Komparasi Fitur Mobil LCGC Rp 150 Jutaan, Mana yang Menarik?

Loading...

Mobil LCGC, Low Cost Green Car (LCGC) sampai saat ini masih menjadi pilihan menarik bagi masyarakat Indonesia yang ingin membeli mobil dengan harga terjangkau. Sesuai dengan namanya, mobil LCGC memang dibanderol dengan harga terjangkau. Umumnya harga LCGC tidak lebih dari Rp 150 juta, meski beberapa tipe dibanderol lebih tinggi dari patokan tersebut.

Loading...

Lantaran berstatus mobil murah, tidak sedikit yang berkomentar negatif terhadap LCGC. Baik seputar kenyamanan, kualitas material hingga keamanannya. Umumnya pabrikan yang menghadirkan produk di segmen ini menawarkan beberapa pilihan tipe untuk produk yang ditawarkan.

Mulai dari tipe terendah hingga termahal. Sesuai dengan hukum yang berlaku, semakin mahal harga mobil maka semakin banyak tawaran yang diberikan mobil tersebut. Dan hal itu juga berlaku pada LCGC.

Beberapa mobil LCGC yang dibanderol tinggi memiliki fitur-fitur yang cukup melimpah. Untuk diketahui, saat ini ada empat mobil LCGC yang dibanderol tinggi. Yakni Honda Brio Satya, Daihatsu Sigra, Toyota Calya dan Agya. Semua model ini dipatok Rp 150 juta ke atas.

Bila berminat untuk membeli mobil LCGC baru dan ingin mendapatkan unit dengan fitur yang memadai, maka Anda perlu mengetahui komparasi fitur masing-masing model. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda.

Toyota Agya 1.2 TRD A/T

Toyota Agya 1.2 TRD A/T merupakan varian tertinggi dari Agya. Model ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan side impact beam sebagai perlindungan dan benturan samping. Toyota juga menyematkan dua airbag di bagian belakang untuk meningkatkan perlindungan kepada pengguna. City car ini juga sudah dilengkapi dengan rem ABS agar berkendara menjadi lebih aman.

Toyota Agya varian tertinggi ini juga sudah dilengkapi dengan Isofix base. Lalu agar pengguna selalu menggunakan sabuk keselamatan selama perjalanan, Toyota menyertakan Seat Belt Reminder pada Agya.

Tidak berhenti sampai di situ, Toyota Agya 1.2 TRD A/T juga memiliki setir kemudi yang dilengkapi banyak tombol. Fitur Audio Steering Switch ini disematkan supaya pengemudi tetap fokus memandang ke depan ketika ingin mengganti lagu.

Toyota Agya juga mempunyai sistem hiburan dengan dukungan konektivitas Bluetooth. Hanya saja tampilan dalam audio masih terkesan jadul. Supaya kenyamanan terjaga, Toyota juga menghadirkan semi bucket seat supaya penumpang bisa duduk dengan nyaman. Jika tertarik, harga Toyota Agya 1.2L TRD A/T ini mencapai Rp 155,55 juta.

Toyota Calya 1.2 G A/T

Toyota Calya merupakan LCGC 7-penumpang yang memiliki banyak peminat. Maka dari itu varian ini bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda. Terlebih jika ingin mendapat mobil baru berkapasitas besar namun belum mempunyai cukup dana untuk membeli LMPV baru.

Toyota Calya 1.2 G A/T memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Contohnya mobil murah ini dibekali dengan fitur Immobilizer Key yang berfungsi untuk mencegah risiko tindak pencurian.

Baca juga: 9 Permasalahan Toyota Calya-Sigra dan Solusinya

Toyota Calya tipe ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Anti-Theft Alarm. Selain itu ada fitur-fitur lain yang juga terdapat pada Agya, seperti Dual SRS Airbag, 3 Point seatbelt, ABS hingga Isofix.

