Komparasi Daihatsu Terios R Deluxe vs Honda BR-V Prestige

Loading...

Daihatsu Terios, Belakangan ini pasar Sport Utility Vehicle (SUV) terlihat lebih ramai. Banyak sekali model baru yang hadir di segmen ini. Bahkan pemain lama pun juga mulai menaruh perhatian lebih terhadap jajaran SUV andalan mereka.

Loading...

Bukan rahasia lagi jika mobil SUV kini lebih disukai oleh masyarakat. Beberapa alasannya adalah karena bodinya yang kekar, kabin yang lapang dan ground clearance yang tinggi sehingga bisa melibas berbagai medan. Jika tertarik untuk membeli mobil baru, khususnya SUV maka Anda akan dihadapkan dengan beragam pilihan yang menarik.

Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Daihatsu Terios dan Honda BR-V. kedua mobil ini sama-sama memiliki daya tarik tersendiri. Terios hadir dengan desain baru mirip All New Rush yang tampak menarik dan modern. Sedangkan Honda BR-V tetap mengusung desain lama. Keduanya dilengkapi dengan berbagai fitur khas mobil SUV sehingga layak menjadi pilihan.

Lantas bagaimana jika spesifikasi dua mobil SUV ini diadu? Berikut adalah komparasi Daihatsu Terios R Deluxe dan Honda BR-V Prestige.

Dimensi

Kedua mobil ini mempunyai dimensi dan bobot yang sangat kontras. Jika diamati sekilas, Honda BR-V terlihat lebih pendek dan rendah dari Terios. Akan tetapi faktanya Daihatsu Terios terbaru justru kalah lebar.

Melihat dimensinya, Honda BR-V memiliki panjang 4.456 mm, dengan lebar 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm. Sementara itu Daihatsu Terios memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi mencapai 1.705 mm.

Selain itu jarak sumbu roda alias wheelbase Daihatsu Terios lebih panjang dari BR-V, meski hanya tipis. Wheelbase Terios mencapai 2.685 mm, sementara BR-V mencapai 2.662 mm. Hal tersebut mempengaruhi kestabilan pengendalian.

Sedangkan untuk ground clearance Honda BR-V mencapai 201 mm. Lebih rendah 19 mm dari Terios yang memiliki jarak bebas ke tanah 220 mm.

Itu artinya Terios lebih menjanjikan bila dipakai untuk melewati berbagai kondisi jalan. Pengemudi tidak perlu terlalu takut jika medan menggores kolong bodi. Sedangkan Honda BR-V bisa melesat lebih baik lantaran aliran udara di bawah tidak begitu besar, sehingga mobil lebih melekat ke tanah.

Apalagi bobot Honda BR-V juga lebih ringan, yakni 1.222 kg. Lebih ringan dibanding bobot Daihatsu Terios yang menembus angka 1.270 kg.

Desain

Berbicara soal desain, sulit untuk menentukan mana yang terbaik. Sebab desain tergantung selera masing-masing. Akan tetapi pada dasarnya baik Terios maupun BR-V memiliki desain yang gagah. Juga terdapat banyak garis detail bodi yang dinamis sehingga mempermanis tampilan eksterior mobil.

Baca juga: Harga Daihatsu Terios Custom yang Rilis di GIIAS 2018

Daihatsu Terios R Delux menawarkan sentuhan krom yang tersebar di beberapa aksesori. Diantaranya muffler tip, lis jendela samping dan belakang, grille dan bezel fog lamp, serta penambahan side stone guard ornament.

Sedangkan Honda BR-V Prestige memiliki tambahan aksesori yang cukup beragam. Seperti muffler tip, tailgate dan grille beraksen krom, lampu proyektor dengan LED Light Guide, fog lamp, kaca spion elektrik dan shark fin antenna.

Terios terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi LED yang tersemat pada semua lampu, baik lampu depan, belakang maupun samping. Selain itu untuk sektor kaki-kaki terdapat pelek berdiameter 17 inci yang memiliki desain tegas dan sederhana. Pelek ini semakin manis dengan kombinasi warna krom dan hitam. Sementara pada Honda BR-V Prestige memakai pelek 16 inci dengan desain yang lebih kompleks.

Performa

Kini berpindah ke dapur pacu. All New Daihatsu Terios mengandalkan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc dengan teknologi Dual-VVTi. Mesin ini memiliki diameter langkah 72,5 mm x 90,6 mm. Tenaga maksimum yang bisa diraih mesin ini mencapai 102,5 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 136,3 Nm pada 4.200 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang lewat dua opsi transmisi yang bisa dipilih konsumen, yakni manual 5-percepatan atau otomatis konvensional 4-percepatan. Mesin ini pada dasarnya hanya merupakan pengembangan dari seri mesin sebelumnya.

