapasitas 1,0 liter. Akan tetapi mesin tersebut ditinggalkan supaya tidak memakan pangsa Daihatsu Sigra. Daihatsu lebih memilih untuk menyematkan mesin 1,3 liter supaya tidak bersinggungan langsung dengan saudara kembarnya, Toyota Avanza.

Lalu jika Daihatsu Xenia dengan mesin 1,5 liter dijual, apakah tidak memakan pangsa Avanza yang juga mengandalkan mesin tersebut? Jawabannya adalah tidak. Sebab hanya Xenia varian tertinggi (varian R) saja yang mendapat mesin tersebut, dengan dua pilihan tipe saja.

Sebagai informasi, Daihatsu Xenia R 1,3 liter memiliki empat pilihan tipe. Harga varian ini mulai Rp 198,5 juta sapai Rp 217 juta (R AT Custom) on the road Jakarta.

Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia nantinya akan punya pilihan mesin yang serupa. Akan tetapi pastinya kedua pabrikan melakukan sentuhan perbedaan agar tidak saling merebut pangsa. Umumnya Toyota Avanza diposisikan lebih tinggi dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dari Xenia.

Mesin 1,5 liter yang disematkan pada Daihatsu Xenia kemungkinan besar adalah mesin yang juga disematkan pada Toyota Avanza Veloz, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Walaupun tidak diketahui kode mesin yang dipakai, Xenia terbaru sepertinya akan memakai mesin 2NR-VE 1,5 liter Dual VVT-i. Jika benar demikian dan tidak ada perubahan, maka mesin itu bisa mengeluarkan tenaga sebesar 103 hp pada putaran 6.500 rpm dengan torsi 136 Nm pada 4.400 rpm.

Mesin ini dipadukan dengan dua opsi transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Menurut situs resmi Toyota Indonesia, konsumsi bahan bakar mesin tersebut mencapai 16 km/liter kombinasi. Kita tunggu informasi selanjutnya seputar Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza terbaru.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply