Bocoran Spesifikasi Motor Trail Yamaha Rival KLX 150

Loading...

Motor Trail Yamaha, Yamaha dikabarkan tengah menyiapkan motor trail baru untuk berhadapan dengan Kawasaki KLX 150. Di Indonesia sosok motor Yamaha terbaru ini masih misterius. Akan tetapi tidak sama halnya jika melihat di India. Belum lama ini ada spyshot yang menunjukkan motor trail Yamaha terbaru.

Loading...

Motor ini tertangkap kamera saat melintas di Rajesh, Pune, India. Kuat dugaan motor baru ini merupakan motor trail entry level dari pabrikan motor berlogo tiga garputala itu. Menurut media otomotif lokal, Rushlane, motor tersebut diduga adalah XTZ 125 yang nantinya diposisikan sebagai trail entry level.

Melihat gambar yang beredar, motor ini tidak dihiasi dengan stiker kamuflase layaknya motor baru yang sedang dites jalan. Alhasil striping dari motor ini bisa dilihat dengan jelas.

Motor trail Yamaha ini diyakini akan mengandalkan dapur pacu berkapasitas 124 cc, dengan konfigurasi satu silinder, berpendingin udara, SOHC, 4 stroke. Tenaga yang bisa dihasilkan mesin ini mencapai 12,5 dk pada putaran 8.000 rpm dengan torsi puncak 11,6 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut disalurkan ke roda belakang via transmisi manual dengan girboks 5-percepatan. Untuk sistem pengabutan bahan bakar masih mengandalkan karburator. Untuk menunjang daya jelajahnya, Yamaha XTZ 125 dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas 11 liter.

Baca juga: Motor Trail Yamaha 150cc, Ini Tanggapan YIMM

Lalu untuk fitur keselamatan ada rem disc brake alias rem cakram di bagian depan yang ditemani dengan rem belakang tromol. Yamaha juga sudah menyematkan fitur Anti-lock Braking System (ABS) sebagai pilihan opsional. Lalu untuk suspensi memakai model teleskopik. Untuk roda memakai pelek 21 inci di bagia depan dan 18 inci di bagian belakang.

Yamaha XTZ 125 diklaim memiliki bobot yang ringan, yakni sekitar 118 kg saja. Bobot ini sekaligus menjadikan motor trail Yamaha ini sebagai salah satu motor paling ringan di segmennya.

Untuk informasi, Yamaha XTZ 125 sebenarnya bukan produk yang benar-benar baru. Sebab motor trail ini sudah dipasarkan lebih dulu di wilayah Amerika Latin seperti Chili. Diduga motor ini juga segera meluncur di India. Belum ada bocoran harga. Akan tetapi diperkirakan harga motor Yamaha terbaru ini berada di bawah 200 ribu Rupee atau sekitar Rp 40 jutaan.

Yamaha India rencananya akan menghadirkan beberapa motor baru tahun 2019 mendatang. Motor baru yang akan meluncur bukan lagi produk untuk pemula, melainkan segmen yang lebih premium dengan kapasitas mesin mulai 125 cc hingga 300 cc.

Yang menjadi pertanyaan menarik adalah bagaimana dengan Indonesia? Sebab Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek Yamaha di Tanah Air belum memiliki andalan di segmen motor trail 150 cc.

Akan tetapi berkembang rumor bahwa YIMM sedang menyiapkan motor trail 150 cc. Salah satunya disampaikan oleh sumber GridOto. “Yamaha Jepang kaget lihat peminat trail di Indonesia, sekarang lagi tahap tes,” ungkapnya.

Loading...