Di sisi lain Honda BR-V Prestige mengandalkan jantung pacu L15 berkapasitas 1.497 cc VTEC dengan diameter langkah 73 x 89,4 mm. Output daya mesin ini lebih besar dari Terios, yakni 118,3 hp pada 6.600 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Baca juga: Harga dan Fitur Honda BR-V 2018

BR-V Prestige mengandalkan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) 6-percepatan dan penggerak roda depan. Tidak ada opsi transmisi manual pada tipe Prestige.

Melihat jenis transisi matik yang berbeda, kedua mobil ini tentu mempunyai karakter yang berbeda pula. Daihatsu Terios yang memakai transmisi otomatis konvensional memiliki akselerasi awal yang lebih spontan.

Akan tetapi jeda di setiap pergantian gigi menjadi lebih terasa. Hal tersebut dapat mengurangi rasa nyaman sebagian pengemudi.

Lain halnya dengan Honda BR-V yang memakai transmisi CVT. Alhasil mobil Honda ini menawarkan rasa perpindahan gigi yang lebih halus, bahkan tak terasa karena memakai model puli.

Transmisi CVT dikenal memiliki akselerasi awal yang lambat. Akan tetapi tidak begitu pada BR-V. Karena BR-V memiliki daya yang lebih besar dari Terios.

Karakter berkendara dua mobil ini juga tidak sama. Daihatsu Terios menggunakan konstruksi semi-monokok. Alhasil bantingan suspensi menjadi keras dan kurang stabil. Walaupun mengalami perbaikan di generasi terbaru, kekurangan tersebut tetap sulit dihilangkan.

Sedangkan Honda BR-V memakai basis monokok yang menawarkan rasa berbeda. Kenyamanan suspensi mobil ini lebih baik, meski ciri khas redaman keras khas Honda tetap terasa. Manuver Honda BR-V juga lincah ketika dipakai meliuk-liuk. Selain itu kestabilan pada kecepatan tinggi juga lebih baik dari rivalnya.

Fitur

Dari segi performa Terios boleh kalah dari BR-V. Akan tetapi untuk urusan fitur mobil Daihatsu ini memiliki fitur yang lebih melimpah. Yang paling mencolok adalah akses pintu dan menyalakan mesin.

Daihatsu telah menyematkan smart key dan start stop button yang akan memudahkan pengemudi. Hanya saja ada fitur yang cuma ada pada BR-V, yaitu Nanoe Technology. Fitur ini memungkinkan pendingin kabin bekerja menjaga kualitas udara, dengan cara memproduksi elektrostatik nano dalam partikel air.

Keduanya juga dilengkapi dengan fitur penunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara. Meliputi hill start assist, vehicle stability control, anti-lock braking system, electronic brake force dan dual SRS airbag. Akan tetapi Daihatsu Terios ditambah dengan fitur emergency stop signal.

Fitur ini akan menyalakan lampu hazard ketika mobil berhenti mendadak untuk menginformasikan pengemudi di belakang. Selain itu untuk varian R Deluxe juga dilengkapi dengan Around View Monitor untuk melihat kondisi sekeliling bodi ketika parkir.

Harga

Harga Daihatsu Terios terbaru varian R Deluxe mencapai Rp 240 juta untuk versi transmisi manual. Sedangkan untuk versi otomatis dibanderol lebih tinggi Rp 10 juta, yakni Rp 250 juta. Sementara itu harga Honda BR-V tipe Prestige mencapai Rp 272,5 juta.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Daihatsu Terios R Deluxe menawarkan keunggulan yang lebih banyak dari Honda BR-V Prestige, terlebih untuk soal fiturnya. Mobil ini juga tersedia dalam dua versi transmisi sehingga konsumen bisa menentukan mana yang sesuai dengan karakter dan selera.

Sementara Honda BR-V dijual Rp 20 jutaan lebih tinggi dari Terios R Deluxe otomatis. Meski begitu mobil ini menawarkan transmisi CVT yang terbilang nyaman. Honda BR-V menawarkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Jika mencari value yang tinggi maka Daihatsu Terios bisa menjadi pilihan yang menarik. Apalagi jika ingin membeli Toyota Rush namun dana yang dimiliki terbatas jika ingin mendapatkan fitur-fitur yang cukup melimpah. Sedangkan jika ingin menawarkan kesenangan berkendara Honda BR-V Prestige menjadi pilihan yang tepat.

Loading...