Tips Touring Motor, Jangan Lupa Bawa Alat Ini

Loading...

Touring Motor, Sudah punya agenda untuk mengisi libur panjang di penghujung tahun ini? Jika senang bepergian, mungkin Anda akan menghabiskan waktu untuk pergi berlibur ke luar kota. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi dan juga ada yang menggunakan transportasi umum untuk pergi. Jika Anda memilih touring bersama keluarga atau teman, maka ada beberapa persiapan yang tidak boleh diabaikan.

Loading...

Tidak hanya persiapan fisik saja yang perlu diperhatikan. Bila ingin touring memakai motor, disarankan untuk menyiapkan beberapa tool kit standar untuk dibawa pergi. Tool kit ini bermanfaat jika motor tiba-tiba mengalami masalah saat di tengah perjalanan. Terlebih jika lokasi mogoknya sepeda motor jauh dari bengkel.

Dody Sanjaya, Public Relation Tekiro menerangkan ada beberapa peralatan yang disarankan dibawa oleh pengendara saat menempuh perjalanan jauh.

Yang pertama adalah tang. Tang merupakan alat yang penting lantaran fungsinya sebagai pengganti tangan saat harus memegang kuat mur ataupun baut yang dikencangkan.

“Contohnya, saat mesin motor panas, akan kesulitan bagi kita untuk membuka koil tanpa menggunakan bantuan alat. Tang bisa Anda gunakan untuk membuka koil yang keras dan saat mesin masih panas. Selain itu tang juga dapat untuk memotong dan mengupas kabel, membuka baut yang slek dan menjepit klem,” jelasnya, dikutip dari detikOto.

Tool kit selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah obeng. Alat ini dipakai untuk mengencangkan maupun melonggarkan baut. Supaya lebih praktis, bawa obeng yang berbentuk kembang (+) dan minus (-) sekaligus.

Baca juga: Tips Touring Motor dengan Aman, Perhatikan 4 Hal Ini

Selain itu jangan lupa untuk membawa kunci L. Sebab saat ini sebagian besar sepeda motor memakai baut yang harus dibuka dengan kunci L untuk beberapa bagian tertentu.

Tidak cukup hanya itu, Anda juga perlu membawa kunci pas. Kunci pas umumnya dipakai untuk mengendurkan atau mengencangkan baut atau mur pada sepeda motor. Kunci pas akan sangat bermanfaat ketika kita ingin mengencangkan rantai atau spion yang kendur. Biasanya kunci pas yang dipakai adalah kunci nomor 10, 12, 14, 17 dan 21.

Anda juga bisa membawa pisau lipat multifungsi. Keunggulan alat ini adalah bisa memiliki beberapa fungsi dalam satu alat. Perkakas tersebut bisa diandalkan untuk pendukung tool kit saat sedang memperbaiki bagian motor yang berukuran lebih kecil dan usah dijangkau tool kit.

Selain tool kit, disarankan untuk membawa pelumas yang bisa dipakai untuk melumasi rantai sehingga awet dan tidak cepat putus. Sebab perjalanan jarak jauh bisa membuat rantai cepat aus dan rusak lantaran rantai sering terpapar debu dan kotoran.

Demikian tips touring dengan motor yang bisa kami sampaikan. Sebelum bepergian pastikan segala sesuatunya disiapkan dengan baik. Tak terkecuali kondisi fisik Anda. Hati-hati di jalan dan semoga perjalanan Anda menyenangkan.

Loading...