Di sisi interior mobil Toyota ini dibuat senyaman mungkin untuk harganya. Untuk kursi depan ada arm rest. Semua kursi juga dilengkapi dengan sandaran kepala, meski memiliki ukuran yang kecil. Untuk baris ketiga masih bisa diduduki oleh penumpang dewasa.

Toyota Calya ini juga dibekali dengan kaca spion yang bisa diatur secara elektronik. Toyota belum menyematkan fitur double blower pada LCGC 7-seater ini. Akan tetapi sebagai gantinya Toyota Calya 1.2 G A/T dibekali dengan sistem Rear Air Circulator yang dapat mengalirkan udara dingin ke bagian belakang. Harga Toyota Calya G AT mencapai Rp 154,7 juta.

Daihatsu Sigra R 1.2 A/T

Berikutnya ada Daihatsu Sigra R 1.2 A/T. Model ini merupakan saudara kembar Toyota Calya, meski tampilannya bisa dibilang tidak sama persis. Fitur yang disematkan pada mobil Daihatsu ini cukup beragam. Mulai dari Dual SRS Air Bag, ABS, Immobilizer, Rear Sensor, Seat belt untuk semua baris, Side Impact Beam, Child Proof Lock, juga sensor depan.

Daihatsu Sigra varian tertinggi ini juga mempunyai fitur-fitur lain. seperti power window, 2DIN Audio hingga Electric Power Steering. Daihatsu Sigra memiliki 10 pilihan varian. Sedangkan harga Daihtasu Sigra R 1.2 AT mencapai Rp 148.45 juta. Juga ada varian 1.2 R AT DLX yang dipatok Rp 152,25 juta.

Honda Brio Satya E CVT

Pilihan terakhir adalah Honda Brio Satya E CVT. Mobil ini mempunyai beberapa tawaran yang menarik. Seperti rangka bodi G-Con + ACE yang juga diaplikasikan pada mobil Honda lainnya.

Di samping itu mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Dual Front i-SRS Airbag. Tersedia pula fitur sabuk pengaman untuk baris pertama dan kedua. Honda juga menyematkan seat belt reminder supaya pengguna selalu memakai sabuk keselamatan selama perjalanan.

Honda Brio Satya E CVT juga dibekali dengan Isofix dan thether sehingga bisa membawa anak kecil berpergian dengan nyaman. Fitur keselamatan Honda Brio Satya E CVT juga cukup memadai. Ada immobilizer, alarm system, pintu terkunci otomatis saat mobil berjalan hingga kunci yang sudah keyless. Tidak hanya itu, pintu belakang Brio Satya ini juga sudah dilengkapi dengan elektrik.

Baca juga: Honda Brio RS vs Honda Brio Satya E, Apa Bedanya?

Fitur hiburan turut hadir pada Honda Brio Satya E CVT. Supaya pengguna tidak jenuh selama perjalanan Honda menyertakan 2DIN, USB port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, CD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone. Honda juga menyematkan Audio Steering Switch supaya pengemudi tetap fokus ke jalan saat ingin mengakses fitur audio.

Di sisi luar, Honda Brio Satya terbaru tampil lebih memikat dibanding model sebelumnya. Sisi fascia dan buritan mengalami perubahan. Yang cukup menyita perhatian tentu saja di bagian belakang. Pasalnya kini Honda Brio Satya tidak lagi didominasi kaca seperti pada model sebelumnya. Sehingga segi keselamatan menjadi lebih baik lagi dan tampang mobil menjadi lebih mirip city car.

Honda Brio Satya yang masuk kelas LCGC memiliki tiga pilihan tipe. Untuk harga Honda Brio Satya E CVT mencapai Rp 162,5 juta.

Bagaimana, model mana yang menurut Anda cocok dengan kebutuhan Anda? Perlu dicatat, harga di atas belum bersifat final. Harga mobil bisa berbeda-beda di setiap daerah. Selain itu harga juga bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih jauh silakan hubungi diler resmi masing-masing merek.

Loading...