Home Mobil Asuransi Mobil Juga Tanggung Kendaraan Korban Tsunami?

Asuransi Mobil Juga Tanggung Kendaraan Korban Tsunami?

0 283

Asuransi Mobil, Tsunami yang terjadi di wilayah pantai di Selat Sunda masih menyisakan duka mendalam bagi berbagai pihak. Banyak bangunan rusak berat hingga rata dengan tanah. Ratusan korban jiwa melayang, sedang ribuan lainnya luka-luka dan hilang.

Tidak cukup sampai di situ, banyak kendaraan roda dua maupun roda empat yang rusak parah akibat diterjang air laut. Hal ini pun menyisakan pertanyaan, apakah kendaraan bermotor akibat tsunami bisa diasuransikan?

Kabar baiknya ada asuransi yang bersedia menanggung kendaraan yang terkena bencana seperti tsunami. Iwan Pranoto, Head of Communication and Event Asuransi Astra menerangkan bahwa semua aset pada dasarnya bisa diasuransikan, tak terkecuali kendaraan.

“Lebih tepatnya, aset yang terkena dampak bencana bisa diganti dan di-cover oleh asuransi, tapi pastikan asuransinya ada jaminan terhadap risiko gempa bumi dan lain-lain,” ungkapnya, mengutip dari laman Liputan6.

“Karena risiko karena act of god. Kalau di polis standar, termasuk yang dikecualikan alias no coverage, supaya bisa di-cover tertanggung harus pastikan polisnya ada jaminan tersebut. Kalau enggak ada bisa minta perluasan,” jelasnya.

Dengan kata lain, supaya mobil atau motor aman ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam, maka pemilik tidak hanya meng-cover mobil atau motor dengan asuransi Total Loss Only (TLO) atau komprehensif. Melainkan pemilik harus melakukan perluasan jaminan polis yang biasanya juga bisa meng-cover kerusuhan, huru-hara hingga bencana alam lainnya. Tak terkecuali gempa bumi maupun tsunami.

Baca juga: Cara Mengasuransikan Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Menurut situs resmi Asuransi Astra, jenis asuransi dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk saat ini ada dua jenis asuransi yang dapat Anda pilih, antara lain:

Total Loss Only (TLO)

Total Loss Only (TLO) jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah hanya kehilangan total. Dalam asuransi mobil, yang dimaksud dengan kehilangan total adalah biaya perbaikan untuk kerugian yang terjadi dengan nilai lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian, serta menjamin kerugian jika kendaraan hilang dicuri.

Comprehensive

Comprehensive bisa diartikan sebagai keseluruhan risiko. Artinya perusahaan asuransi akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan. Baik kerusakan yang ringan, rusak berat hingga kehilangan.

Supaya perlindungan terhadap mobil lebih optimal, Anda juga dapa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransi.

Kita tidak pernah berharap bencana menimpa kita semua ataupun harta benda serta kendaraan yang kita miliki. Maka dari itu asuransi bisa menjadi keputusan yang tepat untuk meminimalisir kerugian yang timbul jika nantinya terjadi hal yang tak diharapkan. Memang ada biaya yang perlu dikeluarkan. Akan tetapi kita bisa memperoleh manfaatnya jika nantinya hal terburuk menimpa pada kendaraan kita. Entah rusak, hilang ataupun terkena bencana alam.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply